Harga diri adalah tulang punggung kesuksesan seseorang. Ini adalah kualitas yang membantu Anda menyadari potensi dan nilai Anda, sehingga Anda selalu bekerja untuk memanfaatkan potensi penuh Anda. Ketika Anda mulai meragukan harga diri Anda sendiri, Anda bisa menjadi korban dari masalah serius seperti depresi.

Seseorang yang mengalami depresi tidak memiliki kemauan atau motivasi untuk hidup dan oleh karena itu dapat mengembangkan pikiran untuk bunuh diri dalam benaknya.

Karenanya, sangat penting untuk meningkatkan harga diri Anda. Ketika Anda mengetahui nilai Anda, itu membantu Anda mencapai hal-hal yang lebih besar dalam hidup Anda daripada yang pernah Anda bayangkan. Jika Anda mengira dapat membangun harga diri dengan trik mental dan teknik visualisasi, Anda salah.

James T Canmore, dalam bukunya, “Hole in the Soul to Supercharged Spirit” menjelaskan bahwa pikiran Anda tidak akan pernah bisa menyembuhkan jiwa Anda; sebaliknya, jiwa Anda yang menyembuhkan pikiran Anda. Beberapa tips praktis meningkatkan harga diri yang disebutkan dalam buku ini adalah:

Bersikaplah baik pada diri sendiri

Jangan pernah terlalu keras pada diri sendiri dan jangan selalu berusaha menemukan aspek negatif dari hal-hal yang Anda lakukan. Beri diri Anda tepukan di punggung Anda untuk setiap pekerjaan bagus yang Anda lakukan.

Jagalah tubuh fisik Anda

Jiwa dan pikiran Anda bisa sehat hanya jika tubuh Anda sehat. Karena itu, jangan pernah mengabaikan kesehatan Anda dengan cara apa pun. Makan makanan yang tepat pada waktu yang tepat, berolahraga yang cukup dan tetap bugar & sehat.

Perhatikan kekuatan dan kelemahan Anda secara teratur

Anda harus tahu apa yang Anda kuasai dan apa yang dapat Anda tingkatkan, jika Anda ingin mewujudkan potensi Anda. Kembangkan kekuatan Anda sementara Anda menghabiskan waktu dan upaya tambahan untuk mengatasi kelemahan Anda dan menjembatani kesenjangan di sana juga.

Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang positif

Pastikan bahwa kelompok orang yang bergaul dengan Anda penuh dengan kepositifan dan kebahagiaan. Kepositifan mereka dapat mempengaruhi Anda juga.

Jadilah teman yang suportif bagi orang lain

Mendengarkan adalah suatu keterampilan dan tidak semua orang menguasainya. Anda dapat meningkatkan harga diri Anda secara signifikan hanya dengan berada di samping teman Anda dan mendengarkannya.

Jaga penampilan Anda

Anda harus meluangkan cukup waktu dan tenaga untuk perawatan pribadi Anda karena penampilan Anda memainkan peran penting dalam perasaan Anda secara mental & fisik juga.

Lakukan sesuatu yang baik untuk orang lain

Perasaan membantu orang lain tidak ternilai harganya. Lakukan apapun yang Anda bisa untuk membuat orang lain bahagia. Itu akan membuat Anda merasa nyaman dengan diri sendiri.

Buat daftar pencapaian Anda setiap hari

Catat pencapaian Anda setiap hari sehingga Anda tahu di mana Anda berdiri. Ini dapat meningkatkan moral Anda secara signifikan.

Buat daftar dan ikuti minat Anda dalam hidupTuliskan semua minat Anda dan luangkan waktu untuk mengikutinya kapan pun Anda bisa sehingga Anda merasa seolah-olah menambahkan makna dan nilai dalam hidup Anda.

Jujur pada diri sendiri

Tak satu pun dari tip di atas akan berhasil jika Anda tidak jujur ​​pada diri sendiri. Tetapkan target yang masuk akal dan hargai diri Anda saat Anda memenuhinya.