Bagaimana belajar mencintai diri sendiri dengan lebih baik. Ada begitu banyak minat sehingga saya memutuskan untuk memberikan tips yang saya berikan kepada mereka.

Jangan ragu untuk menggunakan semuanya atau hanya beberapa. Mereka memiliki efek akumulatif tetapi juga dapat digunakan satu per satu. Nikmati mencintai diri sendiri dengan lebih baik mulai sekarang.

Puji dirimu sendiri

Ambil selembar kertas dan untuk sekali ini, berusahalah untuk mendefinisikan apa yang Anda SUKA dalam diri Anda, alih-alih menemukan apa pun yang menurut Anda perlu diubah / ditingkatkan. Identifikasi 3 hal yang Anda suka di masing-masing bidang berikut:

fisik – tentukan 3 hal yang Anda suka di tubuh Anda, termasuk wajah Anda: rambut Anda, gaya berjalan Anda, tinggi badan Anda, postur tubuh Anda … apa saja.

emosional – tentukan 3 sifat dalam diri Anda yang Anda sukai: murah hati, pekerja keras, sentimental … apa saja.

kemampuan – tentukan 3 keahlian yang Anda sukai: tulisan tangan yang baik, terorganisir dengan baik, pelajar yang cepat … apa saja.

Setiap pagi setelah sarapan dan setiap malam sebelum Anda pergi tidur, lihat diri Anda di cermin, tatap mata Anda dalam-dalam, dan ingatkan Anda tentang 9 hal yang Anda sukai dalam diri Anda. Puji mereka. Puji diri Anda sendiri untuk mereka. Ingatlah bahwa setidaknya ada 9 hal dalam diri Anda yang Anda sukai. Rayakan 9 hal itu.

Mungkin akan sulit, khususnya di awal, karena kita sudah terbiasa melakukan hal yang sebaliknya dan mencari kekurangan, kesalahan dan sejenisnya. Tapi cobalah. Beri diri Anda istirahat dan bersikap adil; berhentilah HANYA mencari yang buruk dalam diri Anda dan mulailah mencari, dan puji, yang BAIK.

Identifikasi dan tingkatkan model Anda

Pertama-tama, tanyakan pada diri Anda siapa guru Anda. Siapa yang mengajari Anda cara mencintai diri sendiri sebagai manusia? Apakah Anda mempelajarinya dari orang tua Anda? Dari seorang teman? Kebanyakan dari kita belajar dengan meniru teladan kita, bahkan secara tidak sadar.

Setelah Anda mengidentifikasi dari siapa Anda mempelajarinya, tanyakan pada diri Anda apakah Anda benar-benar menyukai cara orang itu mencintai dirinya sendiri. Apakah itu jenis cinta yang ingin Anda berikan pada diri sendiri? Jika ya, dapatkah Anda memperbaikinya? Jika tidak, tidak bisakah Anda menemukan panutan yang lebih baik untuk ditiru? Tokoh panutan tidak harus orang yang Anda kenal, tetapi bisa juga menjadi karakter dalam buku atau film.

Ya, saya tahu mereka mungkin tidak “nyata” tetapi yang mereka gambarkan adalah jenis cinta yang ingin Anda berikan kepada diri sendiri. Fokus pada itu dan pelajari apa yang mereka lakukan untuk mengirimkan cinta itu. Pada akhirnya, Anda hanya ingin belajar bagaimana melakukannya dengan lebih baik.

Ubah “ya tapi” menjadi “ya dan”

Jika Anda seperti banyak orang lainnya, setiap kali seseorang memuji Anda, pikiran Anda segera mencari semacam kesalahan dalam diri Anda untuk melawan komentar positif yang mungkin Anda terima. Misalnya, seseorang mengatakan sesuatu yang baik tentang rambut atau pakaian Anda hari ini; pikiran Anda langsung mengingatkan Anda tentang … ” ya, tetapi meskipun itu terlihat oke hari ini, biasanya mengerikan ,” atau ” ya, tapi lihat hidung saya, bahkan potongan rambut terbaik pun tidak bisa menyembunyikan hal jelek di wajah saya , “atau sejenisnya. Terdengar akrab?

Saya menantang Anda untuk mengubah “ya tapi” Anda menjadi sebaliknya. Setiap kali Anda mendengar ATAU BERPIKIR sesuatu yang negatif tentang diri Anda, saya ingin Anda berusaha secara sadar mengatakan, berpikir, atau mengulangi “ya tetapi” dalam arti yang positif. Contoh: Anda berpikir, “astaga, rambut saya terlihat jelek hari ini!” (yang biasanya akan membuat Anda merasa tidak enak selama beberapa waktu setelah pikiran itu terjadi).

Kali ini saya ingin Anda mengatakan “ya dan” dengan cara yang positif … “ya, dan itu berarti saya perlu mencoba topi baru itu,” atau “ya, dan itulah mengapa saya akan melakukannya dengan gaya yang berbeda hari ini “atau apa pun yang mengakhiri proses berpikir dengan nada positif.

Otak kita mengikuti jalur yang sudah mapan. Mari buat beberapa yang baru untuk diri kita sendiri.

Hargai tindakan Anda

Jika Anda mulai menerapkan rekomendasi pertama, Anda seharusnya sudah menghargai 9 hal positif dalam diri Anda. Sekarang saya ingin Anda juga merasa bersyukur. Setiap malam, sebelum tidur, pikirkan 3 hal yang Anda lakukan dengan benar. Hargai pekerjaan atau kontribusi Anda. Rayakan setelah melakukan perbuatan baik itu dan beri selamat pada diri sendiri untuk itu. Bersyukurlah atas segala hal yang membuat Anda mampu melakukan apa yang Anda lakukan.

Bersyukurlah untuk orang-orang yang memungkinkannya; merasa bersyukur atas keterampilan, pengetahuan, atau kemampuan Anda; merasa bersyukur karena berada di sana saat Anda membutuhkannya; merasa bersyukur karena telah memutuskan untuk melakukan apa pun yang Anda lakukan … Merasa bersyukur telah menjadi Anda. Syukur adalah perasaan yang sangat kuat yang membuat otak kita melepaskan dopamin, yang mengurangi kecemasan, meningkatkan suasana hati, tingkat energi, dan motivasi kita.

Beri diri Anda harapan

Alat kecil namun ampuh lainnya untuk mencintai diri sendiri dengan lebih baik adalah memberi diri kita sendiri hadiah harapan. Di malam hari, setelah merasa bersyukur atas apa yang Anda lakukan, izinkan diri Anda untuk bermimpi. Dan saya tidak bermaksud tidur. Sebelum Anda benar-benar pergi tidur tetapi begitu Anda sudah di tempat tidur, saya ingin Anda melamun. Satu-satunya aturan adalah bahwa mimpi itu positif.

Jika pikiran negatif mencoba memasuki pikiran Anda, lakukan upaya sadar untuk menggantikannya dan kembalilah ke lamunan bahagia Anda. Bayangkan hal-hal baik yang akan terjadi pada Anda besok atau minggu ini.

Visualisasikan mimpinya. Bayangkan mereka dengan sangat detail dan bersenang-senang sebagai seniman yang menciptakan negeri ajaib. Biarkan diri Anda menikmati perasaan bahagia; bagaimanapun juga, itu hanya dalam imajinasi Anda.

Tapi … otakmu tidak mengetahuinya! Ketika kita membuat upaya sadar untuk membayangkan dan mencoba dan mengalami perasaan bahagia, otak kita mempercayai “mimpi” dan mulai mengeluarkan produk kimia yang membuat kita merasa nyaman: endorfin, oksitosin, dan sejenisnya. Akibatnya, tubuh kita rileks dan tidak hanya kita bisa tidur lebih nyenyak, yang merupakan anugerah penting, tetapi sekali lagi, otak kita menemukan jalan baru menuju perasaan yang lebih bahagia.

Anggap kali ini sebagai hadiah untuk dirimu sendiri. Kami tidak sedang melamun untuk menciptakan realitas baru; ini bukanlah kekuatan yang kami coba gunakan. Tujuannya adalah untuk memiliki waktu yang menyenangkan dan penuh harapan untuk membiarkan tubuh dan pikiran kita rileks dan membuat kita merasa nyaman dengan hidup.

otak kita menemukan jalan baru menuju perasaan yang lebih bahagia. Anggap kali ini sebagai hadiah untuk dirimu sendiri. Kami tidak sedang melamun untuk menciptakan realitas baru; ini bukanlah kekuatan yang kami coba gunakan. Tujuannya adalah untuk memiliki waktu yang menyenangkan dan penuh harapan untuk membiarkan tubuh dan pikiran kita rileks dan membuat kita merasa nyaman dengan hidup. otak kita menemukan jalan baru menuju perasaan yang lebih bahagia.

Anggap kali ini sebagai hadiah untuk dirimu sendiri. Kami tidak sedang melamun untuk menciptakan realitas baru; ini bukanlah kekuatan yang kami coba gunakan. Tujuannya adalah untuk memiliki waktu yang menyenangkan dan penuh harapan untuk membiarkan tubuh dan pikiran kita rileks dan membuat kita merasa nyaman dengan hidup.

Lima latihan sederhana ini secara bertahap akan membantu Anda mencintai diri sendiri dengan lebih baik. Dengan mencintai diri sendiri lebih baik, Anda akan mulai memiliki perasaan yang lebih baik tentang diri Anda dan, sebagai hasilnya, tentang dunia. Anda akan segera mulai merasa lebih baik secara umum. Bagaimanapun, kita tidak dapat mengubah dunia kecuali kita mengubah diri kita sendiri terlebih dahulu.