Dalam hal hormon, testosteron dianggap sebagai hormon raja. Pada pria, testosteron diproduksi terutama di testis. Pada wanita, testosteron diproduksi di ovarium meski dalam jumlah yang jauh lebih kecil. Produksi testosteron dalam tubuh mulai meningkat secara signifikan pada akhir masa remaja dan mulai menurun setelah usia 30 tahun.

Testosteron adalah hormon seks utama, dan memiliki pengaruh besar pada massa otot dan kepadatan tulang, kadar lemak tubuh, suasana hati, dan warna merah. produksi sel darah.

Kadar testosteron yang rendah dapat menyebabkan berbagai gejala termasuk penambahan berat badan, dorongan seks rendah, energi rendah, depresi, dan harga diri rendah. Sementara kadar testosteron menurun secara alami seiring bertambahnya usia, ada banyak cara untuk meningkatkan kadar testosteron Anda untuk mempertahankan tingkat optimal dari hormon kritis ini.

Tanda & Gejala Testosteron Rendah:

pada Pria

  • Sedikit minat pada seks (libido rendah)
  • Tidak dapat menopang atau mengalami ereksi
  • Tidak dapat membangun otot
  • Depresi
  • Kelesuan, kelemahan & tingkat energi rendah secara keseluruhan
  • Ketidakmampuan untuk berkonsentrasi
  • Motivasi rendah
  • Kenaikan berat badan yang tidak terduga
  • Rambut rontok
  • Kekuatan berkurang saat berolahraga
  • Tanda-tanda ginekomastia, peningkatan ukuran jaringan payudara yang abnormal

pada Wanita

  • Kelelahan
  • Depresi
  • Penurunan massa otot dan tulang
  • Kesulitan berkonsentrasi
  • Penambahan berat badan
  • Hubungan yang menyakitkan

Jika Anda mengalami setidaknya 3 gejala di atas secara konsisten, yang berarti gejala tersebut muncul setiap hari, dan Anda telah mengalaminya selama lebih dari beberapa minggu, temui dokter Anda untuk tes darah kadar testosteron, kemudian mengadopsi langkah-langkah berikut …

Cara Meningkatkan Kadar Testosteron Alami Anda:

Kurangi Tingkat Stres Anda

Dalam masyarakat yang serba cepat dan terburu-buru saat ini, mengurangi tingkat stres bisa lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Kami khawatir tentang pekerjaan dan anak-anak kami dan kami menekankan pada keuangan dan hubungan. Penelitian telah menunjukkan bahwa stres kronis meningkatkan kadar kortisol Anda.

Kortisol adalah hormon stres yang dilepaskan tubuh Anda dalam jumlah kecil di siang hari sebagai respons terhadap rangsangan yang berbeda. Namun, kadar kortisol yang meningkat secara kronis dapat dengan cepat menyebabkan kadar testosteron Anda turun drastis.

Dapatkan Banyak Sinar Matahari (Vitamin D)

Vitamin D dikenal sebagai vitamin sinar matahari. Seiring dengan memiliki banyak manfaat kesehatan termasuk membantu menurunkan berat badan, itu juga dapat berfungsi sebagai penguat testosteron alami menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti Jerman. Idealnya, Anda ingin mendapatkan setidaknya 20 menit paparan sinar matahari per hari untuk mengoptimalkan kadar Vitamin D tubuh Anda.

Jika Anda tinggal jauh di utara dalam iklim tanpa banyak sinar matahari langsung dan mendapatkan paparan sinar matahari setiap hari tidak realistis bagi Anda, saya sangat menyarankan agar Anda melengkapi dengan produk Vitamin D yang berkualitas.

Lengkapi dengan Fenugreek

Fenugreek adalah tanaman yang telah digunakan dalam pengobatan alternatif dan Cina untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan. Fenugreek merupakan tumbuhan yang tumbuh di hutan dengan polong yang mengandung biji fenugreek kecil berwarna coklat keemasan. Ini biasanya digunakan sebagai bumbu dan terkadang ditemukan dalam produk perawatan pribadi seperti sampo dan sabun.

Fenugreek adalah sumber nutrisi penting yang baik, tetapi efek menguntungkannya digunakan terutama untuk tujuan meningkatkan testosteron dan libido. Dalam sebuah penelitian, para peneliti menyediakan 500 mg fenugreek per hari untuk 30 pria usia kuliah. Para pria menggabungkan fenugreek dengan program angkat berat 8 minggu dan melakukan empat sesi latihan per minggu, dengan setengah dari mereka menerima suplemen.

Ketika peneliti membandingkan kelompok suplemen fenugreek dengan kelompok non-suplemen, mereka mencatat sedikit penurunan testosteron pada kelompok non-suplemen dan peningkatan testosteron pada kelompok fenugreek. Kelompok suplemen fenugreek juga mengalami penurunan 2% lemak tubuh.

Jangan Menghindar dari Daging, Telur dan Mentega

Daging, terutama daging merah, jika merupakan salah satu varietas yang lebih ramping seperti sirloin, top round atau London broil, adalah penguat testosteron yang sangat baik. Ini karena daging merah kaya akan kolesterol, dan kolesterol adalah prekursor langsung testosteron dalam tubuh Anda.

Seperti makanan lainnya, penting untuk memilih hanya daging dengan kualitas terbaik yang dapat Anda temukan di toko bahan makanan, ini berarti makan rumput adalah suatu keharusan dan organik jika memungkinkan.

Daging sapi biasa atau konvensional tidak memiliki manfaat kesehatan yang sama dengan daging sapi yang diberi makan rumput karena perbedaan pakan antara sapi yang diberi pakan banyak dan sapi yang diberi makan rumput atau rumput. Sama seperti daging merah tanpa lemak, telur adalah sumber lemak jenuh dan kolesterol yang sangat baik yang membantu meningkatkan kadar testosteron alami Anda.