Musik, kata mereka, adalah cerita yang lebih tinggi. Setiap karya musik yang pernah ditulis, ditulis oleh seseorang yang menyampaikan emosi. Apakah musik itu memiliki lirik untuk membimbing kita melalui cerita atau hanya sebagai alat untuk memberi kita gambaran umum tentang emosi, semuanya menceritakan sebuah kisah.

Salah satu hal yang paling membuat frustasi sebagai seorang videografer, selain memilah-milah rekaman yang tidak dikategorikan selama 96 jam, adalah memilih musik yang tepat untuk menyampaikan pesan yang Anda ingin ceritakan. Kami secara pribadi telah menghabiskan berjam-jam (atau berhari-hari, kami malu untuk mengatakannya) mencoba menemukan trek yang sempurna itu.

Sekarang, tidak ada cara yang benar atau salah dalam memilih musik untuk proyek Anda, tetapi jika Anda seperti kami, maka mungkin kami dapat memberi Anda beberapa tip sederhana yang mungkin dapat membantu Anda setidaknya mempersempit pilihan Anda.

Mari kita ambil video sorotan pernikahan misalnya.

Pertama-tama, lihat footage Anda. Jenis bidikan apa yang Anda miliki? Tipe orang seperti apa? Mood apa? Apakah Anda memiliki banyak audio film yang ingin Anda gunakan?

Apakah itu menyenangkan dan ceria? Apakah itu cantik dan klasik?

Dengan menentukan beberapa hal tepat di awal, Anda dapat mempersempit pilihan Anda secara signifikan. Anda dapat menentukan apakah Anda membutuhkan lagu yang menyenangkan atau ceria, sesuatu yang lebih lambat, sesuatu yang instrumental, sesuatu yang muda dan trendi, sesuatu yang lebih halus.

Setelah Anda menentukan gaya musik, inilah waktunya untuk mulai mendengarkan. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan trek dengan vokal, penting untuk membaca liriknya. Hal terakhir yang ingin Anda lakukan adalah menemukan lagu yang menurut Anda sempurna, mengedit video Anda, kemudian menyadari bahwa penyanyi itu berbicara tentang cinta yang hilang atau putus … (pernah ke sana, lakukan itu).

JADI BACA LIRIK ANDA!

Beberapa catatan lain tentang musik. Bagi kami, musik benar-benar dapat mengubah dinamika video. Ini lebih dari sekadar pelengkap, tetapi bisa menjadi ikatan emosional yang menarik perasaan hari itu. Jadi saat Anda mencari musik, cari trek yang dinamis – sesuatu yang terbentuk, sesuatu yang memiliki bagian lebih lambat yang bergerak ke sesuatu yang lebih cepat, tempat Anda tahu bahwa ketika lagu menjadi sangat penuh di sini, di sinilah tempat pengantin wanita memasuki ruangan, dll …

Kami biasanya mencoba untuk menjauh dari artis Top 40 atau apa pun yang populer di radio saat ini. Lagu dan artis itu datang dan pergi. Dalam enam bulan, jika Anda menggunakan 40 lagu teratas, semua orang akan mendengarnya 473.000 kali dan mereka bosan. Jadi gali lebih dalam untuk musik Anda.

Temukan trek yang tidak umum, yang tidak terdengar sepanjang waktu. Ini adalah trek yang akan bertahan. Untuk klien Anda, ini adalah trek yang tak lekang oleh waktu. Meskipun mereka belum pernah mendengar artisnya, fakta bahwa lagu ini adalah milik mereka akan membuatnya sempurna.

Dan info terakhir yang bisa kami berikan kepada Anda adalah Dengarkan musik. Sepanjang waktu. Dengarkan hal baru. Dengarkan hal-hal lama. Dengarkan saja musiknya. Buat daftar putar atau buat buku catatan awal. Ketika Anda mendengar lagu yang bagus (atau bahkan lagu yang bagus) yang menurut Anda dapat Anda gunakan suatu hari, catatlah, masukkan ke dalam daftar putar, dan rujuk ke lagu tersebut saat Anda mengalami masalah. Semakin banyak Anda tahu, semakin banyak Anda mendengar, semakin baik Anda saat menentukan apa yang terbaik untuk Anda.