Automobili Lamborghini SpA adalah perusahaan mobil Italia yang membuat mobil sport mewah dan mewah. Memiliki kantor pusat di Sant’Agata Bolognese, dekat kota Bologna, Italia. Lamborghini didirikan oleh seorang insinyur Italia Ferruccio pada tahun 1963.

Automobili Lamborghini SpA muncul sebagai hasil persaingan antara Ferruccio Lamborghini dan Enzo Ferrari (dari mobil Ferrari) yang pada saat itu sudah dikenal sebagai produsen mobil sport ternama. Ferruccio Lamborghini sendiri adalah seorang insinyur yang ulung; dia adalah pemilik dan manajer sebuah perusahaan yang sukses, yang memproduksi mesin pertanian.

Ferruccio menyukai mobil sport dan memiliki Ferrari 250 GT. Sebuah rumor mengatakan, bahwa dua konstruktor hebat mengalami konflik setelah Lamborghini secara pribadi beralih ke Enzo Ferrari karena kopling pada Ferrari 250 GT miliknya rusak.

Diyakini bahwa Enzo yang cepat marah merekomendasikan Ferruccio untuk berurusan secara eksklusif dengan traktor, dan bahkan tidak pernah menyentuh mobil sport. Ferruccio Lamborghini menganggapnya sebagai tantangan yang memutuskan untuk menggunakan aset, pengalaman, dan hasratnya untuk mendirikan perusahaan,

Ini mungkin mengejutkan bagi sebagian dari Anda, tetapi Lamborghini tidak pernah berpartisipasi dalam kompetisi olahraga motor besar mana pun. Sesuai keinginan Ferruccio Lamborghini, perusahaannya menjauhi dunia balap, karena insinyur Italia yang terkenal itu selalu percaya bahwa olahraga motor hanya membuang-buang waktu dan sumber daya.

Satu hal yang selalu dikenal Lamborghini adalah desainnya yang terbaik. Beberapa profesional terbaik di industri ini, termasuk Franco Scaglione, Touring, Zagato, Mario Marazzi, Bertone, ItalDesign, dan Marcello Gandini, mengerjakan desain visualnya.

Orang-orang biasanya memikirkan kemewahan dan performa tinggi para grand tourer, setiap kali seseorang menyebut nama Lamborghini. Namun demikian, pembuat mobil Italia itu telah menciptakan beberapa model yang tidak biasa.

Ferruccio Lamborghini memiliki pengalaman yang luas dalam memproduksi traktor, jadi wajar baginya untuk mencoba merancang mobil dengan kemampuan off-road yang tinggi. Lamborghini LM002 adalah SUV pertama yang dibuat oleh pabrikan kendaraan Italia.

Menggabungkan kecepatan dan kemewahan dengan kemampuan off-road yang luar biasa, Lamborghini LM002 jauh di depan pada masanya. Soal kenyamanan dan kemampuan melintasi medan sulit, hanya Land Rover yang bisa bersaing dengan LM002. Sayangnya, pasar mobil belum siap dengan SUV mewah baru. Oleh karena itu, terlepas dari perintah angkatan bersenjata Arab Saudi dan Libya,

Produsen mobil Italia meluncurkan model produksi pertamanya pada tahun 1963. Dengan kecepatan tertinggi 280 km / jam, Lamborghini 350 GTV adalah pemimpin di antara mobil produksi pada masanya.

Perusahaan Italia menggunakan konvensi penamaan yang sangat berbeda untuk model mobilnya. Ferruccio Lamborghini adalah penggemar adu banteng Spanyol. Pada tahun 1963, dia mengunjungi peternakan sapi Miura di Seville. Dimiliki oleh Don Eduardo Miura Fernandez, salah satu peternak sapi jantan paling terkenal di Spanyol. Kunjungan ini memiliki pengaruh yang kuat terhadap para industrialis Italia.

Faktanya, dia sangat terkesan dengan seni tradisional adu banteng, sehingga dia membuat keputusan untuk menamai semua mobil sport barunya setelah melawan banteng yang terkenal. Secara tradisional dalam adu banteng Spanyol, banteng yang berhasil mengalahkan matador diberi kehidupan, dan nama mereka selamanya tertulis dalam sejarah olahraga tersebut.

Ferruccio Lamborghini yakin, bahwa nama banteng yang sedang bertarung akan menekankan sifat liar dari mobil sport yang dibuat di bawah merek Lamborghini. Ngomong-ngomong, Ferruccio Lamborghini sendiri juga dalam arti tertentu, karena tanda zodiaknya adalah Taurus. (Ia lahir pada tanggal 28 April 1916).

Model pertama yang diperkenalkan ke dunia dengan nama “bullish” adalah Lamborghini Miura. Mobil sport itu memulai debutnya di Geneva Motor Show pada tahun 1966. Publik dengan hangat menerimanya; Namun, penonton agak bingung karena dilarang membuka kap mesin.

Ini bukan kebetulan: tidak ada mesin di bawahnya! Karena mesinnya masih dirancang, prototipe tersebut dikirim ke Geneva Motor Show dengan pemberat alih-alih mesin di bawah kap mesin. Akhirnya, Miura terbukti menjadi mobil yang sangat bagus.

Lamborghini Countach diproduksi oleh perusahaan Italia selama 16 tahun (dari 1974 hingga 1990). Khususnya, mobil sport ini adalah salah satu dari sedikit model Lamborghini, dengan nama yang tidak ada hubungannya dengan banteng dan adu banteng.

Kata “countach” berasal dari bahasa Piedmontese, yang digunakan di wilayah Piedmont di Barat Laut Italia. Ini adalah ekspresi kegembiraan atau keheranan dan dapat diterjemahkan sebagai “Surga!” Menurut legenda, Nuccio Bertone sendiri sangat berseru saat melihat sketsa pertama dari supercar masa depan.

Kisah Lamborghini tidak selalu merupakan kisah sukses. Pada tahun 1987, raksasa mobil Amerika Chrysler, secara praktis menyelamatkannya dari pelupaan dengan memperolehnya. Pada tahun yang sama, pabrikan kendaraan asal Italia itu menghadirkan mobil konsep aneh dengan nama Portofino.

Itu adalah sedan dengan empat pintu tipe guillotine, didukung oleh mesin 3,5 liter yang dipasang di bagian belakang. Meskipun hanya berupa prototipe, gambar dan desainnya kemudian diwujudkan dalam banyak mobil Chrysler.

Pada tahun 1994, Lamborghini diakuisisi oleh grup investasi Indonesia. Itu adalah periode ketidakpastian bagi merek Italia. Raksasa mobil Jerman Volkswagen menyelamatkan pabrikan kendaraan terkenal itu. Sejak 1998, Volkswagen telah mengendalikan Lamborghini melalui subdivisinya Audi. Tidak diragukan lagi, ini adalah persatuan yang saling menguntungkan bagi kedua perusahaan.

Desain Lamborghini modern tidak biasa bahkan untuk supercar. Gaya bodi potongan baja, yang menjadi ciri khas sebagian besar model Lamborghini, membuatnya mirip dengan pesawat tempur. Desainer Filippo Perini mengaku mendapat inspirasi dari penerbangan militer. Dia sangat terkesan dengan pesawat B-2 dan F-22 Amerika saat mengerjakan Lamborghini Aventador.

Ternyata mesin Lamborghini V12 yang bertenaga sangat cocok untuk speedboat dan juga supercar. Simbiosis teknis seperti itu bukanlah hal yang umum di industri otomotif. Kapal mewah Riva Aquarama menjadi salah satu pemimpin pasar berkat kinerja tinggi dan keserbagunaan mesin Lamborghini V12 yang luar biasa.

Menariknya, mobil Lamborghini digunakan oleh polisi Uni Emirat Arab dan Italia. Masuk akal jika Anda memikirkannya; tidak ada yang bisa mengurangi penjahat dan menarik turis seperti mobil polisi tercepat di dunia!

 Seperti yang telah kami sebutkan, Ferruccio Lamborghini mengabaikan olahraga motor dan berusaha menjauhinya. Namun demikian, pabrikan kendaraan Italia merevisi kebijakan ketat ini, karena saat ini adalah cacat bagi pabrikan mobil yang berspesialisasi dalam supercar untuk mengabaikan olahraga motor secara keseluruhan. Saat ini, perusahaan memiliki beberapa kehadiran penting di dunia balap mobil.

Lamborghini Blancpain Super Trofeo adalah contoh kolaborasi yang sukses antara dua merek legendaris. Automobili Lamborghini SpA dan pembuat jam Swiss Blancpain bekerja sama untuk meluncurkan seri balap motor internasional bergengsi ini. Pada tahun 2009, perusahaan Swiss bahkan menghadirkan jam tangan khusus, yang didedikasikan untuk kejuaraan merek tunggal ini.

Ini tidak mengejutkan siapapun bahwa merek Lamborghini memiliki beberapa pencapaian paling mengesankan di dunia otomotif. Yang terakhir adalah rekor kecepatan 384 km / jam yang dibuat oleh Lamborghini Huracan selama balapan setengah mil.

Lamborghini memiliki hubungan yang sangat panjang dan bermanfaat dengan pabrikan roda Italia PIRELLI. Sejak hari pertama, ban PIRELLI digunakan di semua kendaraan Lamborghini. Produsen mobil Italia itu bahkan menciptakan versi khusus Lamborghini AVENTADOR, yang didedikasikan untuk PIRELLI.

Lamborghini AVENTADOR memiliki sebutan LP 700-4 700 di mana “700” adalah singkatan dari mesin 700 h/p dan “4” untuk penggerak empat roda.

Lamborghini ikut bertanggung jawab atas kemunculan marque mobil terkenal Pagani. Pendiri Pagani Automobili SpA, Horacio Pagani, telah bekerja sebagai insinyur di Lamborghini sampai dia berhenti karena ketidakmampuan untuk menggunakan idenya sendiri. Pada tahun 1988, konstruktor Argentina yang terkenal, yang sangat ingin menggunakan bakat desainernya dan membuat produknya sendiri, menciptakan perusahaan baru Pagani Automobili SpA

Saat ini, supercar Lamborghini didukung oleh mesin V8 atau V12. Perbandingan antara kedua tipe mesin tersebut kurang lebih 3: 1.