Mendapatkan serat dalam tubuh kita sangat penting karena membantu mencegah sembelit dan mengatur berat badan kita. Ini juga dapat membantu mencegah beberapa penyakit seperti kolesterol tinggi, diabetes, penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

Jumlah serat yang dianjurkan dalam sehari adalah 25 hingga 38 gram. Kebanyakan orang makan kurang dari 15 gram sehari. Institut kedokteran merekomendasikan pria di bawah 50 untuk makan 38 gram dan wanita 25 gram. Dewasa di atas 50, pria 30 gram dan wanita 21 gram serat.

Ada dua jenis serat, larut dan tidak larut dan keduanya berguna untuk Anda. Insoluble membantu usus dan usus besar berfungsi dengan baik, dengan menghidrasi dan membantu limbah mengalir melalui usus Anda, yang membuat Anda teratur dan mengurangi sembelit.

Serat larut dicerna secara perlahan dan membantu mengurangi kolesterol serta membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Baik serat larut maupun larut itu penting dan kebanyakan makanan kaya serat memiliki keduanya.

Kekurangan serat dalam makanan Anda dapat menyebabkan:

  • Sembelit; mendapatkan tinja yang keras. serat membantu melunakkan tinja Anda dan membantu mengeluarkan kotoran.
  • Diabetes; serat membantu mengatur gula darah yang tidak stabil
  • Penambahan Berat Badan; makanan tinggi serat membantu Anda tetap kenyang lebih lama, yang mencegah Anda makan lebih banyak.
  • Penyakit kardiovaskular ; ini dapat menyebabkan kolesterol tinggi dan penyakit jantung. Serat larut yang ditemukan dalam gandum, kacang-kacangan, dan buah-buahan serta sayuran membantu.
  • Wasir; wasir adalah pembuluh darah yang meradang yang menutup anus Anda dan berkembang dari mendorong tinja yang keras. Mengonsumsi makanan berserat tinggi bisa mengatasi masalah tersebut.

Menambahkan serat ke dalam makanan Anda semudah 123, berikut adalah cara sederhana untuk menambahkannya ke dalam makanan Anda.

  1. Tepung rami; Mereka datang dalam berbagai warna, tan, coklat dan emas, mereka merupakan sumber asam lemak omega 3 dan serat yang baik.
  2. Biji chia; Satu ons biji chia mengandung 11 gram serat, juga dikemas dengan antioksidan, protein, vitamin dan mineral.
  3. Biji rami; Mereka adalah sumber yang baik untuk serat larut dan tidak larut dan memiliki lebih banyak manfaat, mereka adalah sumber yang baik untuk lemak dan protein yang sehat.
  4. Sereal; Ezekiel 4: 9 biji-bijian, biji rami emas, Cheerios, biji-bijian Kashi, General mills fiber one dll

Cara lain untuk menambahkan serat ke dalam makanan Anda:

Cara terbaik untuk mendapatkan serat Anda adalah melalui makanan, buah-buahan, dan sayuran. Di bawah ini adalah makanan yang tinggi serat.

  1. Oat; adalah salah satu cara termudah untuk memasukkan serat ke dalam makanan Anda
  2. Buah-buahan; beri, alpukat, pir, pisang, apel, jeruk, pepaya dll
  3. Sayuran (dimasak); kalas, kacang polong, kacang hijau, collard greens, kubis Brussel, ubi jalar dll
  4. Kacang dan Kacang-kacangan (dimasak); kacang kedelai, lentil, kacang pinto, kacang merah dll.