Ingin menghabiskan waktu bersama keluarga pada Jumat malam ini? Tidak dapat menemukan film ramah keluarga yang akan dinikmati semua orang? Anda ingin memilih film terbaik yang harus dilihat. Tetapi Anda membutuhkan sesuatu yang sesuai dengan usia untuk seluruh keluarga. 

Jangan khawatir terus baca artikel ini sampai selesai karena akan ada pembahasan tentang bagaimana cara memilih film yang baik dan ramah bagi keluarga tercinta.

Film tampaknya memiliki lebih banyak seks, kekerasan, dan sumpah serapah daripada sebelumnya. Film-film yang cocok untuk keluarga sedang populer di kalangan badak hitam. Berikut beberapa tip untuk membantu Anda memilih film terbaik yang harus ditonton tanpa melepaskan nilai-nilai Anda.

Mulailah dengan Sistem Peringkat Film MPAA

Peringkat MPAA  dapat membantu Anda memilih film yang cocok untuk keluarga. Terkadang mereka sudah mati. Terkadang tidak. Terutama dengan film lama vs. film baru. Tapi itu awal.

G – Audiensi Umum. Film dengan rating G biasanya cocok untuk siapa saja. Kebanyakan orang tua tidak keberatan dengan semua konten.

PG – Bimbingan Orang Tua Disarankan. Film PG menjalankan keseluruhannya. Kategori peringkat ini bisa sehalus G, ditambah bahasa kotor. Atau bisa juga sesat seperti PG-13, kurangi jenis kelaminnya. Pikirkan Beetlejuice vs. The Incredibles.

PG-13 – Orang Tua Sangat Diperhatikan. Film ini ditujukan untuk remaja dan yang lebih tua. Kemungkinan akan ada bahasa atau situasi seksual yang kuat.

R – Dibatasi. Film dengan rating R ditujukan untuk orang dewasa. Film tersebut akan bertema dewasa: kekerasan, seks, sumpah serapah. Semua anak Anda sebaiknya menjadi orang dewasa.

NC-17 – Khusus Dewasa. Ini dulunya adalah peringkat X. Meskipun semua orang sudah dewasa, Anda pasti tidak ingin menonton yang satu ini bersama anak-anak. Dan mereka juga tidak ingin menontonnya bersama Anda.

Lihat di Luar Peringkat

Bahkan dengan sistem rating, masih sulit untuk memilih. Dan peringkatnya tidak selalu konsisten seperti yang diharapkan. Film dengan rating PG-13 mungkin mirip dengan film dengan rating R.

Setiap keluarga memiliki nilai-nilainya sendiri. Di manakah keluarga Anda menarik garis dalam hal bahasa, seks, dan kekerasan? Terkadang standar dunia lainnya berbeda dengan standar Anda.

Lakukan Riset Anda Sendiri

Film yang ramah keluarga dan wajib ditonton sulit ditemukan. Tapi Anda bisa melakukannya. Anda hanya perlu melakukan sedikit pekerjaan. Seperti seorang ilmuwan yang mencoba menemukan badak hitam itu, Anda perlu melakukan penelitian.

Cuplikan. Tonton trailernya. Temukan cuplikan di YouTube, IMDb, atau movies.com. Menonton cuplikannya hanya membutuhkan waktu beberapa menit dan memberi Anda gambaran yang bagus tentang apa yang diharapkan.

Trailer tersebut biasanya akan menggoda dengan adegan yang sensual, kekerasan, atau menegangkan. Studio membuat cuplikan untuk khalayak luas. Harapkan adegan yang lebih edgier dalam film.

IMDb memudahkan pencarian konten dewasa. Di bagian “Peringkat Gambar Bergerak”, Anda akan menemukan ” Panduan Orang Tua “. Halaman ini merinci setiap konten yang tidak pantas. Ketahuilah bahwa Anda mungkin akan menemukan beberapa spoiler. 

Tanya Teman Anda

Masih belum yakin dengan filmnya? Kemungkinan besar setidaknya salah satu teman atau anggota keluarga Anda telah melihatnya. Anda mungkin bisa mempercayai mereka lebih dari siapapun di internet. Dapatkan beberapa detail bagus. Ajukan pertanyaan yang berlaku untuk keluarga Anda.