Ada banyak manfaat gaya hidup sehat, dan belajar menambahkan kebiasaan sehat tidaklah sulit. Kesehatan metabolik adalah kemampuan tubuh Anda untuk menjaga kadar gula darah, trigliserida, kolesterol high-density lipoprotein (HDL), tekanan darah, dan lingkar pinggang yang ideal. Semua statistik ini membantu mengukur kesehatan Anda secara keseluruhan. Semakin baik angka-angka ini, semakin baik kesehatan Anda secara keseluruhan. 

Jika begitu sedikit orang yang sehat, pasti tidak ada gunanya berusaha untuk sampai kesana bukan? Jika tidak, semua orang akan melakukannya!

Ada banyak manfaat gaya hidup sehat, dan belajar menambahkan kebiasaan sehat tidaklah sulit.

Berikut adalah artikel mengenai hal-hal utama yang dapat Anda lakukan untuk menjalani gaya hidup yang lebih sehat, manfaatnya bagi Anda, dan langkah-langkah yang dapat Anda ambil hari ini untuk menerapkannya.

  1. Makan Makanan Sehat

Ini bukan informasi baru, tapi tetap menjadi inti dari gaya hidup sehat. Tanpa nutrisi yang tepat, hampir semua yang Anda lakukan tidak penting. Mengisi tubuh Anda dengan energi bersih adalah kunci untuk membangun gaya hidup sehat.

Yang Dapat Anda Lakukan Hari Ini

Anda tidak dapat mengubah pola makan Anda dalam semalam. Tapi Anda bisa membuat pilihan yang lebih sehat. Mulailah dengan menyingkirkan junk food, atau paling tidak menyembunyikannya dari pandangan atau tempat yang sulit dijangkau.

Letakkan makanan sehat seperti buah dan sayuran di tempat yang mudah dijangkau sehingga Anda lebih cenderung mengemilnya. Luangkan waktu setiap minggu untuk menyiapkan sayuran agar mudah ditambahkan ke hidangan, atau mudah untuk dimakan.

Setiap minggu, cobalah resep baru yang sehat dan temukan makanan baru yang Anda sukai. Mengubah pola makan membutuhkan waktu, tetapi setiap kali Anda membuat pilihan yang sehat, Anda mempersiapkan diri untuk kehidupan yang lebih baik.

Manfaat Makan dengan Baik

Makan sehat membantu Anda mempertahankan berat badan yang tepat, yang merupakan kunci untuk mencegah sebagian besar penyebab kematian yang paling umum. Tetapi itu juga meningkatkan daya ingat Anda, memberi Anda energi yang lebih baik, dan dapat membersihkan kulit yang buruk dan bahkan sakit kepala.

  1. Bergerak Setiap Hari

Ini juga bukan kejutan. Anda tahu bahwa Anda perlu lebih banyak berolahraga. Jadi apa yang menahanmu?

Tapi inilah hal yang keren. Anda tidak perlu pergi ke gym untuk mendapatkan manfaat lebih banyak dari berolahraga. Orang yang paling sehat memasukkan gerakan ke dalam gaya hidup sehari-hari mereka, tidak hanya di gym.

Yang Dapat Anda Lakukan Hari Ini

Mulailah hanya dengan bergerak lebih banyak. Setel pengingat di ponsel Anda untuk berdiri setiap jam selama tiga menit atau lebih. Jalan-jalan saat makan siang. Parkirlah di belakang tempat parkir. Gunakan selalu tangga.

Tetapi Anda juga harus menemukan bentuk gerakan yang Anda sukai. Meskipun mengangkat beban dan kardio itu penting, olahraga seharusnya tidak terasa seperti tugas. Jika Anda menikmati panjat tebing, yoga, sepak bola, dansa, atau hal lain yang membuat Anda bergerak, kejarlah!

Manfaat Pindah Lebih Banyak

Tidur lebih nyenyak, energi lebih baik, otot lebih kuat, lebih mampu secara fisik lebih lama dalam hidup Anda. Anda juga akan terlihat lebih baik, Anda akan lebih aktif lebih lama, dan merasa lebih baik tentang diri sendiri. Olahraga teratur bahkan dapat meredakan gejala depresi dan kecemasan.

  1. Atur Jadwal Tidur yang Teratur

Tidur adalah inti fundamental untuk menjaga kesehatan. Di dunia yang sempurna, Anda akan bangun dan tidur dengan siklus matahari. Meskipun itu tidak realistis untuk gaya hidup Anda, Anda tetap harus menetapkan waktu tidur dan waktu bangun yang teratur setiap hari.

Yang Dapat Anda Lakukan Hari Ini

Soroti masalah yang membuat Anda tidak bisa tidur nyenyak. Tingkatkan kasur atau linen Anda jika Anda merasa tidak nyaman, atau belilah tirai anti tembus pandang jika cahaya membuat Anda tetap terjaga. Atur white noise atau pink noise untuk membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Atur rutinitas malam yang dapat membantu pikiran Anda beristirahat. Sertakan hal-hal seperti membuat jurnal atau menyiapkan diffuser dengan aroma lavender untuk membantu otak Anda tertidur.

Juga pintar untuk berhenti menggunakan teknologi satu jam sebelum tidur, dan berhenti makan tiga jam sebelum tidur.

Manfaat Tidur Yang Benar

Siklus tidur yang teratur dapat membantu Anda bangun dengan lebih banyak energi, dan meningkatkan fokus Anda sepanjang hari. Ini juga meningkatkan daya ingat Anda dan melawan peradangan di tubuh Anda untuk membuat Anda lebih sehat. Bahkan dapat membantu menurunkan berat badan.

  1. Minum Banyak Air

Jika Anda meminum kalori Anda, Anda salah melakukannya. Air harus menjadi minuman utama yang Anda minum, dan semua (atau setidaknya sebagian besar) kalori Anda harus berasal dari makanan asli.

Yang Dapat Anda Lakukan Hari Ini

Dapatkan botol air yang Anda suka dan mulailah membawanya ke mana-mana. Jika Anda tidak menyukai rasa air, ambil infuser dan tambahkan mentimun, mint, stroberi, atau lemon agar Anda bisa lebih menikmatinya.

Seringkali hanya dengan memiliki air di dekat Anda akan membantu Anda minum lebih banyak. Anda juga dapat mengatur pemicu sepanjang hari untuk mengingatkan Anda untuk minum, seperti segera setelah bangun tidur, atau sebelum waktu makan.

Manfaat Tetap Terhidrasi

Tetap terhidrasi membantu Anda menjaga kulit tetap bersih. Ini melumasi sendi dan saluran udara Anda dan mendukung otak Anda. Anda bisa merasa lebih waspada dan mengonsumsi lebih sedikit kalori sepanjang hari. Tapi itu juga membantu membuang limbah di tubuh Anda dan menjaga tekanan darah Anda.

  1. Kelola Stres dalam Hidup Anda

Sedikit stres atau stres dalam ledakan singkat sangat baik untuk Anda. Stres jangka panjang bisa mendatangkan malapetaka. Ini berkontribusi pada bisul, depresi, kecemasan, sakit kepala, tekanan darah tinggi, dan diabetes.

Jadi belajar mengelola stres penting untuk menjaga gaya hidup sehat.

Yang Dapat Anda Lakukan Hari Ini

Bermeditasi dan membuat jurnal sering kali merupakan dua cara DIY terbaik untuk mengelola stres. Namun, ada baiknya juga untuk menemukan seseorang yang dapat Anda percayai, baik itu teman dekat atau anggota keluarga atau terapis.

Ini juga merupakan ide yang baik untuk menciptakan ruang dalam hidup Anda untuk bersantai dan bersenang-senang. Pertimbangkan yoga, melukis, atau hiking, atau apa pun yang membantu Anda rileks.

Manfaat Menurunkan Stres

Menurunkan stres membantu melawan peradangan, sakit kepala, depresi, dan kecemasan. Mempertahankan berat badan yang sehat dan kebiasaan gaya hidup sehat lainnya juga dapat lebih mudah dilakukan.

  1. Bangun Lingkaran Sosial yang Kuat

Merawat tubuh tidak cukup untuk menjalani gaya hidup sehat. Anda juga perlu memelihara jiwa Anda, dan cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan membangun lingkaran sosial yang kuat.

Yang Dapat Anda Lakukan Hari Ini

Habiskan waktu bersama teman, keluarga, dan komunitas Anda. Terhubung kembali dengan seseorang yang sudah lama tidak berbicara dengan Anda, atau bergabunglah dengan grup atau klub baru. Cobalah untuk mengatur kencan kopi biasa atau waktu makan siang dengan teman-teman, dan kenali tetangga Anda.

Manfaat Teman Dekat

Memiliki orang-orang yang dapat Anda andalkan melawan depresi dan kesepian. Orang-orang ini dapat mendukung Anda melewati masa-masa sulit dan mendorong Anda untuk menjalani hidup terbaik Anda.

  1. Jangan Lewati Janji Dokter

Pastikan Anda mengunjungi dokter dan dokter gigi sesering yang disarankan. Deteksi dini adalah kunci untuk mengobati sebagian besar penyakit mematikan, dan penyakit ini tidak dapat dideteksi lebih awal jika Anda tidak pernah mengunjungi dokter.

Yang Dapat Anda Lakukan Hari Ini

Pastikan Anda memiliki jadwal janji dengan dokter di masa depan. Kunjungi dokter gigi, dokter, dan dokter mata secara rutin. Jika Anda belum cukup lama, jadwalkan janji temu hari ini.

Manfaat Mengunjungi Dokter

Meskipun perjalanan awal (dan tagihan berikutnya) tidak menyenangkan, kunjungan dokter secara rutin adalah kunci untuk mendeteksi penyakit sebelum menjadi masalah.

 

  1. Hindari Bahan Kimia Beracun dalam Produk Anda

Produk pribadi dan larutan pembersih sering kali mengandung banyak bahan kimia yang tidak kita ketahui fungsinya. Yang menakutkan adalah ketika lebih banyak penelitian keluar, kami menemukan bahwa mereka memiliki dampak kesehatan negatif yang bahkan tidak kami ketahui.

Ini adalah hal-hal seperti ftalat, asam sulfat, amonia, dan banyak lagi. Faktanya, dari ribuan bahan kimia yang masuk ke produk pembersih, kami hanya memiliki laporan toksisitas lengkap untuk 7% di antaranya . 

Yang Dapat Anda Lakukan Hari Ini

Mulailah belajar tentang bahan kimia yang paling umum dalam produk pembersih dan pribadi, dan pelajari cara menemukannya di produk Anda. Kemudian gantilah dengan alternatif yang lebih aman. Kunjungi toko rambut berkualitas tinggi atau toko makanan kesehatan terdekat untuk pilihan yang lebih aman.

Manfaat Menghilangkan Racun

Semakin sedikit racun yang harus diproses tubuh Anda, semakin sedikit stres dan peradangan yang Anda alami. Selain itu, menghilangkan racun ini dapat menurunkan risiko Anda untuk penyakit mematikan jangka panjang seperti kanker. Bahan-bahan seperti triclosan, bisphenol A, ftalat, paraben, dan alkylphenols semuanya telah dikaitkan dengan kanker payudara .