Sebagaimana yang kita tahu, motor mempunyai desain keamanan yang dirancang kurang maksimal, sehingga membuat sistem perlindungan yang dimiliki oleh si pengendara kurang terjamin dengan baik. Jika terjadi kesalahan sedikit saja, bisa berakibat fatal dan kecelakaan. 

Si pengendara motor bisa saja cedera hingga meregang nyawa. Hal ini jauh berbeda jika Anda bandingkan dengan mobil maupun kendaraan lain yang lebih tertutup. Hal ini karena desain yang jauh berbeda. Oleh karena itu, helm motor ialah piranti keselamatan yang wajib untuk Anda pakai.

Helm ini pada dasarnya sengaja diciptakan untuk melindungi berbagai organ tubuh yang dimiliki oleh manusia, seperti organ otak. Organ ini sangat lah penting karena ia mempunyai peran untuk memberikan perintah pada semua organ manusia. Jadi, ia adalah organ vital. 

Saat ini, banyak sekali helm yang beredar di Indonesia, ada yang helm asal-asalan ada pula helm yang mempunyai standar internasional berharga tinggi.

Sertifikat standar helm pun mulai beraneka ragam. Ada helm SNI dengan Standar Nasional Indonesia, ada pula DOT. Untuk DOT merupakan standar Amerika, dan SNELL. SNELL ini adalah standar Eropa. Bila Anda adalah seorang pengendara motor sangat disarankan untuk menggunakan helm yang paling tidak mempunyai standar SNI, lebih bagus lagi bila berstandar DOT atau SNELL yang pastinya telah teruji dengan baik. 

Untuk mencari standar internasional ini Anda tidak perlu mencari helm dengan merek luar negeri dengan harga yang kurang masuk akal. Sekarang ini pabrikan helm yang ada di Indonesia sudah memproduksi helm motor yang full face yang berkualitas tinggi.

Agar helm ini awet Anda gunakan, berikut cara untuk merawat helm, antara lain:

  • Simpan helm dengan kondisi yang baik. Pastikan Anda menyimpan helm di dalam kondisi yang aman serta bersih. Jika Anda meninggalkan helm di parkiran, usahakan menempatkan helm di jarak yang sedikit berjauhan dengan kendaraan lain, agar menghindari kemungkinan kaca tergores,
  • Setelah helm Anda pakai, simpan di tempat yang bersih. Buka kaca helm agar sisa keringat yang menempel dan terperangkap di dalam bisa diminimalkan. Ini berguna agar meminimalkan bau keringat,
  • Usahakan helm tidak terpapar oleh sinar matahari, terlalu lama terpapar bisa lebih mudah merusak cat helm,
  • Bersihkan helm secara rutin, minimal sebulan sekali dengan melakukan pembersihan ke semua bagian helm.

Jika ingin helm motor Anda jauh lebih awet, Anda harus melakukan perawatan dan pembersihan. Selain itu untuk helm full face ini, perawatan harus dilakukan dengan tepat. Jika repot untuk melakukan pencucian sebulan sekali, Anda bisa mencucinya ke tukang cuci helm yang sekarang ini jasanya telah banyak berada di pinggir jalan.