Pengguna kendaraan bermotor tentunya harus melindungi diri jauh lebih baik dibandingkan dengan pengguna mobil, mengingat Anda tahu sendiri bahwa resiko berkendara di jalan raya menggunakan kendaraan ini jauh lebih besar dibandingkan mobil, ia hanya memilih 2 roda dalam keadaan pengguna yang mengendarai secara terbuka, berbeda dengan mobil dimana setiap sisinya tertutup sehingga ada kemungkinan kecelakaan kecil tak akan membuat penggunanya terluka. 

Bahkan jika dilihat angka kecelakaan yang disebabkan oleh kendaraan bermotor jauh lebih tinggi dibandingkan dengan mobil, beberapa alat keamanan wajib untuk Anda kenakan termasuk diantaranya adalah helm dan juga jaket motor.

Helm memang sudah menjadi barang wajib yang harus dikenakan oleh pengendara, mengingat fungsinya sendiri adalah guna melindungi kepala dari benturan saat terjadi kecelakaan, ingat bahwa kebanyakan kematian disebabkan oleh rusaknya bagian kepala karena tak memiliki pelindung. 

Sedangkan jaket sebenarnya memang bukan hal wajib namun alangkah baiknya digunakan demi kesehatan Anda, mengingat berkendara memiliki banyak sekali resiko pada kesehatan, apalagi jika dilakukan pada malam hari ada lebih banyak angin yang akan masuk ke tubuh Anda.

Jaket motor ini sekarang hadir dalam berbagai bentuk dan jenis, tak hanya digunakan dalam menunjang keselamatan Anda saat berkendara saja melainkan juga bermanfaat untuk mempercantik diri, satu bagian yang paling penting dalam pemilihan jaket ini adalah mengetahui kualitas bahan, nah berikut ini ada beberapa jenis bahan dalam pembuatan jaket beserta kelebihan dan kelemahannya, yaitu:

  1. Kulit sintetis, sama seperti namanya jaket berbahan ini memang nampak seperti kulit asli, namun ternyata tidak karena sebenarnya kulit tersebut buatan dari pabrik atau sintetis, umumnya sangat cocok digunakan pada siang hari karena bahannya sendiri tak dapat menyerap keringat, kebanyakan pengguna dari jaket yang satu ini adalah kaum pria karena nampak cukup gagah.
  2. Taslan, bahan yang satu ini umumnya memiliki sifat anti air karena berbahan layaknya parasut, sangat ringan dan nyaman digunakan, jenisnya sendiri juga bervariatif, namun sangat rentan saat dicuci karena semakin sering kamu cuci bahan akan semakin menipis.
  3. Kanvas, bahan yang satu ini menjadi yang paling banyak dipilih oleh pengendara motor, mengingat cukup ringan dan juga nyaman digunakan, bahkan bagi mereka yang senang touring sekalipun, hanya saja bahannya memang memiliki kelemahan apalagi jika sering kamu cuci maka lama kelamaan akan menipis.
  4. Drill katun, umumnya jenis yang satu ini bisa sangat efektif dalam menyerap keringat, nyaman dipakai dan juga tak mudah rusak saat dicuci, keunggulan lainnya adalah saat dipakai pada saat kamu berkendara di malam hari.

Banyak bukan ragam jaket motor yang dapat kamu jadikan sebagai pilihan, namun perhatikan kelebihan dan kelemahannya dulu.