Bagaimana perkembangan buah hati Anda sekarang? Aktivitas seperti apa yang sudah bisa dilakukan sendiri, apakah tengkurap atau mungkin sudah mulai belajar berjalan. 

Usia-usia diatas 6 bulan memang sudah menunjukkan perkembangan yang sangat cepat mulai dari pola tingkahnya yang lebih lucu hingga bagaimana cara mereka merespon orang lain, namun dari segi kebutuhan juga menjadi lebih banyak, apalagi anak-anak yang sudah mulai belajar berjalan, Anda juga harus mulai mempersiapkan sepatu bayi untuk mereka.

Tak hanya orang dewasa saja, anak-anak justru lebih membutuhkan alat yang satu ini karena memang berguna untuk melindungi kaki dari benda-benda tajam. 

Selain itu, dengan sering memakaikan sepatu kepada mereka akan membuat Anak Anda menjadi terbiasa, jadi kala ia beranjak dewasa tak sulit menyuruhnya mengenakan sepatu. Jenis sepatu untuk bayi tersedia cukup banyak di pasaran dengan ukuran yang juga beragam, namun pastinya kecil, menyesuaikan dengan ukuran kaki mereka.

Untuk para orang tua yang kebingungan ingin membelikan sepatu bayi, atau mungkin Anda yang bingung dengan pilihan untuk dijadikan sebagai kado berikut ini ada beberapa tips dalam memilih yang tepat, yaitu:

  • Pilihlah ukuran yang tepat, ukuran kaki tiap bayi berbeda, dan hal inilah yang menyulitkan kita untuk memilih jika tak membawa mereka secara langsung. Ukuran yang tepat bukan berarti harus pas karena pertumbuhan masih bisa terjadi dan umumnya sangat cepat jadi pilihlah yang sedikit agak longgar, hal ini juga akan membuat mereka merasa nyaman saat menggunakannya.
  • Pilihlah yang mudah digunakan, meskipun cantik namun ribet penggunaannya tentu sangat tak praktis, jadi usahakan menerapkan hal yang satu ini, sepatu yang mudah digunakan biasanya juga bisa dilihat dari ukurannya yaitu longgar, tetapi Anda juga harus memastikan sepatu tersebut tak mudah lepas.
  • Pilihlah yang ringan, sepatu yang berat hanya akan mengganggu pertumbuhan kaki mereka dan menyulitkan berjalan, apalagi bagi yang masih dalam tahap belajar.
  • Hindari pemilihan sepatu bertali, jenis yang satu ini sangat rentan membuat mereka terjatuh karena talinya juga mudah lepas.
  • Perhatikan sol yang digunakan, pastikan bahwa bahan dari sol tersebut tak licin karena hanya akan menyulitkan mereka berjalan karena mudah jatuh.
  • Sepatunya harus fleksibel, yang dimaksudkan fleksibel adalah coba Anda tekuk pada ujung jari dan juga tumit, jika memang lentur maka bagus untuk pertumbuhan kaki mereka.
  • Hindari terlalu banyak aksesoris, aksesoris berlebih hanya akan membuatnya fokus pada sepatu namun tak kunjung mau berjalan, selain itu juga dapat menambah beban sepatu.

Itulah beberapa langkah mudah dalam memilih sepatu bayi, berikan yang terbaik untuk buah hati Anda.