Data yang diperoleh dari WHO, tercatat setidaknya adalah 40.000 wanita Indonesia yang terjangkit penyakit kanker serviks. 

Sebenarnya penyakit apa ini, kanker serviks adalah kanker yang menyerang leher rahim, mereka yang terkena penyakit ini adalah kaum hawa, dari berbagai usia, namun kebanyakan memang wanita yang usianya sudah menginjak angka 35 tahun ke atas, karena semakin bertambah usia akan semakin tinggi resiko untuk terserang penyakit berbahaya tersebut. 

Penyakit ini agaknya juga bukan sesuatu yang dapat diremehkan, karena kebanyakan diantara penderitanya meninggal dunia karena terlambat dalam mendapatkan pengobatan.

Apalagi kebanyakan diantaranya tidak menyadari bahwa sebenarnya mereka sedang terserang penyakit mematikan tersebut. Sehingga ketika sudah terdeteksi ada di tahap yang serius, sulit untuk disembuhkan kembali. Lalu apa saja gejalanya, berikut ini yang patut untuk diketahui, yaitu:

  1. Menstruasi tidak teratur, siklusnya yang selalu berubah-ubah bahkan terkadang datang telat, tidak sesuai dengan kalender kesuburan yang sudah dibuat.
  2. Adanya pendarahan pada vagina, umumnya pendarahan tersebut juga terjadi secara tidak sadar, misalnya adalah sebenarnya Anda tidak haid, namun mengalami pendarahan.
  3. Rasa nyeri yang terjadi pada bagian bawah panggul, tepat di bagian rahim berada.
  4. Rasa sakit atau nyeri ketika tengah berhubungan seksual, padahal sebelumnya tidak pernah mengalami hal semacam ini.
  5. Mudah lelah lemas tidak bertenaga.
  6. Nafsu makan menjadi turun, bahkan hilang sama sekali
  7. Berat badan menurun secara drastis, padahal tidak sedang menjalani program diet.
  8. Terjadi pembengkakan di kaki.
  9. Keluar cairan dari vagina yang bau, bahkan terkadang cairan tersebut disertai dengan darah.

Pastinya tidak ada yang ingin terkena penyakit mematikan yang satu ini bukan, untuk itu lebih baik mencegah daripada mengobati. Penyakit ini dapat dicegah sedini mungkin, berikut ini langkah-langkahnya yang dapat diterapkan mulai dari sekarang, yaitu:

  1. Melakukan vaksinasi HPV, sekarang ini sudah ada bentuk vaksinasi yang dapat dilakukan untuk mencegah Human Papilloma Virus ini menjangkiti wanita, bisa didapatkan di rumah sakit besar yang ada di Indonesia.
  2. Menjaga pola makan menjadi lebih sehat, ada baiknya untuk mulai memilih-milih makanan yang dikonsumsi, hindari jenis makanan instan, makanan yang banyak mengandung kolesterol jahat dan sejenisnya.
  3. Olahraga secara teratur, bagaimanapun olahraga ini memiliki peran penting agar nantinya sistem imune tubuh tetap kuat, sehingga dapat terhindar dari serangan virus maupun bakteri apapun.
  4. Hindari rokok dan juga alkohol, senyawa-senyawa yang ada di dalamnya bersifat racun dan akan semakin memperparah sel-sel kanker untuk hidup dan menggerogoti tubuh.

Jika dimulai dari sekarang, bahkan bagi mereka dengan faktor resiko tinggi terkena kanker pun akan tetap terhindar darinya.