Jerawat merupakan masalah kulit yang sangat menyebalkan. Jerawat bisa memicu rasa nyeri dan sangat mengganggu penampilan. 

Itulah sebabnya jerawat perlu segera diobati dengan obat yang tepat. Berbagai jenis obat jerawat saat ini bisa dimanfaatkan untuk menangani masalah yang ada, namun tidak semua obat cocok digunakan dan mempunyai khasiat yang optimal dalam menyembuhkan jerawat. 

Untuk itu, pilihlah obat yang tepat dengan mempertimbangkan berbagai macam faktor agar masalah jerawat bisa segera dihilangkan. Berikut ini beberapa hal penting yang harus dilakukan dalam memilih obat untuk jerawat, yaitu:

  • Sesuaikan jenis obat dengan karakteristik kulit berjerawat.

Saat ini berbagai obat untuk jerawat tersedia dalam berbagai macam jenis produk, diantaranya yaitu facial foam, gel, salep, krim dan lain sebagainya. Masing-masing memiliki keunggulan dan keunikan yang berbeda-beda sehingga Anda harus menentukan jenis obat yang tepat sesuai kebutuhan dan karakteristik kulit yang sedang berjerawat. Misalnya untuk jenis kulit kering, hindarilah pemakaian obat berupa sabun, sebaiknya gunakan obat berbentuk krim atau lotion supaya kulit menjadi lebih lembab dan tidak terlihat kering. Sedangkan untuk kulit berminyak, gunakanlah obat untuk jerawat yang berbentuk gel yang lebih sesuai dengan kebutuhan kulit.

  • Perhatikan komposisi dan kualitas obat.

Utamakanlah obat jerawat yang mengandung bahan-bahan alami dari tanaman atau buah-buahan yang efektif membantu menghilangkan masalah jerawat pada kulit. Hindarilah obat-obatan berbahan kimia yang cenderung beresiko menimbulkan masalah kulit yang lebih buruk di kemudian hari. Selain itu, pilihlah obat yang kaya akan nutrisi yang baik untuk menyehatkan kulit sehingga pemakaian produk yang Anda gunakan semakin terasa menguntungkan dan juga bekerja efektif. Jangan lupa untuk memperhatikan legalitas obat yang Anda gunakan untuk memperoleh keamanan pemakaian obat yang lebih terjamin dan bebas efek samping.

  • Pertimbangkan rekomendasi dokter spesialis.

Apabila jerawat yang mengganggu sudah semakin meradang, janganlah ragu untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Hal ini dilakukan agar obat yang akan digunakan adalah obat yang tepat dan sudah teruji ampuh bekerja mengatasi jerawat dengan baik. Sebab, dokter spesialis kulit akan memberikan obat rekomendasi yang aman dan disesuaikan betul dengan kondisi kulit Anda masing-masing. Dengan begitu, kinerja obat yang Anda gunakan pun jauh lebih efektif dan masalah jerawat bisa segera teratasi.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan dalam memilih obat jerawat yang tepat guna menyembuhkan masalah kulit berjerawat yang sedang dialami. Jika obat yang dipilih adalah obat terbaik, otomatis pengobatan yang dilakukan bisa berjalan dengan efektif. 

Alhasil, kulit bersih yang sehat dan bebas dari jerawat pun bisa Anda miliki sehingga penampilan wajah yang menarik bisa dirasakan kembali berkat pemakaian obat yang tepat dan telah teruji secara klinis.