Kartu kredit seperti sudah menjadi gaya hidup masyarakat dari kelas menengah sampai kelas atas pada jaman sekarang. Padahal kalau ditelisik, kartu tersebut semacam kartu hutang dengan pembayaran dicicil. 

Tidak sedikit yang menggunakannya karena sekedar buat gaya-gayaan atau tidak mau kalah dengan orang-orang di lingkungannya. Jika ditelusuri, setiap produk pasti mempunyai sisi positif dan sisi negatifnya. Begitu pun pada kartu ini dapat menimbulkan dampak positif maupun dampak negatif, seperti:

Dampak positif kartu kredit

  1. Kartu ini cukup efisien dibawa kemana saja saat bepergian, memberikan kemudahan dalam pembayaran seperti: auto debet, dan mencegah terjadinya tindak kriminalitas.
  2.  Dapat digunakan pada waktu darurat, terutama saat tidak memiliki uang tunai.
  3. Memudahkan pada saat bertransaksi online, karena anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke bank untuk mentransfer.
  4. Mendapatkan berbagai bonus, promosi , maupun diskon berbelanja, makan di restoran, dan lain-lain.
  5. Dapat dijadikan sebagai modal usaha.
  6. Mendapatkan barang-barang yang diinginkan meskipun dengan cicilan.

Dampak negatif kartu kredit

  1. Menjadi beban bagi penggunanya karena jika menunggak akan dikenai bunga tinggi, dan juga denda keterlambatan.
  2. Meningkatkan daya konsumtif, semua barang dibeli bahkan kadang tanpa memikirkan kemampuan finansialnya terlebih dahulu.
  3. Jika mengalami keterlambatan pembayaran, akan ditagih oleh debt collector. Kadang kala barang yang dimiliki disita sebagai jaminan atau pengganti.
  4. Sering digunakan oleh orang tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan.
  5. Hidup menjadi tidak tenang karena hasyat konsumtifnya dan kurang bersyukur.
  6. Hidup boros, karena faktor psikologi yang mendorong untuk belanja barang dan jasa meskipun ada yang jauh lebih penting.

Setelah mengetahui dampak positif dan negatif dari penggunaan kartu kredit, setidaknya anda sudah mempunyai pertimbangan dahulu bukan sebelum menggunakan kartu tersebut. Jika ingin mendapatkan suatu barang atau jasa, alangkah lebih baiknya jika kita bekerja. 

Dengan bekerja, kita akan tahu sampai dimana kemampuan kita membeli suatu barang tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa dijadikan referensi, terima kasih.