Hape atau handphone jadul kini masih diminati sebagian kalangan masyarakat untuk melakukan komunikasi dasar seperti menelpon atau mengirim pesan singkat. Umumnya handphone kembali digunakan oleh orang tua atau anak kecil yang tidak mengerti penggunaan internet melalui smartphone. Dengan handphone yang hanya berisi tombol keypad, penggunaan akan lebih sederhana sehingga mudah dioperasikan oleh orang tua maupun anak-anak. Selain itu, kelebihan handphone adalah memiliki harga jual yang lebih murah jika dibandingkan dengan smartphone sehingga hape murah pas dengan budget yang lebih terbatas.

Handphone jadul sendiri sudah tidak diproduksi cukup lama sehingga yang saat ini beredar di pasaran umumnya adalah handphone bekas yang sudah pernah digunakan sebelumnya. Karena merupakan produk second, harganya pun sangat terjangkau jika dibandingkan dengan harga baru saat masih banyak yang menggunakannya. Meski begitu, tak semua handphone second masih memiliki kualitas yang baik dikarenakan penggunaan sebelumnya. Beberapa handphone bisa saja memiliki kondisi atau fungsi yang tidak maksimal sehingga mempengaruhi kinerjanya.

Bagi Anda yang saat ini ingin membeli handphone jadul karena lebih murah dan sederhana, ada baiknya memperhatikan cara pemilihan berikut ini agar mendapatkan handphone yang meski murah namun bisa digunakan dengan baik dan tahan lama:

Kondisi chasing.
Dahulu chasing non original banyak dijual untuk memodifikasi handphone. Saat handphone dijual kembali, perhatikan chasing bawaan yang digunakan. Apakah menggunakan chasing originalnya ataukah menggunakan chasing non ori. Jika chasing non ori, pertanyakan masih ada atau tidak chasing orinya dan jika tidak maka seharusnya harga jual menjadi lebih murah. Kondisi chasing yang dipakai juga bisa mendeteksi apakah handphone pernah mengalami benturan keras atau tidak.

Layar.
Hidupkan handphone dan perhatikan tampilan pada layar. Jika lampu dan koneksi pada layar tidak stabil, maka bisa dipastikan ada kerusakan yang terjadi. Sebaiknya Anda memilih handphone lainnya jika hal tersebut terjadi karena kerusakan pada layar akan memerlukan biaya perbaikan yang tak sebanding dengan harga belinya.

Koneksi.
Cobalah handphone untuk melakukan panggilan jarak jauh. Test apakah suara yang Anda dengan cukup jernih dan bagaimana dengan suara Anda apakah terdengar jelas untuk penerima telepon.

Kelengkapan.
Kelengkapan handphone juga bisa mempengaruhi harga karena sekarang ini akan lebih sulit untuk mendapatkan aksesorisnya seperti charger dan earphone.

Itulah beberapa point yang perlu Anda perhatikan saat akan membeli hape murah untuk dipakai sendiri maupun untuk orang tua dan anak. Handphone jadul meski kini menjadi barang langka yang dijual dengan harga murah namun pada dasarnya memiliki ketahanan fisik yang lebih baik dibandingkan dengan smartphone yang mudah pecah karena ukuran layarnya yang lebar. Karenanya tak perlu malu menggunakan handphone ini untuk keperluan yang memang tak terlalu membutuhkan koneksi internet.