Mengatasi berbagai masalah yang terjadi di wajah seperti flek hitam, tentu saja bukan sebuah perkara yang mudah. Flek hitam ini akibat dari sekresi berlebihan yang berasal dari melanin. 

Penyebab munculnya flek hitam ini bisa karena kurang seimbangnya hormon, menopause, kehamilan, hingga pengonsumsian obat tertentu. Flek hitam ini ternyata tidak hanya menyerang wajah. 

Flek hitam dapat menyerang seluruh tubuh. Bila flek hitam ini sudah menyerang seluruh tubuh, Anda harus melakukan konsultasi ke dokter untuk mencari obat flek hitam. Jika flek hitam yang bermunculan masih bertaraf normal, Anda dapat mencari obat-obatan yang masih alami.

Salah satu caranya dengan menggunakan minyak vitamin E. Vitamin E memiliki kandungan antioksidan serta memiliki efek yang begitu bagus untuk menyembuhkan luka. Banyak penelitian yang menunjukkan jika vitamin E ini dapat menembus lapisan tengah yang berada di kulit bagian bawah, serta menstabilkan collagen. 

Cara menggunakan vitamin E ini dengan mencampurkan vitamin E dan minyak, oleskan di daerah yang memiliki bekas jerawat dan juga flek hitam. Tunggu selama beberapa saat, dan bilas dengan menggunakan air bersih. Anda juga dapat mengkombinasikannya dengan lidah buaya dan digunakan untuk masker di wajah.

Obat flek hitam yang kedua ialah kulit semangka. Buah semangka memang dikenal sebagai obat terbaik untuk mengatasi flek hitam. Hal ini dikarenakan semangka memiliki kandungan vitamin. Semangka yang dingin akan mampu mengurangi bintik di kulit yang diakibatkan karena terlalu lama terkena paparan sinar matahari. 

Anda hanya memerlukan kulit semangka. Caranya, iris semangka dan sisakan kulitnya, gosok bagian dalam kulit ini di wajah sehingga airnya akan meresap ke dalam kulit yang Anda miliki. Lakukan hal tersebut selama beberapa menit dan biarkan hingga 30 menit, kemudian bilas.

Cara lain dengan menggunakan pepaya. Pepaya ini mempunyai enzim yang dapat mendorong produksi dari sel sehingga kulit Anda akan tampak sangat segar. 

Untuk penggunaannya, Anda hanya cukup mengubah pepaya menjadi bubur campurkan dengan jeruk nipis, gosokkan di wajah yang terkena flek hitam. Biarkan selama kurang lebih 20 menit, kemudian bilas menggunakan air. Jika masih tersisa kulit pepaya, Anda juga dapat menggunakan kulitnya sebagai scrub untuk siku dan juga lutut Anda.

Menghilangkan noda seperti flek hitam ini memang memerlukan waktu yang tidak singkat. Anda tidak boleh berputus asa bila flek hitam Anda masih berada di wajah padahal obat flek hitam sudah banyak digunakan. 

Agar mendapatkan hasil yang sempurna, Anda tidak perlu mempraktekkan berbagai cara tersebut, Anda cukup menggunakan sebuah cara saja, namun lakukan hal tersebut secara teratur dan berulang-ulang agar nantinya Anda mendapatkan hasil yang terbaik.