Ketika Anda ingin membeli baju bayi, maka apa yang sekiranya akan Anda utamakan terlebih dahulu? Apakah warnanya yang menarik atau justru gaya pakaian yang Anda nilai tidak pasaran? Jika teknik tersebut sering Anda gunakan, maka dapat dipastikan bahwa Anda salah besar. 

Karena saat memilih maupun membeli pakaian bayi hal yang paling utama adalah faktor kenyamanan bayi. Oleh karena itu Anda harus memeriksa semuanya sebelum membayar seperti memperhatikan bahan, desain dan yang paling penting adalah ukuran dari baju yang akan Anda beli.

Jangan pernah membeli baju dengan bahan sintetis layaknya polyester dan nilon. Hal ini dikarenakan bahan-bahan tersebut sangat sulit untuk menyerap keringat. Sehingga ketika bayi mengenakannya dan berkeringat secara berlebihan akan membuatnya merasa tidak nyaman. 

Jika pori-pori kulit bayi tersumbat, maka keringat nantinya akan merembes ke kulit bagian tubuh lain yang ada di dekatnya. Kondisi semacam ini akan memicu munculnya biang keringat. Akan lebih baik jika Anda memilih baju dengan bahan utama katun, karena seperti yang selama ini sudah diketahui katun mudah menyerap keringat.

Sebaiknya jangan memilih baju dengan kancing besar pada bagian belakangnya atau kancing dengan bahan logam. Karena hingga bayi berusia 3 bulan masih belum mampu tengkurap, sehingga ia akan lebih sering berada dalam posisi telentang. 

Sehingga ketika kancing pada baju bayi berukuran terlalu besar hanya akan menyakiti tubuhnya. Maka lebih baik Anda pilihkan baju yang memiliki kancing pada bagian depannya saja karena mudah untuk dikancingkan, tidak akan melukai bayi serta tidak perlu melewati batas kepala bayi. Ini sangat berhubungan dengan kepala bayi yang memang masih sangat lemah.

Jangan pilihkan baju berkerah kaku serta tebal yang hanya akan menjadikan kulit leher bayi merasa gatal-gatal. Karena baju dengan model semacam ini jika dikenakan pada daerah udara tropis hanya akan menyebabkan bayi sangat mudah berkeringat secara berlebihan bahkan memicu biang keringat. 

Akan tetapi meskipun demikian, jenis ini sebenarnya boleh untuk Anda pakaian ketika cuaca sedang dingin. Sehingga tubuh bayi dapat terlindungi dari serangan hawa dingin.

Untuk yang terakhir jangan memilihkan baju bayi yang penuh dengan kerutan pada bagian dadanya. Karena jika bagian dada baju terlalu sempit atau rapat, maka kerutan tersebut akan lebih menekan bagian dada bayi. Kondisi semacam ini akan menjadikan bayi merasa sesak ketika bernapas. 

Pakaian dengan model kerut sah-sah saja untuk dikenakan bayi, akan tetapi jangan lupa memperhatikan apa kerutan yang ada terlalu sempit dan rapat pada bagian dada. Jika Anda sudah terlanjur jatuh cinta pada model baju tersebut, maka Anda dapat memilih model dengan kerut yang sedikit lebih longgar di bagian dada.