Saya mau ngasih tau sama kamu para pecinta sepak bola, drama korea, atau film-film box office terbaru. Mau ngasih tau juga sama kamu anak-anak kicik yang suka nonton acara kartun favorit dan film kartun terkini. Saya juga mau ngasih tau sama kamu anak-anak sekolah yang suka nonton film edukasi. Atau kalian yang suka nonton siaran langsung pertandingan sepak bola Piala Dunia pada saluran TV berbayar. Kalian nggak akan bisa menikmati siaran tersebut tanpa jasa dari antenna super besar yang ada di belakang kami ini. Antenna ini vital banget fungsinya buat transmisi sinyal satelit pada siaran TV berbayar. Namanya antenna Up Link.

Antena super besar berjenis parabola dengan diameter 13,5 meter ini berfungsi untuk mengirimkan sinyal televisi dari pusat layanan TV berbayar menuju satelit di luar angkasa, agar bisa dinikmati oleh para pelanggan nya, termasuk kamu gais. Jadi tanpa antenna ini, kamu nggak akan bisa nonton siaran langsung Liga Inggris atau Piala Dunia loh gais.

Saya kenal dengan antenna ini kemarin di acara Blogger Gathering Bersama MNC VISION, hari sabtu, tanggal 09 Juli 2018. Bersama puluhan Blogger lainnya, kami diberi kesempatan untuk mengenal bagaimana proses perjalanan sinyal televisi dari penyedia layanan hingga di sebarkan dan menjadi tontonan yang menarik di tengah keluarga.

Selain antenna Up Link, ada beberapa jenis antenna lainnya yang berperan penting menghadirkan siaran TV berkualitas yang kamu tonton dirumah gais, diantaranya antenna TVRO, antenna control, dan antenna receiver. Jadi, siaran TV berbayar yang biasanya kamu tonton sambil leyeh leyeh ngemut cendol dirumah ini adalah hasil kolaborasi kerja dari keempat antenna tersebut gais. Saya juga baru tahu pas acara kujungan kemarin ke kantor MNCVISION, setelah berbincang dengan mas Angky, salah satu petugas SOE nya MNCVISION (Satelit Operation Engineering).

Kenalan dengan perangkat antena bersama mas Angky dari MNC Vision

Jadi gini gais, Antena TVRO bertugas menangkap sinyal televisi dari provider (penyedia) saluran televisi di seluruh dunia yang dipancarkan via satelit. Satu antenna TVRO menangkap sinyal dari satu satelit, dimana dalam satu satelit ada puluhan atau lebih channel saluran TV. Di MNC VISION sendiri ada 17 antena TVRO. Artinya ada ratusan channel TV dari luar negeri yang dirikimkan oleh 17 satelit di luar angkasa sana, yang kemudian ditangkap oleh antenna TVRO. Channel-channel tersebut kemudian di proses oleh bagian produksi untuk ditambahkan aneka fitur, seperti fitur bilingual, dubbing (sulih suara), fitur efek suara dan aneka fitur lainnya, disesuaikan dengan paket layanan.

Siaran TV yang sudah diproduksi kemudian di kirim oleh antenna Up Link ke satelit MNC VISION. Dan itulah kenapa kalian yang berlangganan TV berbayar diharuskan memasang antenna penerima (antenna receiver), berupa piringan parabola berukuran kecil yang biasa dipasang di atas genteng atau tembok rumah kalian gais. Tujuannya supaya kalian bisa menangkap saluran-saluran TV dari satelit itu. Karena menggunakan komunikasi satelit yang rentan gangguan, maka diperlukan peralatan canggih dan tahan cuaca, supaya siaran TV tetap bisa dinikmati oleh para pelanggan.

Oleh karena itu, MNC VISION menggunakan teknologi pita frekuensi SBand sebagai jalur frekuensi kerja. Frekuensi S-Band dikenal bagus untuk transmisi sinyal komunikasi satelit. Selain cepat, frekuensi SBand juga Tahan Cuaca. Jadi tahu kan kenapa saluran TV ini berbayar? karena sudah melalui proses yang njelimet dengan biaya mahal seperti yang saya jelaskan diatas sampai mulut ini berbusa.