22 September 2018

Bertemu dengan Orang Orang Smart di Savasa Deltamas "Smart Living Home"

Bertemu dengan Orang Orang Smart Penggagas Savasa Deltamas

Buat gue, definisi SMART itu nggak sekedar nilai IQ diatas 200. Ketika kamu bisa membalikkan keadaan di sekitarmu dengan konsep dan ide brilianmu, itulah SMART. Meski saat itu banyak orang yang kontra persepsi sama kamu. Apalagi kamu sampai berhasil mewujudkan ide brilianmu itu ditengah nyinyiran banyak orang yang berfikir pesimistis. Orang yang kayak gitu tuh, yang pantes dibilang SMART. Itu menurut gue sih....

Ngomongin soal SMART, gue jadi inget sabtu kemarin, pas hadir di acara launching perumahan Savasa Deltamas di kawasan Cikarang. Gue merasa beruntung bisa bertemu dengan orang-orang SMART, yang dengan ide brilian nya, mereka berhasil merubah peradaban.

Yes, gue bilang mereka bisa merubah peradaban. Karena dengan sentuhan pemikiran dan ide kreatfnya, mereka telah berhasil membawa kehidupan masyarakat dari kehidupan biasa menjadi luar biasa.

Tahu kawasan BSD di wilayah Serpong? Dulu kawasan BSD merupakan lahan perkebunan karet, kelapa, dan lahan kosong berisi semak belukar. Tahu kan seperti apa suasana perkebunan karet itu? Jangankan lewat di malam hari, melintas di siang haripun terasa horror banget kayaknya.

Tapi… Coba deh lihat suasana BSD sekarang, sudah menjelma menjadi lokasi hunian yang nyaman dan berkelas, suasana tata kota dengan sentuhan modern membuat kawasan ini menjadi kiblatnya konsep smart city di Indonesia. Sekarang, melintas di kawasan BSD pada malam hari nggak se-horor jaman baheula, sudah seperti melintas di tengah kota. PT. Sinarmas Land telah berhasil merubah wajah BSD menjadi kawasan BSD yang sekarang kita kenal.

Kesimpulannya, dibalik perubahan yang terjadi di BSD, pasti ada buah pemikiran dari orang-orang yang SMART bukan?!

Setali tiga uang dengan cerita tentang BSD, kisah penemu socket listrik ini juga tak kalah menarik.
Dari ide membuat soket listrik, kemudian laku dipasaran, akhirnya memproduksi massal soket listrik, dan pabriknya berkembang menjadi perusahaan besar yang fokus memproduksi aneka produk home appliance seperti lampu, AC, mesin cuci, kulkas, microwave, setrika, rice cooker, blender dan lainnya. Perusahaan yang dimaksud adalah Panasonic, atau di Indonesia kita kenal dengan nama Panasonic Gobel Indonesia.

LALU...??! (*syahrini mode on :D

Nah, sabtu kemarin saya dan teman teman Blogger bertemu dengan para pemimpin dua perusahaan raksasa itu, PT. Sinarmas Land dan PT. Panasonic Gobel Indonesia, di acara Grand Launching Savasa Deltamas di Cikarang, Bekasi.


Dangdut banget nggak sih bajugue?  *gagal fokus :D

Buat gue yang pernah menjadi penduduk Cikarang (meski hanya beberapa tahun), gue ngerasain banget kondisi Cikarang puluhan tahun lalu. Kawasan Deltamas kondisinya mirip dengan BSD tempo doeloe. Lebih “parah” malahan. Daerahnya masih lahan persawahan dan perbukitan, sawahnya model sawah tadah hujan yang kalo kemarau itu tandus. 

Setelah sekian lama absen menginjak Cikarang, kemarin dibuat kagum geleng-geleng kepala. Kawasan yang dulu lahan sawah tadah hujan, sekarang sudah menjelma menjadi kawasan industri modern bernama Kota Deltamas. Disana sudah berdiri aneka pabrik modern bertaraf internasional seperti Honda, Suzuki, Wuling Motor, dll. Dibalik perubahan itu ada tangan dingin PT. Sinarmas Land yang menyulap kawasan tersebut menjadi kawasan kota industri. 

Tahun ini, Sinarmas Land menggandeng Panasonic Gobel Indonesia untuk bersama mengembangkan kawasan kota Deltamas menjadi kawasan hunian modern dengan konsep hunian ala Jepang, mereka sepakat menyebut project ini dengan nama Savasa Deltamas.

Savasa Deltamas adalah salah satu project mahakarya mereka. Konon, Desain yang diterapkan menggabungkan unsur lingkungan hijau, kehidupan modern, fitur SMART living, dan teknologi bangunan tahan gempa. 

Selain bentuk fisik bangunannya yang tahan gempa seperti rumah-rumah di Jepang, yang membuat gue tertarik adalah kondisi rumahnya bisa di monitor lewat smartphone, termasuk menyalakan dan mematikan TV, AC, dan air juga bisa di kontrol lewat smartphone. Sumpah, ini canggih banget loh geng!


Simulasi cara kontrol rumah via smartphone
Bisa dikontrol selagi ada akses internet

Desain rumah yang di rancang supaya bisa mengatur sirkulasi angin juga membuat gue terkagum. Sebab setahu gue, kondisi geografis di kawasan Savasa Deltamas itu kan memang tanahnya nggak rata, banyak perbukitan kecil, jadi mirip mirip lembah. Nah, karena itu jadi banyak angin. Rupanya pengembang ingin memanfaatkan kondisi alam ini. Dengan desain rumah yang "ramah angin" setidaknya sirkulasi udara didalam rumah itu nggak engap, sehingga penghuninya bisa menghemat penggunaan AC. Selain itu, semua unit rumahnya juga dilengkapi dengan sistem penyaring udara dan ventilasi PURETECH yang merupakan sebuah alat yang dapat menyaring 97% debu, kotoran dan partikel berbahaya yang masuk ke dalam rumah. Savasa Deltamas dirancang dengan sistem cross ventilation yang meningkatkan sirkulasi udara dan membuat rumah menjadi lebih sejuk dan sehat. ini SMART banget kaan??


Pintu Utama Unit Savasa Deltamas
Kotak hitam yang menempel di tembok itu adalah mini kamera sekaligus interkom,  yang bisa berkomunikasi dua arah. Jika ada tamu didepan rumah, penghuni rumah bisa melihat langsung tamu nya via smart phone (live view), dan bisa bercakap-cakap melalui alat ini. Jadi kalo kamu bertamu kesini,  jangan heran ya kalo pas lagi ngetok pintu,  alat ini bisa bersuara.  Artinya itu suara pemilik rumah yang ada didalam broh.. .!



Setiap unit Savasa Deltamas akan dilengkapi dengan alat kecil berwarna putih ini. Tadinya gue pikir ini bluetooth gais, ternyata ini adalah sensor motion, yang bisa mendeteksi gerakan manusia di ruangan. Sensor ini terhubung ke hub yang terintegrasi dengan sistem kelistrikan dan jaringan lainnya, sehingga jangan heran kalo pas di ruangan AC bisa menyala sendiri. Demikian juga lampu dan sistem kelistrikan lainnya.  Pokoknya penghuni rumah bener-bener dibikin manja dengan alat ini.

Bagaimana kalo yang di ruangan itu binatang seperti anjing dan kucing? apakah nanti AC nya akan nyala sendiri? . Gue sempet nanya ke mas mas marketingnya, ternyata sensor ini hanya akan mendeteksi gerakan dan suhu manusia saja, karena suhu tubuh manusia dan binatang itu beda. Jangan kawatir tagihan listrik tinggi karena AC nya terus menyala.


Kalo yang ini adalah central Hub untuk pengontrol seluruh isi rumah. Alat inilah yang menghubungkan perangkat rumah ke internet, sehingga si penghuni rumah bisa mengontrol kondisi rumah via smartphone dimanapun dia berada, asalkan tersambung dengan jaringan internet.

Seluruh unit rumah di Savasa Deltamas dilengkapi dengan securty tools yang gue foto diatas itu geng, yang mana alat-alat itu diproduksi khusus oleh Panasonic Home untuk project Savasa Deltamas.

Keunikan Savasa Deltamas lainnya adalah semua lampu jalanan yang ada di komplek Savasa menggunakan sumber energi matahari. Menurut gue konsep ini ngena banget, karena di kawasan Deltamas ini memang sepanjang siang itu sinar matahari nya terik banget. Selain memanfaatkan kondisi geografis, konsep ini juga sesuai dengan visi kawasan Deltamas, yaitu ramah lingkungan.

Kekaguman gue nggak sampai disitu geng!, kontur tanah yang kering, akan dibuat subur oleh pengembang. Karena mereka mendesain drainase penampung air hujan, supaya di kelola sedemikian rupa untuk kesuburan tanah, salah satu upayanya adalah dengan menerapkan kegiatan urban farming (konsep berkebun modern ala Jepang). Selain itu pengelolaan sistem drainase juga berfungsi untuk mencegah terjadinya banjir akibat kelebihan air saat curah hujan tinggi, mengingat kawasan Deltamas berkontur perbukitan yang banyak cekungan lembah sehingga rentan banjir. Ngggak lucu kan kalo tinggal di perumahan kesohor tapi masuk tivi karena kebanjiran?! :D :D

Masih banyak kejutan inovasi lainnya yang menjadikan Savasa Deltamas ini "berbeda" dan konsepnya lebih SMART dari perumahan kebanyakan di Indonesia. Lebih lengkapnya kamu bisa lihat mini video ini gais.



Menurut mbak mbak marketingnya, pengembangan Savasa Deltamas rencananya akan dibagi dalam 3 tahap, dimana pengembangan tahap pertama akan dilakukan di area seluas 13 hektar.

Pengembangan tahap pertama  terdiri dari 811 rumah dan 33 ruko yang akan terbagi ke dalam 4 klaster, yaitu Asa, Niwa, Hana, dan Yuta. Gue yakin sih ini bakal cepet ludes, sebab di lokasi pembangunan kawasan Savasa Deltamas dekat dengan kawasan industri, banyak pekerja yang butuh hunian. Buat kamu yang kepengen punya hunian canggih kayak di Savasa ini, mendingan mulai book dari sekarang. Minimal liat liat dulu lah nyobain unitnya di kantor Marketing Galery nya Savasa Deltamas.

Nah, kemarin pas kesana, gue dan teman-teman blogger juga sempat "icip-icip" ngerasain produk Savasa melalui show unit nya di dekat acara launching. Kayak apa sih?? nih gue share beberapa foto nya.

Ini Penampakan halaman rumah

Udah pantes belum gue jadi penghuni Savasa Deltamas?
(minta ditimpuk wkwkwk)

Kalo dari penampakan depan nya sih lumayan kece, selain sudah lengkap dengan carport, desain depan rumah dibuat terbuka dengan view depan mirip bangunan rumah millenials.


Ini penampakan ruang tamu sekaligus ruang keluarga
Salah satu ciri rumah millenials itu adalah memiliki ruangan yang multifungsi, seperti di ruangan ini yang didesain sebagai ruang tamu sekaligus ruang keluarga. Keakraban si penghuni rumah dengan tamu dan keluarga nya akan tercipta di ruangan ini.

Untuk bisa masuk ke rumah ini,  kamu harus nempelin kartu,  yang berfungsi seperti kunci rumah.

Ruang tidur anak (single bed)

Ruang tidur utama
Pada tahap awal ini, Savasa Detamas hanya mengeluarkan dua type, yaitu Type A dan Type B . Seluruh type memiliki kamar tidur di lantai dua. Gue suka banget dengan desain seperti ini, karna gua paling males naik turun tangga. Dengan model kayak gini, gue naik turun tangga kalo mau tidur aja, yekan?!

Interior ruang keluarga

Interior dapur

Penampakan belakang rumah
Sesuai denga konsepnya, desain belakang bangunan rumah dibuat terbuka yang bisa berfungsi sebagai paru-paru nya rumah. Pas lihat disana sih, luasan lahan ini cukup lah untuk menjadi tempat santai yang nyaman, dengan view taman atau dibuat kolam.

Itu beberapa point yang gue dapet dari hasil visit unit Savasa Deltamas di Cikarang sabtu kemarin. Kalo kamu pengen tau lebih banyak lagi, bisa langsung visit kesana gais. atau liat liat aja kanal sosial medianya Savasa Deltamas.

Savasa Deltamas, Smart Lifestyle





4 komentar:

  1. Waaahh ada teknologi tahan gempa.. teknologi baru nih yaa..

    BalasHapus
  2. Rumah idaman banget nih buat saya, fasilitas yang ditawarkan bener-bener keren dan canggih

    BalasHapus
  3. Hi!!! Ibu Nurul, terima kasih sudah menyempatkan waktu dan space blog nya untuk SAVASA, dan terima kasih juga telah menyempatkan waktu untuk menghadiri Acara Opening Ceremony SAVASA Marketing Gallery dan Show Unit kami di Kota Deltamas pada tanggal 15 September 2018 yang lalu. Jika Smart People ingin tahu lebih lanjut tentang SAVASA, silahkan menghubungi Marketing Gallery kami di nomor 021-899-15888 (Greenland Square Blok BA No.1, Kota Deltamas, Cikarang Pusat, Kab.Bekasi) atau lsg ke Sales Supervisor kami, sdr.Andry Heryandi di HP 0813-1842483

    BalasHapus
  4. fotonya knp harus selimutan gitu ya, emg gak panas? hahaha

    BalasHapus

Tinggalkan jejak anda dengan mengisi komentar dibawah ini, supaya saya tahu anda pernah mampir ke sini, lain waktu saya yang akan berkunjung balik. Matur suwun....