16 Juli 2018

#CeritadiMNCVISION - Mengenal Aneka Teknologi Layanan MNC Vision

Cerita di MNC Vision Bukan Yang Lain

Saya mau ngasih tau sama kamu para pecinta sepak bola, drama korea, atau film-film box office terbaru. Mau ngasih tau juga sama kamu anak-anak kicik yang suka nonton acara kartun favorit dan film kartun terkini. Saya juga mau ngasih tau sama kamu anak-anak sekolah yang suka nonton film edukasi. Atau kalian yang suka nonton siaran langsung pertandingan sepak bola Piala Dunia pada saluran TV berbayar. Kalian nggak akan bisa menikmati siaran tersebut tanpa jasa dari antenna super besar yang ada di belakang kami ini. Antenna ini vital banget fungsinya buat transmisi sinyal satelit pada siaran TV berbayar. Namanya antenna Up Link. 

Antena super besar berjenis parabola dengan diameter 13,5 meter ini berfungsi untuk mengirimkan sinyal televisi dari pusat layanan TV berbayar menuju satelit di luar angkasa, agar bisa dinikmati oleh para pelanggan nya, termasuk kamu gais. Jadi tanpa antenna ini, kamu nggak akan bisa nonton siaran langsung Liga Inggris atau Piala Dunia loh gais.

Saya kenal dengan antenna ini kemarin di acara Blogger Gathering Bersama MNC VISION, hari sabtu, tanggal 09 Juli 2018. Bersama puluhan Blogger lainnya, kami diberi kesempatan untuk mengenal bagaimana proses perjalanan sinyal televisi dari penyedia layanan hingga di sebarkan dan menjadi tontonan yang menarik di tengah keluarga.

Selain antenna Up Link, ada beberapa jenis antenna lainnya yang berperan penting menghadirkan siaran TV berkualitas yang kamu tonton dirumah gais, diantaranya antenna TVRO, antenna control, dan antenna receiver. Jadi, siaran TV berbayar yang biasanya kamu tonton sambil leyeh leyeh ngemut cendol dirumah ini adalah hasil kolaborasi kerja dari keempat antenna tersebut gais. Saya juga baru tahu pas acara kujungan kemarin ke kantor MNCVISION, setelah berbincang dengan mas Angky, salah satu petugas SOE nya MNCVISION (Satelit Operation Engineering).

Kenalan dengan perangkat antena bersama mas Angky dari MNC Vision

Jadi gini gais, Antena TVRO bertugas menangkap sinyal televisi dari provider (penyedia) saluran televisi di seluruh dunia yang dipancarkan via satelit. Satu antenna TVRO menangkap sinyal dari satu satelit, dimana dalam satu satelit ada puluhan atau lebih channel saluran TV. Di MNC VISION sendiri ada 17 antena TVRO. Artinya ada ratusan channel TV dari luar negeri yang dirikimkan oleh 17 satelit di luar angkasa sana, yang kemudian ditangkap oleh antenna TVRO. Channel-channel tersebut kemudian di proses oleh bagian produksi untuk ditambahkan aneka fitur, seperti fitur bilingual, dubbing (sulih suara), fitur efek suara dan aneka fitur lainnya, disesuaikan dengan paket layanan.

Siaran TV yang sudah diproduksi kemudian di kirim oleh antenna Up Link ke satelit MNC VISION. Dan itulah kenapa kalian yang berlangganan TV berbayar diharuskan memasang antenna penerima (antenna receiver), berupa piringan parabola berukuran kecil yang biasa dipasang di atas genteng atau tembok rumah kalian gais. Tujuannya supaya kalian bisa menangkap saluran-saluran TV dari satelit itu. Karena menggunakan komunikasi satelit yang rentan gangguan, maka diperlukan peralatan canggih dan tahan cuaca, supaya siaran TV tetap bisa dinikmati oleh para pelanggan. 

Oleh karena itu, MNC VISION menggunakan teknologi pita frekuensi SBand sebagai jalur frekuensi kerja. Frekuensi S-Band dikenal bagus untuk transmisi sinyal komunikasi satelit. Selain cepat, frekuensi SBand juga Tahan Cuaca. Jadi tahu kan kenapa saluran TV ini berbayar? karena sudah melalui proses yang njelimet dengan biaya mahal seperti yang saya jelaskan diatas  sampai mulut ini berbusa.

di belakang saya adalah Antena TVRO

Antena Receiver, yang dipasang di rumah pelanggan MNC Vision

Antena Control, untuk mengontrol posisi satelit

Oiya, MNC VISION adalah salah satu anak perusahaan MNC Group, yang merupakan pelopor dalam industri TV berlangganan di Indonesia sejak tahun 1994. Kalo kalian anak 90 an pasti kenal dengan INDOVISION kan?. Nah, Indovision pernah ganti nama menjadi Okevision dan Top TV. Terakhir, namanya menjadi MNC VISION yang dikenal hingga sekarang ini dengan tagline "MNC VISION Bukan Yang Lain". Untuk lebih jelasnya silakan aja buka website nya www.mncvision.id .

Kantor MNC VISION TOWER - Kedoya, Jakarta

MNC VISION merupakan operator terbesar DTH (Direct to Home) televisi berbayar di Indonesia dengan penetrasi pangsa pasar mencapai 70% (baik pelanggan satelit maupun kabel). MNC VISION menggunakan satelit berfrekuensi SBand yang Tahan Cuaca, yang cocok diterapkan di negara tropis seperti Indonesia. 

Beberapa layanan unggulan MNC VISION antara lain Multi Decoder yang memungkinkan satu pelanggan bisa memiliki decoder tambahan dalam satu alamat, Kualitas High Definition pada system video, dan layanan MNC VISION Plus yang dapat diakses melalui aplikasi MNC NOW via Mobile.

Selain mengunjungi Ground Station MNC VISION, saya dan teman-teman Blogger juga dikenalkan dengan aneka produk dan  layanan MNC VISION sebagai penyelenggara layanan TV berbayar nomor satu di Indonesia. MNC VISION Bukan Yang Lain.

Berkunjung ke Layanan Informasi Pelanggan (Customer Service)

Ruangan Customer Care MNC VISION

Di belakang saya adalah display aneka saluran TV yang dikelola oleh MNC VISION. Lokasinya berada di ruangan Customer Service gedung MNC VISION Tower lantai 7. Disini, petugas Customer Service bekerja menjawab kebutuhan para pelanggan MNC VISION melalui saluran telephone. Jadi buat kalian yang pernah nelpon ke nomor 1500 900 untuk sekedar tanya-tanya tentang layanan MNC VISION, atau sekedar curhat tentang kualitas layanan, mbak-mbak dan mas mas di ruangan inilah yang menjawab telepon kalian.

Mbak nya sedang menjawab keluhan pelanggan MNC VISION
Dalam sehari, setidaknya ada 6500 telepon yang masuk ke sini. Kebayang kan seberapa hectic kerja orang-orang di ruangan ini. Keberadaan Customer Service sangat penting bagi perusahaan, semua keluhan pelanggan harus bisa diberikan solusi demi menjaga kepuasan pelanggan. Oleh sebab itu, perusahaan menyediakan tim CS sebanyak 110 orang yang bekerja secara shift selama 24 jam. Customer Service siap menjawab keluhan para pelanggan MNC VISION di seluruh Indonesia.
Oiya, selain di ruangan ini, kantor Customer Service juga ada di samping Lobby MNC VISION TOWER, pas di samping pintu masuk gedung, yang diperuntukkan bagi para pelanggan corporate dan pelanggan perorangan yang datang langsung ke kantor MNC VISION.

Studio Mini MNC VISION

Studio Mini MNC VISION
Lokasi selanjutnya yang nggak kalah menarik adalah studio mini. Studio ini  biasanya digunakan untuk acara LIVE, semisal pertandingan sepak bola Liga tertentu, yang hanya bisa diakses dari TV berlangganan. Bagi pelanggan corporate, studio mini ini bisa difungsikan untuk agenda meeting virtual dengan kantor cabang, atau rapat penting lainnya. Tak jarang para pelanggan corporate juga memanfaatkan studio mini MNC VISION untuk menyebarkan berita penting perusahaan secara live di channel lokal perusahaan.

#CeritadiMNCVISION

Disini Studio Mini MNC VISION, saya dan teman-teman Blogger mencoba aneka property yang ada, dari mulai kamera, meja redaksi, hingga ruangan mixing, dengan ditemani oleh salah seorang pemandu yang menjelaskan teknis kerja peralatan studio.

Berkenalan dengan Sistem Teknologi DOLBY

Saat menonton film di bioskop, sensasinya tentu beda dong dengan menonton film dirumah, meski film yang di tonton sama. Biasanya di bioskop itu efek suara dalam film nya akan berasa dibanding menonton film dirumah. Hal ini dikarenakan film di bioskop sudah dilengkapi dengan teknologi DOLBY.

Beberapa saluran pilihan MNC VISION memungkinkan pelanggan untuk mengenali seluruh dialog, dentuman suara, atau detail momen dengan sangat jelas saat menonton TV dengan teknologi DOLBY. 

DOLBY AUDIO juga memiliki keunggulan lainnya, seperti surround sound, automatic volume control, dan kemampuan untuk mendapatkan kualitas audio terbaik, sehingga memberikan sensasi menonton terasa lebih realistis layaknya menonton film di bioskop.


Untuk mengetes layanan DOLBY, kami masuk ke ruangan khusus seperti bioskop mini. Disana ditayangkan aneka film dengan sentuhan teknologi DOLBY. Keunikan dari teknologi ini adalah, output suara bisa di split dan disebarkan oleh aneka speaker yang mempunyai tugas khusus yang berkerja secara bersama dan menghasilkan suara yang bisa menciptakan sensasi tersendiri.



Mengenal Teknologi DOLBY



Selain simulasi teknologi DOLBY dalam layanan MNC VISION, di akhir kunjungan kami diberi waktu husus untuk mengenal lebih jauh tentang teknologi DOLBY. Nggak tanggung-tanggung, narasumbernya adalah seorang professional Sound Designer yang mendapat sertifikasi dari perusahaan DOLBY Internasional. Adalah mas Kimawan, satu-satunya Sound Designer perwakilan DOLBY di Indonesia. MNC VISION bekerjasama dengan studio DOLBY milik mas Kimawan untuk menghasilkan konten konten berkualitas yang bisa dinikmati oleh para pelanggannya.

Program dan Fitur Uggulan MNC VISION

Pada dasarnya, MNC VISION membagi segmentasi produknya menjadi 4 paket, yaitu paket Venus, Galaxy, Super Galaxy, dan Paket Gold. Setiap paket memiliki program dan fitur sesuai dengan harga nya. Paket layanan bisa diambil oleh para pelanggan sesuai dengan budget bulanan.

Dalam acara Blogger Gathering Bersama MNC VISION, Perwakilan dari manajemen MNC VISION juga mengenalkan aneka program dan fitur unggulan dari MNC Vision. Selain berbagai fasilitas yang menunjang kualitas tayangan, MNC VISION juga kian memaksimalkan berbagai fitur yang dimilikinya, seperti teknologi frekuensi SBand yang Tahan Cuaca, Parental Lock, Electronic Program Guide, Multi Decoder, dan High Definition (HD).

Perwakilan managemen MNC Vision

Selain mengenalkan teknologi DOLBY, MNC VISION juga meluncurkaan aneka program dan inovasi fitur terbaru, antara lain :
  • Program “Nonton Premier League langsung dari Inggris – Program ini adalah program kerjasama dengan DOLBY, HBQ, dan belN Sports yang berlangsung dari tanggal 7 Mei hingga 31 Juli 2018. Pelanggan MNC VISION yang mengikuti program ini berkesempatan mendapatkan hadiah utama, yaitu menonton langsung Liga Premier Inggris dan hadiah tambahan lainnya. Cara mengikuti program ini sangat mudah, pelanggan cukup melakukan upgrade layanan basic nya, atau menambah layanan HD dan melakukan pembayaran secara advance payment. 
  • Fitur MNC VISION Plus -  adalah fitur langganan yang bisa diakses melalui aplikasi MNC NOW, aplikasi mobile streaming TV dan Video on Demand (VOD) berbasis Over The Top (OTT). Fitur ini memudahkan para pelanggan untuk menikmati tayangan favorit melalui perangkat mobile, dimanapun dan kapanpun selama terkoneksi dengan jaringan internet.
  • Fitur High Definition – Memungkinkan para pelanggan menikmati tayangan dengan kualitas gambar yang super tajam. Terdapat 20 saluran HD yang di release oleh MNC VISION, salah satunya channel RCTI.
  • Program Super Bundle – Program ini merupakan program yang sedang booming dan banyak di idamkan oleh masyarakat, yaitu paket bundling TV berlangganan plus paket internet. Untuk mensukseskan program ini, MNC VISION bekerjasama dengan Indosat Ooredoo berkapasitas 20GB dan XL Axiata dengan kapasitas 80GB.
  • Program MNC VISION Priority – Program ini dikhususkan bagi pelanggan loyal MNC VISION. Mereka akan diberikan gift berupa kesempatan untuk megikuti aneka kegiatan menarik seperti movie screening, privilege,  loyalty, serta mendapatkan berbagai promo menarik lainnya.

Acara Blogger Gathering Bersama MNC VISION diakhiri dengan pembagian doorprize, pengumuman pemenang IG dan Twitter Competition, serta makan siang bersama.

Hampir seharian berkeliling mengenal system layanan MNC VISION di MNC VISION TOWER membuat saya dan teman-teman Blogger merasa mendapatkan pencerahan dan edukasi, betapa untuk menghasilkan layanan yang berkualitas kepada para pelanggannya, sebuah perusahaan di memerlukan kerja keras dan inovasi dari berbagai layanannya, serta tetap menjaga kualaitas pelayanan. MNC VISION telah melakukan langkah tersebut demi menghadirkan program dan layanan berkualitas untuk dikonsumsi oleh keluarga Indonesia. MNC Vision Bukan Yang Lain!

MNC VISION. Bukan Yang Lain

Terimakasih kepada MNC VISION yang telah memberikan kesempata kepada kami, sehingga saya bisa menuliskan pengalaman #CeritadiMNCVISION ini dan dibagikan kepada semua orang. Semoga dilain kesempatan saya dan teman-teman Blogger bisa berkunjung kembali mengenal lebih dekat MNC VISION.

5 komentar:

  1. Wah seru banget acaranya ya ki.. Dan kita jadi tau sensasi bedanya nonton dgn perangkat yang sudah dolby sistem dgn yg biasa

    BalasHapus
  2. Kesempatan luar biasa ya #ceritadimncvision yang menguatkan brandingnya dengan dolby audio. Great!

    BalasHapus
  3. Asik ya Ki touringnya. Banyak ilmu juga yg didapat selama touring

    BalasHapus
  4. for a long time I want to go on an excursion to the research center, I am sure that I will be very impressed by the size of these antennas

    BalasHapus
  5. The scale of this antenna allows the customers to obtain the strong stable signals sufficient for a normal display. The adding of various functions is also an advantage here.

    BalasHapus

Tinggalkan jejak anda dengan mengisi komentar dibawah ini, supaya saya tahu anda pernah mampir ke sini, lain waktu saya yang akan berkunjung balik. Matur suwun....