02 Juni 2018

Aneka Menu Bakso Anti Mainstream dari Bakso Bonanza



Coking Class Aneka Resep Menu Bakso anti Mainstream

Bakso merupakan makanan khas tradisi Indonesia dan sudah menjadi salah satu budaya kuliner nusantara. Bahkan presiden Obama yang masa kanak-kanak nya tinggal di Indonesia pun, ketika berkunjung ke Indonesia beberapa tahun silam, yang diingat salah satunya adalah Bakso. Wajar memang, karena kuliner ini tidak mengenal segmen usia, dari anak-anak hingga orangtua, tidak ada pantangan dengan bakso. Mungkin Obama waktu masih kecil punya kenangan dengan kuliner khas ini.

Tiap kali mendengar kata bakso, bayanganku (dan mungkin kamu juga kali) adalah makanan berkuah dengan rasa gurih lengkap dengan campuran aneka rempah dan sambal kecap. Tapi rupanya bakso sekarang sudah menjadi bahan kuliner yang anti mainstream, tidak melulu tampil dengan kuah saja, melainkan bisa dimasak menjadi aneka ragam masakan. Seperti yang saya saksikan di acara Cooking Class komunitas Mom Bloggers yang bertempat di Farmers Market Summarecon Mall Serpong tanggal 30 Mei kemarin.

Cooking Class bersama Komunitas MomBloggers
di Summarecon Mall Serpong

Karena penasaran, saya pun nyempil diantara kerumunan komunitas blogger yang didominasi oleh ibu rumah tangga, menyaksikan Chef Gaby Darmadji mengolah aneka masakan berbahan dasar Bakso. Chef Gaby sengaja demo membuat aneka masakan rumahan berbahan bakso, karena mudah dipraktikkan oleh ibu-ibu dirumah. 

Untuk bahan Bakso nya, Chef Gaby menggunakan bahan utama Bakso Bonanza. Produk olahan frozen food dalam bentuk bakso yang dikenal berkualitas premium. Bakso Bonanza mengandung 84% daging sapi tanpa menggunakan bahan pengawet. Dengan kemasan berwarna putih keemasan, Bakso Bonanza terlihat premium. Produk Bakso Bonanza bisa didapat di beberapa supermarket ternama, salah satunya Farmers Market.

Resep yang diajarkan oleh Chef Gaby buat saya tergolong unik, karena bakso yang biasa saya kenal berkuah, kali ini disajikan lain. Ada 3 menu yang dikenalkan oleh Chef Gaby, antara lain Bakso Kuah ala RumahBakso Bakar Yakitori ala Jepang, dan Bakso Goreng Crispy. 



Oiya, karena saya juga pengen bikin dirumah, jadilah saya catat resep yang dipraktikkan oleh Chef Gaby. Sengaja saya share disini. Siapa tahu bermanfaat. Buat kamu yang mau nyobain praktik dirumah, ini dia resep lengkapnya.


Menu Bakso Kuah Spesial ala Rumahan

Bakso Kuah ala Rumahan

Chef Gaby menyarankan untuk membuat kuah menggunakan bumbu segar yang ada di rumah, tidak perlu bumbu instan, karena sebetulnya membuat bumbu kuah bakso daging sapi itu sangatlah mudah, karena baksonya memang sudah enak dan berkualitas, menggunakan Bakso Bonanza.

Bahan dan bumbunya antara lain :  500gr tulang sapi, 3 liter air, 6 buah    kemiri, 8 siung bawang putih, 3 lembar daun bawang (putihnya saja), 8 siung bawang merah (dimasak sampai caramelize) dan 1 pack Bakso Bonanza kemasan 500 gram.

Chef Gaby sedang menumis kuah Bakso


Untuk membuatnya, ini caranya : 
  • Panaskan air sampai mendidih, rebus tulang sapi selama 2-3 menit. Angkat dan cuci.
  • Masukan 3L air dan tulang sapi. Rebus sampai air panas.
  • Giling kemiri, bawang putih dan daun bawang. Tumis selama 3-4 menit atau sampai wangi.
  • Campurkan ke kuah dan diamkan sambil direbus.
  • Masukan bawang merah yang sudah di masak kedalam air rebusan.
  • Godok selama 20 menit dan masukan bakso 10 menit sebelum disajikan.
  • Garamkan kuah bakso secukupnya. 

Menu Bakso Bakar Yakitori ala Jepang

Bakso Bakar Yakitori

Sebelum membakar bakso, terlebih dahulu membuat Teriyaki Sauce untuk di borehin ke bakso saat dibakar nanti. Untuk membuatnya, ini bahan yang diperluakan 1/2 cup kecap asin kikkoman, 1/2 cup air, 3 sdm  gula, 1 buah daun bawang diiris, jahe diparut secuupnya, 1/4 buah bawang bombay diiris, 4 buah bawang putih dicincang, 1/2 sdm minyak goreng, dan 4 lembar daun jeruk.

Bahan dan Bumbu untuk Yakitori Sauce

Jangan lupa siapkan 1 pack Bakso Bonanza dan 
sayuran-sayuran kesukaan sesuai selera untuk penghias.

Cara membuatnya :
  • Tumis bawang bombay, daun bawang, daun jeruk selama 3 menit.
  • Masukan bawang putih dan tumis selama 1-2 menit atau sampai harum.
  • Masukan kecap asin kikkoman, air, gula, jahe. Tambahkan gula bila kurang manis.
  • Masak selama 6 menit sampai mengental.
  • Kreasikan sate bakso BONANZA sesukamu, dan bakar sambil dilumuri saos teriyaki.

  
Bakso Goreng Crispy

Bakso Goreng Krispi

Menu yang satu ini sangat pas untuk hidangan saat berbuka puasa, atau bisa disajikan sebagai camilan tamu di rumah, cara membuatnya juga sangat mudah, dan dijamin digemari oleh siapa saja.

Adonan #1:
1 buah            telur
1/2 cup           tepung beras
1/2 cup           tepung terigu
2 sdm             tepung kentang
2 sdt               baking soda
3/4 cup           air dingin
secukupnya    gula, garam, lada

Adonan #2:
1/2 cup           tepung beras
1/2 cup           tepung terigu
secukupnya    gula, garam, lada

1 pack             bakso BONANZA
secukupnya     minyak untuk goreng



Cara membuatnya :
  • Campurkan adonan #1 sampai rata.
  • Masukan bakso BONANZA kedalam adonan #1.
  • Masukan bakso kedalam adonan #2.
  • Kembalikan bakso kedalam adonan #1 dan goreng selama 4 menit atau sampai coklat keemasan.
  • Sajikan dengan saos kesukaanmu.

Wah sambil ngabuburit, dan melihat makanan-makanan tersebut langsung bikin laper! Selain rasanya yang enak, mengenyangkan, dan sehat, ternyata Bakso bisa dikreasikan menjadi banyak menu.


 

Bakso Bonanza menjadi bakso berkelas, karena daging sapi nya berasal dari peternakan sendiri yang berlokasi di Terbanggi Besar, Lampung. Daging sapi yang digunakan dalam Bonanza Beef Bakso ini berasal dari peternakan sapi yang dirawat dengan menerapkan sistem ‘good farming practice’, yang menjamin kesejahteraan hewan, keamanan pangan, dan diproses secara halal dan ‘good manufacturing practice’. Konon katanya sapi disana makannya nanas muda, sehingga daging yang dihasilkan empuk dan lunak. Proses pemotongan juga diawasi dan dipastikan sesuai dengan syariat Islam, sehingga Bakso ini terjaga ke Halal an nya.


  
Selain di Farmers Market, Bakso Bonanza Beef (Daging Sapi) juga bisa didapatkan di Supermarket seperti Ranch Market, Papaya, Grand Lucky dan beberapa supermarket lainnya. Karena bakso ini Frozen tanpa pengawet dan bukan Chilled, maka dapat bakso Bonanza bisa ditemukan di bagian Frozen Food atau bisa ditanyakan langsung kepada petugas supermarket.

Untuk Informasi lebih lanjut bisa cek langsung ke sini deh :

www.bonanza-beef.co.id
Instagram @bonanzabeef.id
fb.me/bonanzabeef.id

20 komentar:

  1. Selalu suka menu baso divariasikan apapun, direbus saja sudah enak, apalagi dibuat yakitori, nikmatnya.

    BalasHapus
  2. Bakso bonanza ini enak bgt, anak2 minta terus tiap hari. Ini juga udah mau abis jadinya. Sempet bikin yg bakso goreng crispy enak bgt,cocok buat cemilan pas buka puasa

    BalasHapus
  3. Sebagai pecinta bakso wajib coba nih. Thanks infonya kakak bro

    BalasHapus
  4. Jadi dapat dua ilmu ya... ilmu mengolah makanan dengan lebih nyami sama jadi tahu kalau ternyata ada bakso yang wajib dicoba..

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah, saya baca artikelnya ini pas udah buka puasa.. Kalau nggak yah pasti laper lihat bakso nya nendang gitu. Ini mah nambah bisa banget.

    BalasHapus
  6. Bakso kuliner yang tidak ada matinya. Gak menanti musim semua suka bakso. Sedihnya suka ada penjual bakso yang curang. Kalau ada bakso yang terjamin gini konsumen aman ya.

    BalasHapus
  7. Hiyaaa, jadi pengen baksoooo deh jadinya :D

    BalasHapus
  8. Dari kemarin saya pengen makan bakso, eeeh baca artikel ini jadi makin mupeng pengen bakso, kapan-kapan pengen cobain Bakso Bonanza ini juga akh :)

    BalasHapus
  9. Resepnya simpel dan gampang ya Pak. Jadi pengen coba bikin sendiri. Yang saya baru tahu tu bakso goreng krispi. Penasaran jadi pengen nyoba...

    BalasHapus
  10. Ya ampuuuun, itu baso bakar sama bakso goreng tepungnya bikin ngiler. Huhu, sebagai fans bakso garis keras aku sedih, belom bisa nyicip Bakso Bonanza. Di supermarket deket rumah belom ada. :D

    BalasHapus
  11. Bakso memang makanan sejuta umat dan semua orang pun tak peduli besar kecil tua muda menyukainya dengan adanya bakso ini lebih praktis dan harus tersedia di rumah untuk berjaga-jaga ketika menginginkan bakso dengan segera

    BalasHapus
  12. Aku pernah nyoba yang dibakar, digoreng dan berkuah, semuanya suka. Kualitas memang nggak bisa dibohongi, terbukti rasanya enak. Menunya boleh niy dipraktekin dirumah.

    BalasHapus
  13. Lha ki Demang nyempil di antara emak2? xixixi
    Eh, tapi emang baksonya enak siiihhh... pernah nyobain, pengen beli lagi, sayang di Bogor msh jarang, ntr deh kalau ke Jkt mampir supermarket beli :D

    BalasHapus
  14. sebagai pecinta bakso garis keras saya jadi mupeng dan pengen banget nyobain bakso ini, enak sekali nampaknya, huhuhuh mudah - mudahan segera didistribusikan ke Bandung yah

    BalasHapus
  15. Bakso memang makanan favorit banyak orang ya, sekarang banyak pilihan bakso sehat

    BalasHapus
  16. Bakso bonanza bikin nagihhh,,enak banget rasanya.

    BalasHapus
  17. Wahh...resepnya di share juga, makasih ya Ki..kalo rasa bakso Bonanza aku udah nyoba, jaminan enak deh..

    BalasHapus
  18. Pengen nyobain yang resep kemaren. Cuma ga sempet2 untungnya bakso bonanz gampang bikinnya ya kang jadi direbus bentar aja jadi

    BalasHapus
  19. Lihat bakso olahannya jadi mupeng nih. Saya jg udah nyobain, rasanya enabange

    BalasHapus
  20. Setelah saya sampai di rumah, istri membuat menu dari bakso, namanya sambal bola bakso saus tiram. Baksonya enak banget krn menggunakan bakso Bonanza

    BalasHapus

Tinggalkan jejak anda dengan mengisi komentar dibawah ini, supaya saya tahu anda pernah mampir ke sini, lain waktu saya yang akan berkunjung balik. Matur suwun....