02 Mei 2018

Tips SEO Blogging dari Lalalaway.com

Workshop SEO bersama Lalalaway.com


Siapa sih yang nggak seneng kalo tulisan di blog bisa nangkring di halaman pertama pencarian Google? Selain bangga karena bisa narsis, dengan nangkring di halaman pertama pencarian google, tulisan kita juga memiliki peluang untuk di baca oleh pengunjung, sehingga berpotensi menaikkan traffic di blog. Tahun sendiri kan kalo traffic blog sudah bagus, otomatis rating blog kita akan naik. Dan, lalu, kemudian bukan nggak mungkin kalo blog bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah. Endingnya asik neh…! He he he

Untuk bisa tampil di halaman pertama pencarian google tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, butuh effort dan ilmu tentang SEO (Search Engine Optimation). Ilmu SEO menjadi ilmu wajib yang harus dimiliki oleh seorang Blogger jika ingin kualitas blognya tetap terjaga.

Nah dalam rangka upgrade ilmu mengenai SEO, minggu lalu saya dan teman-teman blogger diajak oleh Lalalaway.com untuk belajar bersama tentang SEO. Bertempat di kantor Lalalaway.com, Jl. Majapahit di kawasan Harmoni, Jakarta, saya dan puluhan Blogger lainnya sangat antusias untuk membahas SEO. Kebetulan pematerinya juga seorang yang professional di bidangnya.

Workshop SEO bersama Lalalaway.com

Salah satu kunci dari SEO adalah pegaturan konten blog. Nah, disini saya mencatat beberapa trik yang membuat sebuah konten menjadi ramah SEO. Bagaimana sih struktur konten yang bagus dan ramah SEO?. Berikut ini catatan kecil saya selama mengikuti workshop ini.

# Pada struktur penulisan, sebaiknya keyword atau kata kunci berada di headling atau sub headling, dan distribusi kata kunci bisa merata di semua paragraph tulisan.

# Semakin banyak jumlah kata dalam satu tulisan akan semakin baik. Minimal 500 kata, dengan kombinasi 3 hingga 4 gambar pada setiap postingan blog.

# Untuk distribusi kata kunci sebaiknya disebar ke seluruh bagian tulisan, baik di judul, sub judul, paragraph awal, dan paragraph akhir.

# Kata kunci harus proporsional, idealnya 2% sampai 4% dari total artikel. Untuk mengeceknya, bisa menggunakan wordcounter.net atau Yoast SEO.

# Meta Title atau judul artikel sebaiknya maksimal 50 sampai 60 karakter, dan Meta Description atau sebutan mudahnya isi per paragraph di kisaran 200 karakter.

# Link Do Follow vs link No Follow
Nah, selanjutnya adalah tentang pertanyaan seberapa banyak sih sebuah blogpost artikel itu mengandung link, baik link eksternal dan eksternal?, sebelumnya kita kenalan dulu yah, ada dua macam link yang dikenal, yaitu do follow dan no follow. Pengertian simpelnya, membuat link do follow artinya kita ngasih tahu ke google supaya robot google mengikuti link tersebut ke website yang dituju, sedangkan dengan membuat link no follow, kita ngasih tahu ke google bahwa link tersebut tidak perlu di ikuti mesin sampai ke website tujuan. Lalu mana yang lebih ramah SEO? yang jelas link no follow yang lebih ramah. Meskipun lebih ramah, dalam satu artikel sebaiknya terdapat 2 sampai 3 link no follow saja. Karena jika terlalu banyak, mesin google justru akan curiga kalau artikel kita artikel non organic. Bagaimana jika blog kita terlanjur banyak link do follow karena banyak tulisan berbayar? Untuk penyeimbangnya, bisa dibuat posting artikel yang mengandung link no follow, supaya performa blog tetap terjaga.

# Tips terakir adalah gunakan gambar atau foto original dan karya sendiri untuk setiap foto yang diunggah ke artikel, jangan lupa beri judul dan caption foto yang mengandung kata kunci, sehingga mesin google akan menangkap senagai kata kunci. Oiya, sebelum post artikel, kamu juga perlu loh untuk setting permalink blog kamu, supaya link URL artikelnya akan tersusun dengan rapih dna mudah ditelusuri oleh si embah goggle.

Workshop Bersama Lalalaway.com

Buat kamu yang kepengen ikutan workshop tentang SEO kayak saya, nantikan jadwal workshop berikutnya yah, sebab rencananya Lalalaway.com mau mengadakan workshop ini secara kontinu. Pastinya bermanfaat banget sih buat upgrade skill ilmu SEO kamu, biar blog kamu tambah moncer dan menghasilkan pundi-pundi rupiah J .


Untuk informasi workshop selanjutnya, pantengin aja blog kidemang.web.id, kalo ada informasi workshop akan saya kabari.

Oiya, apa sih lalalaway.com? pastinya dari tadi kamu bertanya-tanya kan? Iya aja deh, saya juga awalnya belum banyak tahu tentang website ini. Jadi Lalalaway itu adalah semacam portal untuk mencari dan memesan hotel. Portal ini berbeda dari situs pemesanan hotel kebanyakan.



Di Lalalaway.com, hotel yang ditawarkan adalah hotel kelas premium, dengan beragam fasilitas yang WAH..! Tapi uniknya, harga yang ditawarkan itu setara dengan hotel medium, bahkan diskon harganya bisa sampai 75%. Pernah merasakan menginap di hotel bintang empat dengan budget 100 ribu? Di Lalalaway bisa loh..! sebab Lalalaway sering banget menggelar flash sale si website nya. Pada momen tertentu, doi juga sering bagi bagi kode voucher untuk pembelian sewa kamar hotel.




Buat kamu yang masih penasaran, langsung saja ke website nya lalalaway.com untuk dapetin promo gila nya.

4 komentar:

  1. Lho, tipsnya kok sama dgku ya?
    Alhamdulillah, artikel sy 12 jam sdh nongkrong di hlm 2. Padahal kk-nya ngeri.
    Lanjutkan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. SEO ya ngono kuwi mas. Ngeri diwalik dadi ireng

      Hapus
  2. Thamk uou sharingnya mas... betewe jadi tau juga nih soal lalalaway..ngadain di Malang gak ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malang ? Kayaknya masih di seputaran Jakarta, nanti aku usulin deh biar di kota lain juga diadakan.

      Hapus

Tinggalkan jejak anda dengan mengisi komentar dibawah ini, supaya saya tahu anda pernah mampir ke sini, lain waktu saya yang akan berkunjung balik. Matur suwun....