03 Maret 2018

Sambal Khas dari Ayam Geprek Sambal Kecombrang

Sambal Kecombrang

Tahu kan tumbuhan kecombrang? Tumbuhan ini termasuk tumbuhan herbal yang bagus untuk metabolisme tubuh. Saya searching di google, setidaknya ada beragam manfaat dari tumbuhan kecombrang, diantaranya: membersihkan darah, mengatasi bau badan, melancarkan ASI, mengatasi masalah kulit, tulang, gigi, dan bahkan untuk therapy otak. Masih banyak lagi khasiat dari tanaman kecombrang ini. Dari akar, batang, daun, hingga bunga nya akan mengeluarkan aroma khas dan wangi jika menjadi campuran masakan.

Seperti menu makanan yang saya temukan di daerah Bekasi kemarin, tepatnya di perumahan Taman Galaxy, kecombrang dijadikan campuran sambal untuk teman makan menu olahan ayam geprek. Si pemilik outlet, mas Adrian, menamakan menu makanan ini dengan nama “Ayam Geprek Sambal Kecombrang”.

Saat melitas di Perumahan Taman Galaxy, tepatnya di salah satu outlet Bakso Bom cabang Taman Galaxy, salah satu menu yang di sajikan adalah menu ini. Saya sih sudah akrab dengan Ayam Geprek, tapi untuk sambal kecombrang, bagi saya termasuk jenis sambal yang asing dan belum pernah saya coba. Mendengar namanya saja, saya sudah membayangkan, sambal korek yang menjadi sambal favorit saya, dicampur dengan kecombrang, tumbuhan yang biasa saya lihat di kebun dan pekarangan rumah. Itu sebab, saat melihat daftar menu ini, saya langsung tertarik untuk memesannya. . Karena penasaran dan sudah masuk waktu makan siang, saya langsung memesan satu porsi menu “Ayam Geprek Sambal Kecombrang”.

Ayam Geprek Samabl Kecombrang

Tak butuh waktu lama, mas mas pramusaji menghampiri meja tempat saya duduk, dan menyuguhkan menu baru untuk santap siang yang saya pesan, yaitu Ayam Geprek Sambal Kecombrang. Eits, saya heran, apdahal nggak pesan minum, tapi si mas nya ngasih segelas es the tawar. Rupanya satu porsi Ayam Geprek Sambal Kecombrang ini sudah sepaket dengan minuman. Harganya cukup murah, untuk yang paket standard dibanderol 15K, sedangkan paket jumbo dengan dua potong ayam, harganya dipatok 25K. Semuanya sudah plus minuman es teh.

Dan seperti anak jaman now yang sedang kena penyakit kepo tingkat tinggi, sebelum makan, kita berdo’a videoin dulu. ini dia tampilan menunya :



Dari tampilannya, kecombrang yang dicampur ke dalam sambal korek ini benar-benar berhasil membuat saya berliur. Ayam goreng dengan topping sambal korek  yang tersaji di depan saya ini sedikit berbeda dari jenis sambel korek yang sering saya temui. Ditambah dengan beberapa potong kol dan timun untuk lalap. Sambal korek kecombreng terlihat ada serat serat halus, dan yang paling khas adalah aromanya. Selain wangi terasi dan cabai, aroma kecombrang membuat saya nggak sabar untuk langsung melahapnya.

“Hmm… makan beginian lebih sedep kalo pakai tangan” pikirku. Setelah mencuci tangan di westafel, saya bersiap untuk memulai makan. Tau kah kamu pertama yang nempel dilidah saya apa? Yup! Sambal pastinya. Sebelum menyentuh nasi, saya lebih dulu nyolek sambal kecombrang yang menggoda itu. Dengan bantuan sepotong mentimun, saya mencolek sambal yang “berserat halus” khas Kecombrang. Begitu masuk ke mulut. Hmmm… rasanya khas banget, rasa sambal geprek yang pedas asin dengan aroma kecombrang yang khas. Ayam berbalut tepung yang lembut, dicampur dengan sambal kecombrang sangat cocok menjadi menu makan siang saya kali ini.

Ngemeng-ngemeng, mumpung ada owner nya, sayapun bertanya asal usul kenapa membuat menu yang unik ini. Menurut mas Adrian, kecombrang yang khas dan beragam khasiatnya ini cocok banget di lidah orang Indonesia, apalagi dalam bentuk sambal korek, bisa menambah sedap saat menyantapnya. Sedangkan untuk sambalnya, mas Adrian membaginya menjadi dua, sambal goring dan sambal korek, keduanya tetap dengan ciri khas kecombrang. Karena tidak semua orang doyan pedas, maka sambel kecombrang dibuat level kepedasan, dari mulai level standard, hingga level 10. Perhitungan level berdasarkan jumlah cabai yang dipakai.

Foto Bareng Outlet Manager dan Tim Bom Geprek Sambal Kecombrang

Rencanaya, mas Adrian akan membuka paket franchise untuk usahanya ini. Dengan berbisik, Mas Ardi membuka harga franchise nya. Untuk bulan Februari ini, berlaku harga promo, yaitu 15 juta, sudah termasuk paket 10kg sambal kecombrang, beberapa kg ayam, kompor khusus menggoreng ayam crispy, mini display, dan freezer. Saat ini sudah ada 15 orang yang sudah bergabung, tinggal proses pembukaan outlet saja. Buat kamu yang penasaran pengen ngerasain makan sambal kecombrang, tunggu beberapa hari ini yah, siapa tahu salah satu outletnya buka disekitar daerah tempat tinggalmu. Buat yang jauh, menu Ayam Geprek Sambal Kecombrang ini bisa juga loh dipesan via aplikasi online.


Sekilas Tentang Tumbuhan Kecombrang

Orang Sunda menyebutnya Honje, sedangkan orang Medan menamai nya Kincung, sementara di Bali dikenal sebagai pohon Kecicang. Meskipun namanya berbeda-beda, tapi dimanapun tempat, pohon ini memiliki jenis yang sama, berdaun memanjang seperti daun pisang namun ukurannya mini. Batangnya seperti batang lengkuas, dan memiliki tunas.

Kecombrang banyak tumbuh sebagai tanaman liar. Dimanapun tempat, asalkan cukup air, tanaman ini bisa tumbuh dengan subur. Bahkan di daerah Ujung Kulon, ada satu bukit yang sebagian besar ditumbuhi oleh tanaman ini, sehingga masyarakat setempat menyebutnya Bukit Honje. Tumbuhan ini juga dikenal sebagai tumbuhan herbal dengan beragam manfaat. Dari batang, daun, tunas, hingga bunga dan buahnya bisa dikonsumsi sebagai campuran makanan. Di Indonesia dan Asia, selain digunakan sebagai obat herbal, kecombrang juga seringkali dibuat campuran beragam makanan tradisional, seperti pecel, lalapan, dan lainnya.

Ayam Goreng Sambal Kecombreng, makana sehat dan bisa menjadi therapy dalam menjaga kesehatan.  

8 komentar:

  1. Sekali makan banyak manfaatnya. Plus pedasnya yg bikin kita jadi sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sehat Karna berkeringat ya mpok. , Pakai sambal level 10 ha ha ha

      Hapus
  2. Kalau kecombrang sudah masuk dalam sambal, apakah masih berfungsi gizi kecombrangnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pikir sih masih yah. Kalo kita minum obat, kan diperut juga bercampur dengan aneka makanan termasuk sambal, toh obatnya masih manjur mak sumi... Logika sederhana :)

      Hapus
  3. Kecombrang manfaatnya banyak ya buat kesehatan. Itu nasinya munjung amat ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga baru nyadar mba pas di googling manfaatnya buanyak banget ini kecombrang. nggak slah sih ini makanan bakal ngehits.

      Hapus
  4. Lokasi yang di mutiara gading timur dimana nya ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini saya yang di Taman Galaxy mbak.
      sofar, untuk setiap gerai Bakso Bom, menu Ayam Geprek Sambal Kecombrang ini tersedia.

      Hapus

Tinggalkan jejak anda dengan mengisi komentar dibawah ini, supaya saya tahu anda pernah mampir ke sini, lain waktu saya yang akan berkunjung balik. Matur suwun....