09 Februari 2018

“Membaca” Pertumbuhan Bisnis Startup Lewat Dailysocial.id


Startup Review 2017 Dailysocial.id


“Di Indonesia, startup lokal itu bisa menjadi tuan di negeri sendiri”

“Tahun 2018 diprediksi barang lokal dan industri kreatif akan diminati oleh pasar ecommerce

Teng…!!! .

Mendengar statement begitu, saya merasa tidak percaya, tapi sekaligus bangga. Tidak percayanya karena sikap pesimistis, apa iya, negara  yang konon hutangnya selangit ini bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri? Sedangkan merasa bangga karena bisa menjadi tuan di negeri sendiri.

Tapi…. Begitulah faktanya.

Top 3 Aplikasi Belanja di Asia Tenggara

Dari data tersebut diatas, ada secercah harapan bahwa startup lokal seperti Tokopedia dan Bukalapak bisa menang berkompetisi dengan produk luar. Indonesia termasuk negara yang bisa bertahan dari serbuan startup asing (dalam bisnis ecommerce). Lihat saja nasib beberapa negara tetangga itu, Mereka sudah di kuasai oleh startup asing. Sekali lagi ini data yang berbicara. Jadi please, jangan mendebat saya yah geng….! :D :D

Bagi para pelaku bisnis, keberadaan data menjadi bagian yang sangat penting. Bahkan data bisa menjadi penentu nasib bisnisnya di masa mendatang (tentunya dalam konteks diluar masalah takdir dan faktor nasib yah..).

Hanya karena sepele seperti kesalahan pembacaan data, akan terjadi kesalahan pengambilan keputusan, yang akan mengancam keberlangsungan bisnis. Oleh karenanya, buat kamu para pelaku bisnis, sepertinya perlu banyak “membaca” data jika ingin bisnis kamu bisa berkembang.

Apalagi di era digital sekarang ini, betapa pergerakannya sangat dinamis, kita harus cermat mengamati pergerakan setiap waktu secara periodik, jika ingin bisnis kita bisa mengikuti perkembangan zaman. Tujuannya tak lain adalah untuk mendapatkan guideline atau semacam pondasi dasar untuk menyusun strategi yang akan di terapkan agar bisnis kita bisa terus tumbuh dan berkembang.

Dengan membuat strategi dan perencanaan yang bagus, akan muncul keputusan-keputusan yang tepat, yang nantinya akan diekseskusi oleh tim kerja, sehingga goal bisnisnya akan tercapai.
Kenapa saya bisa bilang begitu?

Jadi ceritanya kemarin saya dan teman-teman Blogger diundang oleh Dailysocial.id, sebuah perusahaan media teknologi yang fokus pada informasi, edukasi dan riset inovasi.  Selain menjadi sumber dan penyedia data mengenai industri teknologi, DailySocial.id juga membantu banyak korporasi mengadopsi teknologi melalui digital transformation dan corporate innovation.
Acara yang diadakan di sebuah kafe di kawasan Senopati, Jakarta Selatan itu bertema "Startup Review Now & Future".

Nah, dalam acara tersebut, Rama Mamuaya selaku CEO dari DailySocial.id membeberkan data-data hasil analisanya mengenai perkembangan bisnis ecommerce di tahun 2017 lalu, khususnya yang terjadi di Indonesia. Data ini berguna juga untuk memprediksi pasar ecommerce di tahun 2018 dan beberapa tahun kedepan. Tidak hanya pasar ecommerce saja yang disorot, semua bisnis startup yang terjadi di tahun 2017 diulas lengkap oleh Rama.

Setiap tahun DailySocial.id mencoba mengumpulkan semua informasi mengenai ekosistem industri teknologi di Indonesia, dan mengemasnya dalam bentuk laporan singkat yang diharapkan bisa membantu para stakeholder untuk bisa melihat gambar besar pergerakan industri di Indonesia” Kata mas Rama dalam pertemuan tersebut.

Dan ini dia, data dan fakta yang di share oleh DailySocial.id, yang pastinya bisa dijadikan referensi oleh kamu para penggiat industri digital dan startup :

#1 - 56,6% orang Indonesia menghabiskan duit 50 s/d 100 ribu dalam sebulan untuk membeli paket internet mobile.

Budget bulanan akses internet mobile

Ingat loh ya, itu internet mobile, belum termasuk wifi gratisan dan wifi di rumah . Bisa jadi angkanya diatas 100K J

#2 - “Orang orang cenderung mengakses internet pada handphone itu di siang hari, dan pada malam hari mereka suka mengakses internet menggunakan laptop atau PC

Time Spent Accessing Internet

Buat saya dan teman blogger lainnya, data ini penting loh untuk setup blog dan monetise blog nya supaya mendapat traffic bagus.

#3 - Ternyata orang kita itu paling suka ngerumpi via WA, buktinya WA menjadi aplikasi favorit yang banyak digunakan, khusunya pengguna android dan IOS

Top Aps 2017


#4 - Untuk mengirimkan surat atau paket, masyarakat kita sepertinya lupa dengan kantor pos, mereka lebih memilih mengirimkannya via Go Send dan Grab Express. Untuk aplikasi Fast Food Order, Go Food masih menjadi aplikasi favorit masyarakat, di susul KFC, MC Donald dan Grab Food. Sedangkan untuk jasa lainnya, Go Clean menjadi juara, disusul aplikasi Sekmi.

Vaforit Apps 2017


#5 – Siapa bilang masyarakat cenderung suka produk import? Buktinya, sederet startup made in lokal ini masih disukai dan menjadi aplikasi wajib di smartphone mereka.

Top 10 Startup Lokal


#6 – Meskipun beberapa startup karya anak bangsa sudah beralih kepemilikan, tapi faktanya dari 230 an startup lokal di Indonesia, 54% investornya masih orang kita loh…!. 4 diantara ya menjadi startup unicorn.

Investor Lokal vs Investor Asing 2017


#7 – Dari 72 founders startup lokal yang ada, mereka ternyata lulusan universitas dalam negeri. Binus, UI dan ITB menjadi kampus favorit yang menghasilkan lulusan pendiri startup lokal.

Kampus Favorit Bagi Startup talent  2017
Masih banyak lagi data-data startup review 2017 menarik lainnya yang di beberkan oleh mas Rama. Jika kamu penasaran dan butuh untuk referensi bisnis, kamu juga bisa loh DOWNLOAD LAMPIRAN STARTUP REVIEW 2017 [DISNI].


Selain Rama Mamuaya, hadir dalam acara tersebut Danny Wirianto, CMO dari GDP Venture, yang juga dikenal sebagai Angel investor.

Danny Wirianto (kiri) dan Rama Mamuaya (kanan)
di event Startup Review Now & Future - Jakarta

Pada kesempatan tersebut Danny banyak memberikan tips kepada anak muda kreatif yang akan membuat startup. Buat kamu yang akan merancang bisnis startup, baiknya memperhatikan 5 hal ini supaya startup kamu itu ramah investor :

Pertama, buatlah startup yang bisa menghasilkan uang
Kedua, buatah startup yang bisa menghemat dana, sehingga memiliki value
Ketiga, buatlah startup yang bisa memberikan value menghemat waktu bagi pengguna nya
Dan terakhir keempat yang paling penting buatlah startup yang memiliki ekosistem internet

Dengan menerapkan semua value tersebut diatas, sebuah startup niscaya bisa memikat investor, sehingga aka nada yang mendanai dan siap untuk bersaing. Sebab, umumnya sebuah bisnis startup itu hanya bisa survive hanya dalam usia 3 tahun saja, jarang sekali yang bisa bertahan diatas 3 tahun.

Lebih lanjut Danny berpendapat bahwa di tahun 2018 ini, sedikitnya ada 5 bidang bisnis startup yang akan mengalami  growth lumayan bagus, antara lain : AI (Artificial Intelligence), IOT (input output transfer), Medical industry, Agriculture, dan Brand lokal.


Danny Wirianto -  Angel Investor

Jadi, buat kamu yang ada rencana akan membangun startup tahun ini, ada baiknya tidak jauh-jauh dari kelima core bisnis itu ya gais.

Sayangnya, beberapa trend bisnis diprediksi akan mengalami kendala, yang mana ironisnya kendala tersebut justru datangnya dari pemberi regulasi. Startup fintech misalnya, pertumbuhannya mentok dikarenakan adanya regulasi dari OJK. Beberapa kendala yang bersifat global juga ada, antara lain lambatnya pertumbuhan pembangunan infrastruktur yang menunjang terciptanya ekosistem bisnis ecommerce, terutama di daerah. Saat ini bisnis startup ekosistem nya masih terkonsentrasi di Jakarta dan kota-kota besar lainnya, belum tersebar merata ke daerah. Padahal potensi untuk berkembang di daerah sangatlah besar.

Danny Wirianto dan Rama Mamuaya berharap pemerintah kritis terhadap persoalan ini, sehingga perkembangan bisnis startup di Indonesia akan semakin bergairah.

Mengenai keberadaan DailySocial.id, Danny yang mewakili kelompok investor menanggapinya dengan tangapan yang positif.

Untuk kami para investor, laporan startup ini sangat membantu kami untuk melihat gambaran garis besar perkembangan teknologi dan ekosistem internet di Indonesia, sehingga dapat menjadi pedoman dalam mempertimbangkan keputusan dalam berinvestasi

Walaupun setiap hari kami pasti membaca laporan yang ada dan melihat tren investasi dari dalam maupun luar negeri, tapi laporan tahunan ini sangat kami tunggu karena merupakan suatu executive summary tentang pergerakan industri startup beserta ekosistemnya di tahun yang lalu beserta prediksi perkembangannya di tahun berikutnya” lanjut Danny.

Jangankan buat para investor sekelas Danny Wirianto, buat kami para Blogger dan penggiat media social saja, dengan adanya summary review dari DailySocial.id ini, kami seperti menemukan jalan berpijak yang bisa membimbing kami untuk berbuat sesuatu yang berguna untuk perkembangan bisnis digital kedapan.


Sesi tanya jawab mengenai Startup Review 2017

Sayangnya, review ini keluar di bulan kedua. Saya kemudian berfikir seandainya review ini bisa keluar lebih cepat, mungkin akan lebih banyak para pemain startup yang terselamatkan dan memiliki rasa percaya diri dalam menjalani bisnis startup di tahun ini.

Terimakasih DailySocial.id yang telah mengundang kami untuk berdiskusi tentang Startup Review Now & Future. Semoga di lain waktu bisa mengajak kami kembali untuk berdiskusi lebih dalam, sehingga kami bisa turut serta berperan untuk mensosialisasikan nya kepada masyarakat.


2 komentar:

Tinggalkan jejak anda dengan mengisi komentar dibawah ini, supaya saya tahu anda pernah mampir ke sini, lain waktu saya yang akan berkunjung balik. Matur suwun....