10 Februari 2018

Ki Demang Sudah Njajal Mitsubishi XPander, Kamu Kapan Geng??

Mitsubishi Motors Kramayudha Indonesia (MMKI) Cikarang
(Sarang nya XPander, si Baby Pajero yang gue banget)

Melakukan test drive kendaraan roda empat sudah sering saya lakukan, dari mulai test drive di sebuah event pameran, test drive di dealer, bahkan test drive yang mobilnya diantar kerumah juga pernah. Ini sih karena kebetulan marketingnya temen sendiri, jadi doi niat banget bawain “barang dagangannya” itu ke rumah, nyuruh saya njajal, dan ujung-ujung nya nyuruh beli wekekek.

Itu sih belum seberapa yah, tanggal 7 Februari kemarin malahan saya melakukan test drive mobil langsung di pabriknya. Iya beneran, langsung di sarangnya. Saya tidak sendiri, melainkan rame-rame bareng beberapa komunitas, yaitu komunitas blogger dan tim dari Media Online Otomotif no. 1 di Indonesia, Mobil123.  Uniknya, mobil yang kami test ini belum beredar banyak di pasaran. Yang rajin nyimak time line saya di social media pasti sudah tahu layah…, kemarin saya mencoba mobil barunya Mitsubishi, yaitu Mitsubishi Xpander yang sedang menjadi idola masyarakat. Kabarnya, mobil ini sukses menjadi mobil MPV terlaris.


Ini dia si Gagah XPander yang mau buat Test Drive Ki Demang
Keren yah..! 

Dan yang special lagi, selama melakukan test drive, kami di pandu oleh tim sekolah mengemudi mobil kenamaan dari Tangsel, milik pembalap ternama Rifat Sungkar, yaitu Rifat Driving School (RDS), sebuah sekolah yang mengajarkan bagaimana cara mengemudi yang baik dan benar. Tahu kan kalo Rifat Sungkar dikenal sebagai duta Safety Driving  Indonesia?

Test Drive XPander Bersama Rivat Sungkar
Gue disamping babang Rifat, jadi mirip adek kakak kan? xixixi

Semua test drive yang saya lakukan memiliki kesan berbeda, dan untuk test drive kali ini, saya bener bener grogi, selain karena dipandu untuk test drive dari Rifat Driving School, mobil yang untuk test drive juga merupakan mobil yang sedang ngehits, Mitsubishi Xpander. Udah gitu unit yang kami jajal adalah unit yang baru keluar dari pabrik. Masih anget dan empuk, kayak martabak hi hi hi :D

Agenda test drive Xpander ini adalah salah satu rangkaian acara Blogger Visit Plant Pabrik Mitsubishi Motor Kramayudha Indonesia (MMKI), yang berlokasi di kawasan industri Deltamas Cikarang, Bekasi.

Persiapan Visit Plant MMKI

Sudah siaap? Tarik mang...!

Saya termasuk salah satu yang beruntung bisa mengikuti acara dari komunitas ISB (Indonesia Social Blogpreneur) bersama Mobil123 ini. Pasalnya, hanya dipilih 20 orang Blogger saja yang bisa ikut. Kami berumpul di FX senayan jam 06:30 wib. Dengan mengendarai bus jemputan, kami menuju kawasan Deltamas Cikarang pagi hari, untuk menghindari macet.

Sudah sampai cuyy..! narsis dulu :D

Setibanya di lokasi pabrik, kami disambut oleh pihak management MMKI, dan dipersilakan untuk memasuki ruangan auditorium yang megah milik MMKI, sembari mendengarkan pemaparan dari bos MMKI mengenai pabrik Mitsubishi terbesar di Indonesia ini.  

Sambutan Management MMKI

Waah ternyata rame, ketemu beberapaa kelompok komunitas mobil

Pabrik MMKI ini baru diresmikan oleh presiden Joko Widodo pada bulan April 2017 lalu. Luasnya 30 hectare, dengan kapasitas produksi mencapai 160 ribu unit mobil per tahun. Pabrik ini di desain untuk memproduksi mobil jenis Pajero, Xpander dan kendaraan niaga L300. Dengan aktifitasnya yang besar, pabrik ini mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 3.000 orang.

Sambutan dari Management MMKI
Nggak ngerti pake bahasa Jepang kayaknya sih bilag Gue Ganteng ha ha ha
Pssst..! yang di belakag itu bos bos nya MMKI semua loh..!

Selain mendapatkan edukasi mengenai produksi mobil, sebagai tamu, kami juga diberikan safety induction, sebagai standard prosedur keselamatan sebuah perusahaan. Tak ketinggalan juga Rifat Sugkar sebagai brand ambassador Xpander mengenalkan fitur-fitur mobil teranyar jenis MPV kebanggaan Mitsubishi ini.

Rifat mengatakan bahwa Xpander memiliki desain yang sempurna, dan telah  memenuhi standard keamanan sebuah mobil keluarga. XPander telah mendapat peringkat bintang 4 dari ASEAN New Car Assessment (NCAP), dan merupakan satu-satunya model mobil keluaran Mitsubishi yang diuji oleh ASEAN NCAP.

Dalam kategori perlindungan orang dewasa, XPander mendapat nilai 39,08 poin, sementara untuk kategori perlindungan terhadap anak-anak, point nya mencapai 18,69. Untuk kategori Safety Assisst Technologies, XPander meraih 13,89 point. Angka tersebut termasuk diatas kategori level aman untuk ukuran mobil keluarga (MPV).

MPV dengan kapasitas 7 seat ini sudah dilengkapi dengan 2 buah airbag di bagian row depan, dan memiliki fitur pengingat pada sabuk pengaman, sebagai syarat keselamatan berkendara. Jadi kalo kamu naik ni mobil, trus seat belt nya nggak dipakai, itu seat belt bakalan complain, dengan memberi signal kedip kedip (ini mau complain karena di PHP in apa kegenitan sih yak..?! *abaikann!). 

Fitur lain yang tak kalah keren adalah fitur emergency stop signal, ISOFIX serta top tether. Anak otomotif yang gaul sama keselamatan berkendara pasti tau dong yah apa itu ISOFIX..? Itu loh geng..., sebuah standard keselamatan untuk anak berupa sebuah kursi yang dirancang memiliki sabuk pengaman yang sesuai dengan tubuh anak kecil.

Ini nih Babang Rifat, sodara gue. Mirip kaan?! :D

Kurang lebih 30 menit kami diberikan wawasan pengenalan produk Mitsubishi khususnya Xpander, setelah itu kami dipersilakan untuk keliling pabrik MMKI, melihat secara langsung proses produksi XPander. Yeay…!!

Plant Tour Proses Pembuatan Mobil Xpander

Yes!!, ini kesempatan langka yang jarang terjadi, dan ini juga sekaligus pertama kalinya saya melihat proses produksi sebuah mobil. Sebelum memasuki area produksi, saya diberi beberapa APD atau Alat Pelindung Diri sesuai standard keselamatan, berupa sun glass, topi, dan pesawat radio mirip handy talky.

Sipp..! Ganteng Maksimal

Dengan dipandu oleh seorang leader, Kami diajak keliling lokasi line produksi, mengunjungi 4 lokasi line produksi mobil Xpander, yaitu di bagian area pembuatan kerangka mobil (Stamping), area pengelasan (Welding), area Perakitan (Assembling), dan area Pengetesan (Finishing). Sayangnya, selama line tour kami tidak diperkenankan untuk mengambil gambar atau video. Tapi tidak masalah, diberi kesempatan melihat langsung proses produksi saja saya sudah sangat senang.

Kami mulai berjalan berbaris memanjang mengitari area produksi. Di setiap area, kami disambut oleh leader yang membawahi beberapa pekerja. Terlihat sebagian dari mereka ada pekerja dari Jepang yang memberi sapaan dengan senyum khas orang Jepang. Selama berada di lokasi kunjungan, Tour Leader menjelaskan proses demi proses pembuatan si Baby Pajero, Xpander, melalui alat komunikasi handy talky. Maklum, di area produksi suasana nya bising, sehingga untuk mendengar suaranya kami harus menempelkan handy talky ke telinga.

Lets go, kita mulai tour keliling line produksi nya si gagah XPander. eniwei, sebagian besar proses pembuatan Xpander menggunakan robot (60%), dan sisanya (40%) dikerjakan manual oleh karyawan gais. Sayapun takjub dengan mesin-mesin raksasa yang bekerja dengan tingkat presisi yang tinggi. 


Kalo sudah bentuk seperti ini, baru dikerjakan oleh manusia

Selama melihat langsung proses stamping, saya merasa seperti berada di film Transformer, di samping kiri dan kanan terlihat mesin produksi yang mirip robot sedang bekerja. Merubah bentuk lempengan baja menjadi rangka dan body mobil, untuk kemudian dilakukan pengelasan oleh robot lainnya, kemudian pengecatan hingga pemasangan mesin dan panel, hingga pengetesan. Terakhir bagian finish good menjadi sebuah mobil yang ditunggu-tunggu oleh 50 ribu orang untuk digunakan. 

Asal tahu saja, Xpander saat ini sudah indent SPK sampai 50 ribu SPK. Ckckck….


Kalo ini sudah final inpect, tinggal di test nih,
sementara saya nungguin di pintu keluar untu test drive hi hi hi

Dalam sejam, jumlah mobil yang bisa diproduksi di pabrik MMKI mencapai 23 unit, atau jika dikonversi, dalam satu shift kerja menghasilkan 167 unit. Pabrik ini hanya memproduksi 3 jenis, yaitu XPander, Pajero, dan L300. Sebanyak 50% hasil produksinya dipasarkan di Indonesia dan sisanya di ekspor ke beberapa negara Asia dan Amerika.

Saatnya Test Drive

Setelah puas keliling pabrik melihat proses pembuatan, tibalah saat yang saya tunggu-tunggu, yaitu Test Drive. Yess..!


Sabar ya geng, mobilnya lagi di steam,
Si Putih yang mau Ki Demang test ada di belakang ini, antri..!!

Sebelum melakukan test drive, kami diberi gambaran medan yang akan digunaka untuk test drive, antara lain medan tikungan, medan licin, medan jalana bergelombang, dan terakhir medan jalan smallow atau manuver angka 8.

Karena belum terbiasa menggunakan mobil mesin matic, saya memilih Xpander type Exceed yang masih menggunakan system manual transmition. Saya mengalami beberapa kali kagok, pertama saat baru mengambil posisi di kemudi, saya kira mesin mobil belum di stater, ternyata kondisi mesin sudah hidup. Tapi koq ssaya tidak mendengar suara mesin atau getaran di tempat duduk, saat itu saya ingat bahwa Xpander mengadopsi teknologi MIVEC DOHC 16 Valve pada mesinnya, dengan kapasitas 1500cc, rasanya halus dan nyaris tanpa getaran. Kagok yang kedua adalah ketika test mundur, ternyata lokasi transmisinya bukan kanan belakang, tapi atas kiri depan. 

Oalah ternyata Mitsubishi Xpander ini mengadopsi system transmisinya BMW toh…waduh jadi kagok begini, karena saya biasa pakai transmisi nya Datsun he he he. Jadi saat mau mundur, itu tuas giginya diangkat sedikit dan dimajukan.

Keuikan Xpander lainnya yaitu sistem pengeremannya yang sudah ABS atau Anti-Lock Breaking System. Pengereman ini dinilai aman, karena pada saat pengereman ban tidak langsung berhenti total, sehingga mudah terjadi selip. Kunci dari pengereman ini adalah pengemudi tidak diperkenankan menginjak kopling. Justru jika kopling diinjak, mobil akan terus menggelontor. Pengereman ini bagus banget digunakan saat kondisi licin dan kondisi medan bergelombang.

Sensai berbeda saya rasakan saat memasuki medan smallow atau formasi angka 8. Meski mobil dalam kecepatan tinggi dan langsung manuver, saya tidak merasakan guncangan yang membuat lutut ini mengeras, tapi mobil berjalan dengan sangat smooth. Didalam mobil juga terkesan adem tanpa berisik, karena system peredamnya lumayan bagus.


Yess..! Bisa maen bareng Baby Pajero itu menyenangkan..!

Setelah merasa cukup bermain-main dengan si Baby Pajero, sayapun menyudahi Test Drive dan kembali bergabung dengan rombongan untuk selanjutnya kembali ke Jakarta.

Hmm…. Rasanya puas sekali seharian mengenal Mitsubishi lebih dekat. Mencoba merasakan bagaimana enaknya naik mobil yang sedang menjadi buah bibir di masyarakat. Saya sangat menikmati agenda acara hari ini. Rasanya baru tadi berada di MMKI, ternyata sudah sore. Saatnya kembali ke Jakarta untuk melanjutkan aktifitas lainnya esok hari.

Terimakasih kepada MMKI dan jajaran management yang sudah memberikan kesempatan kepada kami untuk menjajal produknya, terimakasih kepada media otomotif onlie Mobil123.com dan komunitas ISB yang sudah mengajak saya mengenal Mitsubishi lebh dekat. Besok besosk ajakin saya maen lagi yah....jangan kapok karena saya doyan makan ha ha ha... 

Salam Otomotif..!




33 komentar:

  1. Lengkap abizzz. Xpander memang top dah.

    BalasHapus
  2. aku sudah nggeber jajal XPander...mantaappp :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ki Demang penasaran sama yanag matic. belom pernah njajal hiks

      Hapus
  3. Balasan
    1. baru buka pendaftaran mas besok.. ha ha *ngantri

      Hapus
  4. Momentum terbentuknya BBB pas banget sama visit keren ini ya om

    BalasHapus
  5. Ciamik ya emang si Xpander ini, jadi ketagihan euy mau nyobain lagi :)

    BalasHapus
  6. Wiih, keren deh. Pantesan suamiku muji-muji aja kalau sama expander, ternyata memang speknya canggih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. masuk kategori mobil MPV ter aman sih menurutku.

      Hapus
  7. GEngs BBB udah nyoba ya? Aku ikutt donk nyobain xpandernyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. ha ha ha BBB musti setup stir dulu kalo mau nyoba, kegedean perut xixixi

      Hapus
  8. Canggih ya tempat perakitan mobil, beruntung bisa liat langsung. bisa kali ya pihak mitsubisi ngadain give away mobil ini hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya seumur umur baru liat dapurnya pabrik mobil loh. kayak di film film robot. keren dah pokoknya

      Hapus
  9. aku tertarik sama pengeremannya mas
    kalo mendadak ngerem jadi gak kejedot

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ABS direkomendasikan oleh semua sistem keamanan berkendara

      Hapus
  10. Balasan
    1. jiah.... jaman now laki laki buncit itu disayang istri ha ha

      Hapus
  11. Balasan
    1. Nomor Uno sih kalo dari sisi fitur dan keamanan

      Hapus
  12. Xpander emang keren, boleh tuh klo bisa nyobain sampai ke rumah Haaa.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh atuh kang, bayar DP dulu tapinya ha haa

      Hapus
  13. duh ki demang, pliiiiiis ceritanya bikin mupeng
    wkwkwkwkwkwk
    seneng banget bisa mengunjungi pabrik Mitsubishi untuk melihat Xpander lebih dekat
    ternyata, prosesnya teliti banget, perfect this car

    BalasHapus
    Balasan
    1. perfecto, gue paling wow pas liat tangan tangan robot itu ngerjain body mobil. berasa di film holywood

      Hapus
  14. Ini tulisan kok bikin penasaran sama Xpander ya. 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. tulisan dari hati mba, emang saya lagi ngidam Xpander juga ha ha

      Hapus
  15. Aku untung udah jajal juga Ki, alhamdulillah. 😅😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. toss mas, dan sepakat kan kalo si Xpander ini keren abiss

      Hapus
  16. ini mobinya top banget deh.. wajar laris manis... saya juga sukaaaa.. cuman sapa ya yang mau beliin heheheh

    BalasHapus
  17. Xpander emang kece banget yaa.. postingan ini sungguh membuat iri..
    Aku belum jajal karena takut gak bisa tidur :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. dirimu suka gak bisa tidur sih emang, maunya dikelonin ha ha

      Hapus

Tinggalkan jejak anda dengan mengisi komentar dibawah ini, supaya saya tahu anda pernah mampir ke sini, lain waktu saya yang akan berkunjung balik. Matur suwun....