04 Desember 2017

Ini Dia 9 Tips Bermain Rafting yang Aman

Tips Bermain Arung Jeram

Musim hujan gini, paling asik ngisi liburan pendek dengan wisata arung jeram. Selain arus sungai lagi bagus (bagi pecinta arung jeram, tapi tidak buat penduduk Jakarta… he he), biasanya liburan ke tempat lain di musim hujan bukan pilihan yang bagus. Yang ada malah banjir dimana mana dan akses jalan sulit karena jalan banyak tergenang banjir.

Nah, untuk bisa olahraga adventure yang satu ini, biasanya kita menggunakan jasa operator arung jeram yang sudah mumpuni di bidangnya, dan profesional tentunya. Tujuannya cuma satu, yaitu untuk memperkecil faktor resiko yang terjadi, maklum namanya juga wisata adventure, jadi keselamatan harus menjadi perhatian utama kita.

Selain pemilihan operator, persiapan apa saja sih yang musti kita lakukan sebelum arung jeram dimulai? Ini dia persiapannya :

  • Pilihlah operator arung jeram yang berpengalaman
  • Jika hujan, operator yang profesional akan menginformaikan debit dan ketinggian air
  • Bagi pemula, sebaiknya memilih rute jarak dekat antara 5 sampai 9 km saja
  • Selalu gunakan jaket pelampung dan helm. Ini penting, meski anda bisa berenang, tapi fungsi jaket pelampung bukan untuk mengapungkan badan saja, tapi ada fungsi lain untuk proses evakuasi. Selain itu penggunaan helm juga berfungsi untuk menghindari kepala dari benturan keras.
  • Kenakan sepatu agar kaki terlindung dari benturan batu tajam, hindari menggunakan sendal.
  • Oleskan tabir surya dna perbanyak minum air putih. Meski olahraga air, kebanyakan orang mengalami dehidrasi karena energi banyak keluar tapi cairan tubuhnya kurang.
  • Dengarkan komando dari tim pemandu. Oleh karena ini adalah olahraga tim, keberadaan komando dan leader sangat dibuthkan
  • Butuh kerjasama team. Buatlah satu leader sebagai komando
  • Jangan panik jika terlempar dari perahu, posisikan tubuh dalam kondisi telentang, lalu ikuti arus sungai hingga regu penlong datang.




Yakin point point diatas sudah anda centang?

Jika sudah, siapkan fisik dan tenaga untuk memulai  perjalanan adventure menyusuri arus sungai dengan rafting (arung jeram).


Semoga liburannya menyenangkan ya guys....

2 komentar:

  1. rafting emang seru ki..
    saya terakhir di rafting di magelang..
    seru habis pokoknya basah basahan hehe

    BalasHapus
  2. Musim hujan kayak sekarang lebih seru, arusnya lebih menantang. Cuman waspada aja kalo datang banjir bandang. Biasanya kalo di hulu langitnya mendung, kita gak berani turun, sebab Kemungkinan di hulu lagi hujan gede, dikawatirkan bandang pas lagi rafting.. thanks ya udah mampir.

    BalasHapus

Tinggalkan jejak anda dengan mengisi komentar dibawah ini, supaya saya tahu anda pernah mampir ke sini, lain waktu saya yang akan berkunjung balik. Matur suwun....