07 Desember 2017

Ini Dia Bedanya Backpacker dengan Traveller ?

Backpacker or Traveller?


Kalo ditanya bedanya, sebenaraya antara traveller dan backpacker itu nggak ada bedanya. Sama-sama pengen hangout, sama-sama pengen liburan, dan sama-sama pengen meng-explore destinasi wisata tujuan. Dan yang jelas mereka sama sama galau. (Ngaku nggak loe!)

Meskipun beda-beda tipis alias BETI, tapi ada beberapa perbedaan yang mendasar dan sangat prinsipel. Kalo mau tau, ini dia perbedaannya :

ü  Barang Bawaan
Dari barang yang dibawa, kita bisa menyimpulkan apakah dia termasuk backpacker atau traveller. Seorang backpacker identik dengan bawaan tas carrier dan tak jarang membawa tenda lipat, sedangkan traveller lebih suka nenteng koper dengan bawaan yang super lengkap. Malahana kalo kulkas bisa masuk koper juga kayaknya bakalan dibawa deh... :D

ü  Budget
Dari sisi budget atau biaya, seorang backpacker biasanya berjuang keras untuk memperoleh budget seminim mungkin dengan berbagai trik cerdas, dari mulai sharing cost, sampai penyusunan itinerary yang benar-benar diperhitungkan dengan matang. Sedangkan traveller cenderung tidak mau direpotkan dengan urusan tetek bengek (bayangin aja tetek aja dia nggak mau loh...! *eh). Biasanya travel agent adalah pilihan seorang traveller untuk mengatur liburannya.

ü  Tempat menginap
Oleh karena budget yang terbatas dan selalu menjadi pertimbangan, maka seorang backpacker biasanya malas untuk menginjak hotel. Mereka lebih suka bikin tenda. Kalaupun dengan terpaksa menginap, mereka memilih menginap di homestay atau rumah-rumah penduduk yang di sewakan. Alasannya? ya apa lagi kalo bukan penghematan atau cost down. Daan...., meski sekali-kali menginap di hotel, itu bukan karena mereka nyerah dan nggak ada tempat menginap, tapi memang karena hotel nya lagi promo gede gedean (up to 75% he he…). Sedangkan traveller lebih suka nge hotel biar praktis. Mereka ogah kalo diajak nginap di hotel berbintang banyak alias nenda. :D :D :D

ü  Transportasi
Untuk urusan yang ini, mereka para backpacker lebih suka ngompreng dengan berbagai kendaraan untuk menuju destinasi impian. Malahan kadang bermodal jempol saja mereka bisa loh sampai di tujuan wisata. Traveller malah sebaliknya, dia lebih suka membeli kenyamanan, misal menggunakan mobil rental atau pesawat.

ü  Tujuan dan Misi
Ini perbedaan yang paling mendasar banget. Seorang backpacker melakukan perjalanan menuju destinasi impiannya bermotifkan panggilan hati dan untuk kepuasan pribadi, tapi disisi lain dia akan stress jika pengeluaran biaya ke destiasi impian meleset dari perkiraan dan anggaran. Sedangkan traveller mengincar destinasi wisata karena mereka menganggap tempat itu bisa menghilangkan stress dan kepenatan karena mereka jenuh dengan aktifitasnya sehari hari.

Simpelnya sih, kalo Traveller itu stress nya sebelum liburan karena mikirin biaya yang besar, sedangkan Backpacker itu stress nya setelah pulang liburan, karena pulang liburan duitnya habis.... :D :D :D 

Kalo kamu termasuk aliran mana sob?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan jejak anda dengan mengisi komentar dibawah ini, supaya saya tahu anda pernah mampir ke sini, lain waktu saya yang akan berkunjung balik. Matur suwun....