10 November 2017

Chicking Indonesia, Restoran Khas Timur Tengah di Timur Jakarta

Choicking Indonesia, Restoran Khas Timur Tengah 

Akhir pekan kemarin, ada suasana berbeda di mall @Bassura, Jl. Raya Basuki Rahmat, Cipinang, Jakarta Timur. Spanduk, poster dan baliho terlihat mencolok terpampang di beberapa sudut bagian mall. Rupanya ada opening sebuah restoran yang mulai beroperasi pada akhir Oktober kemarin. Kalo melihat posternya sih itu seperti restoran sip saji berkonsep franchise. Tapi, franchise yang ini sedikit berbeda dari franchise yang biasa terlihat di mall mall. Dari posternya tampak background dengan sketsa gedung pencakar langit Burj Khalifa khas Dubai.

Ternyata franchise ini memang berasal dari Dubai, Uni Emirat Arab. Nama franchise nya Chicking Indonesia, yang merupakan perwakilan jaringan internasional resto halal dari Dubai, Uni Emirat Arab. Selain di Indonesia, jaringan restoran ini juga sudah menyebar di beberapa negara, seperti India, Oman, London, Malaysia, dan Afghanistan.

Di Indonesia sendiri, Restoran Chicking pertama kalinya dibuka di Surabaya pada bulan Mei lalu, lokasinya di Royal Plaza Surabaya. Di kota pahlawan ini, restoran Chicking berhasil merebut hati masyarakat Surabaya dengan menu andalannya yang khas Timur Tengah. Kesuksesan tersebut membuat Chicking Indonesia optimis bisnisnya akan tumbuh di Indonesia. Buktinya, haya berselang beberapa bulan saja, jaringan restoran ini sudah merambah di beberapa kota besar seperti Jakarta, Tangerang, dan Bekasi. Di Jakarta sendiri berlokasi di Mall @Bassura lantai 2, persis didepan arena Kids Zone dan Cinema XXI. Lokasinya yang strategis dekat dengan arena entertanment membuat restoran ini mudah dijangkau. Desain interiornya yang khas juga tampak mencolok, sehigga menarik siapa saja yang lewat di depan restoran. Sehari setelah grand opening di Jakarta, Chicking Indonesia resmi membuka outletnya di kawasan BSD Tangerang, dan akan di lanjut opening di Bekasi.

Mall @Bassura, Jl. Basuki Rahmat, Jakarta Timur


Jika biasanya saya ke Mall @Bassura hanya mengambil uang di mesin ATM saja untuk berbelanja di pasar gembrong, kali ini saya tergoda untuk mampir ke gerainya Chicking Indonesia, pengen icip-icip makanan Timur Tengah, kayak apa sih rasanya...

Ini dia menu khas Chicking Indonesia.

Teh Arab dan Kopi Arab
Menu minuman ini disajikan begitu saya datang dan duduk di meja makan. Sayapun memesan minuan Teh Arab, karena selain memang hobi nge teh, saya juga penasaran dengan rasa teh Arab. Kata “Arab” yang tersemat pada menu minuman ini juga salah satu alasan yang membuat saya penasaran dan akhirnya memesannya. Aroma wangi khas Tmur Tengah ada pada kapulaga yang di cemplungin ke dalam air teh. Selain teh Arab, ada juga Kopi Arab, yang aromanya tak kalah menggoda.

Flamming Grilled Chicken

Dibuat dari potongan ayam paling lezat, karena dagingnya empuk dan fresh. Sebelum dibumbui, daging ayam sudah melalui proses perendaman khusus, sehingga begitu dipanggang hasilnya akan empuk dan mengeluarkan aroma khas.

Menu ini konon menjadi menu terlaris. Karena selain enak, juga sehat. Daging ayam yang di panggang tanpa kulit, sehingga rendah lemak. Selain itu, rendaman dengan bumbu rahasia membuat tekstur daging menjadi empuk dan matang merata.



Chicking Rice

Nah, ini nasi yang unik menurut saya. Menu Nasi Kuning ini terinspirasi dari nasi Biryani, terbuat dari beras Arab atau beras Basmati yang dimasak dengan rempah khusus. Bentuk nasi nya sedikit lebih panjang dari nasi di Indonesia. Nasi ini memang telah populer di beberapa negara seperti Pakistan, Irak, Iran Afghanistan, Bangladesh, dan Srilanka. Karena saya belum pernah kesana, jadi sedikit norak dengan adanya nasi Biryani ini.

Saya menemukan beberapa rempah khas di gumpalan nasi Biryani ini saat menyantapnya. Ada kapulaga, cengkeh, dan potongan paprika. Yang membuat saya masih penasaran hingga sekarang adalah rasa gurihnya yang katanya bukan berasal dari santan, tapi dari bumbu rahasia yang dicampur dan meresap kedalam nasi. Yang jelas nasi Biryani ini lebih sehat karena tanpa santan.

Original Fried Chicken
Berbeda dengan Chicken restoran ala alaa barat, Chicken khas Dubai ini punya ciri khas. Terbuat dari potongan ayam juicy yang di rendam dengan bumbu khas rempah-rempah aromatik, sehingga memiliki tekstur lembut. Chicken ini dilapisi dengan tepung roti dan tepung putih, lalu digoreng hingga berwarna cokelat keemasan.
Tadinya saya mengira diagian luar ayam goreng ini adalah kulit ayam, tapi ternyata lapisan tepung. Buat saya, Original Fried Chicken ini recommended karena tanpa kulit ayam, sehingga rendah lemak.

Big Beef Burger

Ciri khas dari burger ini adalah daging sapinya yang  segar dan empuk, dengan ukuran yang lebih lebar dan tebal dari burger kebanyakan. Burger ini dilapisi dengan aneka sayuran segar, seperti: bawang, acar, tomat, dan diselimuti dengan roti lengkap dengan taburan biji wijen.
Untuk mencicipi menu ini, harus sedikit bersabar, karena proses pembuatannya memakan waktu 5 hingga 10 menit. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas kesegaran daging sapi nya. Konon daging sapi akan terasa nikmat jika bubu nya meresap dalam waktu 5 sampai 10 menit.


Tandori Burger
Salah satu keunggulan dari Oven Tandoor adalah bisa menciptakan daging yang paling flavoursome. Tandoori Burger terbuat dari Fillet ayam renyah dan pedas, dilapisi dengan tepung roti dan taburan bubuk tandoori yang memiliki aroma khas India. Segarnya selada dan saus mayo serta biji wijen menciptakan rasa yang berbeda dengan kelezatan sempurna saat menyantapnya.

Royal Crunchy

Simbol kemegahan yang dikemas dalam bentuk Sndwich Chicking yang lezat, asli dan pedas. Fillet ayam dinaungi selada segar, dan di mahkotai dengan mayones yang kaya rasa.

Royal Wrap
Item klasik sesuai dengan namanya, dan yang pasti ada aksen mewah yang bisa dirasakan hanya setelah satu gigitan. Tersedia rasa original dan dibungkus pedas dengan dua strip menggoda, selada segar, tomat potong dadu dan mayones dengan roti tortila panggang panas, bener bener menggugah selera makan saya.


Crunchy Supreme
Menu favorit keluarga yang besar, sehat dan murah hati inilah signature kelezatan Chicking Big Supreme Sandwich. Hadir dalam dua rasa, original atau pedas. Fillet ayam yang dilengkapi dengan selada segar, tangiest asin, di beri topping saus Chicking gurih.

Chick Posps
Daging ayam dengan ukuran satu gigitan yang lembut tanpa tulang. Potongan-potongan yang dibumbui dengan rempah harum, ramuan surgawi, dilapisi tepung roti dan tepung putih, lengkap dengan bumbu Chicking klasik. Tersedia dua varian rasa, original dan pedas.

Tandoori Fries

Kentang goreng berkarater yang renyah di bagian luar, tapi lembut di bagian dalamnya. Keunikan menu ini ada pada taburan bubuk tandoori khas India. Menariknya lagi, rasa pedas bumbu nya bukan dari cabai, tapi dari paprika dan bumbu rempah lainnya.










Tak butuh waktu lama saya menyantap aneka menu andalan resto ini. Setiap menu yang disuguhkan membuat saya penasaran, karena masing-masing menu memiliki ciri khas dan sensasi tersendiri dibandingkan dengan menu-menu resto lain sejenis yang sudah bertebaran di mall.




Kapan-kapan kalo ke Mall @Bassura lagi, mau mampir aah... ketagihan sama menu sehatnya Chicking Indonesia nih.... :D

3 komentar:

  1. Klo dulu ada sinetron yg terkenal dengan Jin dari Timur Tengah. Nah fried chicken ala Timur Tengah bakal ngehits juga nih

    BalasHapus

Tinggalkan jejak anda dengan mengisi komentar dibawah ini, supaya saya tahu anda pernah mampir ke sini, lain waktu saya yang akan berkunjung balik. Matur suwun....