18 Agustus 2017

Agustusan di Hotel Grand Zuri BSD dengan Parade Sepeda Onthel

Pawai sepeda onthel dalam rangka HUT RI ke 72 di Hotel Grand Zuri BSD
Ada beragam cara yang dilakukan dalam memperingati hari kemerdekaan RI. Dari mulai perlombaan tradisional, pentas seni, hingga parade atau pawai. Sama seperti yang dilakukan oleh managemen Hotel Grand Zuri BSD. Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke - 72, Hotel Grand Zuri BSD menyelenggarakan acara Parade Sepeda Onthel untuk mengenang kejayaan kendaraan ini pada masa kemerdekaan,  dengan menggandeng komunitas Cooperst, sebuah komunitas sepeda Onthel ternama di Tangerang.

Di kota Tangerang, tepatnya daerah Sepatan, komunitas Cooperst sudah dikenal sebagai komunitas sepeda onthel antik peninggalan zaman dulu. Selain kopdaran rutin, komunitas ini juga rajin melakukan aktifitas gowes bareng menjelajah daerah luar kota, seperti Bekasi dan bahkan sampai ke Bandung.

Uniknya, meskipun sepeda tua, akan tetapi tampilan dan mesin nya masih oke dan orisinil, tidak mengalami modifikasi. Para anggotanya juga kerap berpenampilan nyentrik layaknya masyarakat zaman dahulu, menambah keunikan tersendiri bagi yang melihatnya. Karena keunikannya itu, banyak perusahaan dan instansi yang mengundang komunitas ini pada event-event tertentu. Salah satunya managemen Hotel Grand Zuri BSD yang mengundang komunitas ini khusus untuk moment Agustusan yang sesuai dengan tema hotel.

Semakin tua, sepeda Onthel semakin antik
Acara Parade Sepeda Onthel digelar pada hari sabtu, tanggal 12 Agustus 2017, dimulai pkl. 07:30 wib. Mengambil start dari kawasan Taman Kota BSD dan berakhir di pelataran hotel Grand Zuri BSD. Seluruh peserta parade berkostum unik, ada yang mengenakan kostum ala pejuang veteran, kostum petani jawa, kostum keraton, kostum menir dan noni Belanda, hingga kostum pemuda terpelajar ala ala bung Karno. 

Start kawasan Taman Kota BSD

Sepanjang perjalanan, mereka kerap meneriakkan yel yel khas komunitas, sambil menabuh bel sepeda khas zaman dahulu, sehingga menarik perhatian pengguna jalan raya di kawasan BSD.

Iring-iringan sepeda warisan zaman bung Karno itu di sambut meriah oleh segenap staff dan karyawan hotel yang langsung dipimpin oleh manager hotel Anton Hartanto. Dengan melambai-lambaikan bendera kecil di kedua tangan, para karyawan hotel menyambut rombongan Cooperst dengan penuh suka cita, layaknya menyambut pahlawan yang pulang dari medan perang.

Sambutan dari manager Hotel Grand Zuri BSD, Anton Hartanto
Acara sambutan managemen hotel Grand Zuri BSD

Suasana seperti zaman kemerdekaan lebih terasa saat bunyi sirine meraung raung, dan para peserta meneriakkan kata “Merdeka!” sambil mengangkat kepalan tangan. Apalagi sepanjang acara penyambutan, panitia menyetel lagu lagu perjuangan. Siapapun yang menyaksikan acara ini memorinya akan terbawa ke zaman kemerdekaan.




Acara dilanjutkan dengan sambutan dari manager operasional hotel, penempatan sepeda onthel legendaris di lobi hotel, dan saling tukar cinderamata antara managemen Hotel Grand Zuri BSD dan komunutas Chooperst.

Penempatan sepeda Onthel antik 
di lobby Hotel Grand Zuri BSD
Saling bertukar cinderamata antara
Komunitas Cooperst dan Hotel Grand Zuri BSD
Acara ditutup dengan makan bersama di pelataran hotel dengan background deretan sepeda onthel milik para peserta. Dirgahayu Republik Indonesia ke 72 “MERDEKA...!”

Berikut dokumentasi saya selama mengikuti parade sepeda onthel ini.


Konvoi Sepeda Onthel Komunitas Cooperst

Onthel Mania dengan Kostum Unik

Kostum Unik para peserta Parade Sepeda Onthel

Petugas P3K komunitas Cooper
Parkir Sepeda Onthel Antik di pelataran Grand Zuri BSD




Foto bersama keluarga Hotel Grand  Zuri BSD 
dan Komunitas Cooperst





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan jejak anda dengan mengisi komentar dibawah ini, supaya saya tahu anda pernah mampir ke sini, lain waktu saya yang akan berkunjung balik. Matur suwun....