07 Mei 2017

Liburan Keluarga di Transera Waterpark, Wisata Air Terbesar dan Terlengkap di Bekasi


Transera Waterpark, Wisata Air Terbesar dan Terlengkap di Bekasi

Saya : "Kakak, minggu depan ayah mau ke waterpark, disana bisa berenang dan maen pancuran, kakak mau ikut?”

Kakak : "Asiik...! aku mau ikut ayah...!”

Saya : "Dede diajak nggak?”

Kakak : “Diajak dong!”

Awalnya si Kakak (panggilan anak saya, Risya 3,6 tahun) terdiam sejenak waktu mendengar kata Waterpark, kemudian setelah saya jelaskan bahwa di Waterpark bisa berenang dan main pancuran air, dia mulai faham, dan wajah  sumringahnya terlihat, begitu senang dan antusias. Memang sudah lama saya tidak mengajak mereka ke Waterpark. Terakhir mengajaknya ke Waterpark saat liburan lebaran dua tahun lalu di Objek Wisata Guci, Jawa Tengah. 


Kali ini, saya ingin mengajak mereka untuk bermain wahana air terluas di daerah Bekasi, Transera Waterpark. Sebenarnya  banyak sih wahana air yang dekat dengan rumah, tapi saya memilih untuk menyambangi Transera Waterpark di kawasan Harapan Indah, Kota Bekasi. Selain penasaran karena wahananya komplit dan tempatnya yang super luas, saya juga tertarik dengan diskon besar-besaran yang ditawarkan oleh Transera Waterpark. Dengan membeli satu tiket online, kita akan mendapat free satu tiket.

Nah, mumpung diskon, jadilah saya pergi membawa rombongan, selain anak-anak, ada istri dan juga mertua. Sayang sekali, keponakan nggak jadi ikut, padahal kan seru kalo si Lukman dan Barok ikut, si Kakak jadi ada teman untuk seru-seruan disana.

Kabarya, Transera Waterpark yang mengusung tema Afrika ini luasnya 6,8 hektare, dengan menampilkan suasana Timbuku. Tahu Timbuku? itu loh, daerah pedalaman Afrika yang merupakan perbatasan antara gurun sahara dan padang savana, dimana terdapat sungai Niger di tengahnya.

Kebayang kan kita nyemplung di air sungai, mengikuti arus sungai, lalu disuguhi panorama khas gurun pasir dan padang savana yang suasananya bertolak belakang?. Terbayang di benak saya, betapa senangnya  Kakak Risya dan Dede Fathan bermain wahana air seluas 6 kali lapangan sepak bola, kemudian bermain di taman dengan aneka patung satwa, dan pernak pernik khas Afrika lainnya. Maklum, mereka biasa bermain air di bak mandi intake, yang luasnya hanya cukup untuk mereka berdua selonjoran J

Beberapa hari sebelum hari H,  saya menyempatkan diri untuk mengunjungi websitenya Transera, untuk sekedar mencari informasi tentang Transera. Ternyata Waterpark ini memiliki total 14 wahana, yang terdiri dari 7 wahana kategori Waterpark dan 7 wahana lainnya katregori Dry Park, kedua wahana bisa dimainkan oleh seluruh anggota keluarga, dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Ada wahana Golwe Pool dengan ombak buataan, ada Turkana Pool lengkap dengan seluncuran air dan ember tumpah raksasa, kemudian ada Cango Slide dan Crazy Cone yang memancing andrenalin, dan yang nggak kalah seru adalah wahana Tangaloma, Obus, Ducky Dunk, Mosi Oa Tuya, dan Zambeli River. Dua wahana diantaranya menjadi wahana pertama di Indonesia yang belum ada di Waterpark lain, yaitu Crazy Cone dan Tangaloma. Saya langsung ngeces pingin menjajal semua wahana yang ada di Transera Waterpark.

Selain berbagai wahana menantang, Transera Waterpark juga menyediakan beragam fasilitas bagi pengunjungnya, diantaranya arena parkir yang luas, ATM center, Musholla di dalam kawasan, Klinik, Cowboy town, Timbuktu, Chacalaka Foodcourt, Breanded Resto, Transera Karaoke, Marchandise Shop, Gazebo, dan Ticketing Machine untuk memudahkan transaksi dan isi deposit.

Karena penasaran kepengin segera menjajal permainan seru di Transera Waterpark, saya dan keluarga pun sepakat untuk berkunjung ke Transera akhir April lalu.

Ini Cerita Perjalanan liburan saya dan keluarga di Transera Waterpark, Ayo ke Transera!


Karena terobsesi ingin mencoba 14 wahana yang ada di Transera, dari rumah saya rencanakan pagi hari, selain menghindari macet tentunya. Tapi ya namanya juga mengajak anak anak, menyiapkan bekal mereka juga sudah menyita waktu, belum lagi menunggu semua bangun dan mandi pagi. Ahirnya berhasil juga tancap gas jam 9 pagi, itu juga anak anak sarapan di perjalanan.

Setelah berjibaku dengan macetnya jalanan ibukota selama hampir dua jam, akhirnya sampai juga di bekasi Harapan Indah, kami pun masuk via gerbang kawasan bundaran HI nya Bekasi (Harapan Indah).

Dari tugu putaran HI, lokasi Transera Waterpark tidak begitu jauh, dari tugu ambil saja jalan ke kiri  hingga ketemu terminal bus Feeder Harapan Indah. Dari situ lurus kira-kira 500 meter. Semakin mendekati lokasi, aroma Waterpark begitu terasa, dan wahana Crazy Cone nya Transera terlihat menjulang dari jalan utama. Buat yang menggunakan kendaraan umum, jangan kawatir, di halte Harapan Indah juga disediakan bus wisata Transera yang ngetem disana. Setiap satu jam, bis akan mengantar pengunjung Transera ke lokasi Transera. Bayar? Enggak koq, GRATIS.

Selain menyandang sebagai waterboom terluas di Bekasi, Transera Waterpark juga menggunakan sistem canggih untuk setiap transaksinya. Seluruh wahana yang ada di Transera bisa dinikmati dengan menggunakan sistem transaksi digital. Jadi sebelum masuk ke area Waterpark, kita di beri gelang digital yang isinya adalah pulsa untuk bertransaksi di kawasan Transera, baik itu transaksi sewa pelampung, loker, naik wahana, maupun membeli makanan. Semuanya menggunakan sistem tap digital, dengan cara menempelkan gelang di alat scanner yang ada di setiap wahana.

Begini cara bertransaksi di Transera Waterpark :



Sebelum masuk ke arena Waterpark, pengunjung dipersilakan untuk deposit uang dalam jumlah tertentu sesuai kebutuhannya selama di dalam arena Transera.

Oiya, tiket  seharga 87.000,- / orang (tiket promo) yang saya beli sudah termasuk tiket untuk menikmati beberapa wahana di Transera Waterpark, antara lain Turkana Pool, Mosi Oa Tunya, Golwe Pool, Cango Slide, Crazy Cone, dan bonus dua wahan lainnya, yaitu Ducky Dunk dan Gari Gari.

Saya hanya mengisi deposit untuk persiapan menjajal wahana lain diluar paket. Buat yang tidak mengisi deposit juga tidak masalah, asalkan kuat aja menahan godaan kepengen naik wahana yang berbayar, he he he. Buat yang kehabisan deposit, jangan kawatir, di dalam arena Waterpark ada juga loket khusus untuk tambah deposit.

Ini dia kegiatan saya dan keluarga berwisata air di Transera Waterpark, Ayo ke Transera!

#1 - Ducky Dunk

Sesuai namanya, wahana ini adalah kolam dengan sampan berbentuk bebek yang mengapung diatasnya. Uniknya, sampan bebek ini dilengkapi dengan senapan air, yang bisa menyemburkan air ke penumpang sampan bebek lain. Satu sampan bisa muat 2 orang, dengan dua tombol kendali didepannya, tombol sebelah kanan untuk tenaga penggerak, dan tombol sebelah kiri untuk menyemprotkan air. Wahana ini lokasinya di sebelah kanan pintu masuk utama. Lokainya di paling ujung. Meski termasuk wahana Waterpark, tapi wahana ini tidak begitu membuat pakaian menjadi basah kuyup, cocok untuk pemanasan sebelum menjajal wahana waterpark lainnya.

Karena satu sampan hanya muat untuk dua orang, maka saya butuh dua sampan untuk bisa bermain seru, pas banget, saya dengan Kakak Risya, dan istri saya dengan Dede Fathan. Kamipun mulai seru seruan main perang perangan di wahana ini.

Ini dia keseruan kami di Wahana Ducky Duck.



#2 - Zambezi River

Bisa dibilang wahana ini adalah wahana terluas di Transera Waterpark, atau mainspotnya Transera. Sepertiga luas Transera Waterpark adalah Zambezi River. Bentuknya seperti sungai dengan lebar 5 meter dan panjang lintasan 330 meter. Hampir seluruh wahana yang ada di Transera Waterpark dilintasi oleh wahana Zambezi River ini. Dibutuhkan waktu lebih dari sejam untuk mengelilinginya dengan bersantai diatas pelampung. 

Tertarik untuk mencoba wahana ini?, begini cara saya menikmati wahana Zambezi River:



#3 – Turkana Pool

Wahana ini menjadi favoritnya Kakak Risya dan Dede Fathan, serta mungkin anak anak kecil lainnya yang datang ke Transera. Turkana Pool lokasinya berada paling dekat dengan pintu masuk, adanya sebelah kiri. Wahana ini juga sangat ramah dengan anak-anak, baik ramah fasilitas maupun ramah keamanannya. Kedalaman airnya hanya setengah meter, dan dilengkapi dengan aneka permainan yang membuat anak betah berlama-lama disini. 

Selain ember tumpah, di wahana Turkana Pool juga terdapat aneka slide seluncur yang disesuaikan dengan usia anak. Ini keseruan wahana Turkana Pool waktu saya dan keluarga kesana:






#4 - Golwe Pool

Wahana ini bisa menciptakan gelombanhg ombak dengan ketinggian 1,6 meter setiap sejam, dengan durasi 15 menit. Berada di wahana Golwe Pool kita seperti berada di tepi pantai, hanya saja tidak berpasir. 

Sayang sekali, tiga kali saya ke  wahana ini, ombaknya sedang off, jadi tidak sempat mencoba serunya bermain ombak buatan di Golwe Pool. Menurut salah satu teman yang mencoba sih, dibanding waterpark lain, ombak di Golwe Pool nya Transera beda dengan di waterpark lain, lebih besar dan lebih menantang.




#5 - Mosi Oa Tunya

Meluncur dari ketinggian 10 meter dengan  posisi tengkurap? berani? Wahana Mosi Oa Tunya ini menantang siapa saja yang berani melakukannya. Rasanya? jangan ditanya, langsung saja dicoba. Seru..!



#6 - Cango Slide & Crazy Cone

Wahana ini paling favorit buat saya, sebab wahana ini yang benar-benar memancing andrenalin saya. Dua wahana ini tingginya 14 meter, dengan slide seluncur model terbuka dan model tertutup. Pada wahana Crazy Cone sedikit unik, selama meluncur, ita akan bertemu dengan 3 cone yang mengocok andrenalin.  

Cango Slide Transera Waterpark

Sebenarnya petugas keamanan tidak memperbolehkan pengunjung untuk membawa handphone, tapi karna saya ingin mengabadikan untuk di pajang di blog, maka security memperbolehkan. dan ini dia video keseruan meluncur  di wahana Cango Slide nya Transera Waterpark.



#7 - Obus

Bisa dibilang Obus adalah wahana edukasi bagi anak-anak. Obus termasuk jenis wahana drypark. Di dalam arena wahana ini, anak anak diberi kebebasan untuk bermain di berbagai wahana menantang. Ada prosotan, jembatan gantung, ayunan, dan permainan ketangkasan lainnya. Kakak Risya dan Dede Fathan begitu betah bermain di wahana ini. Mereka terlihat begitu akrab.



#8 - Gari-Gari dan Tangaloma

Nah, dua wahana ini yang belum sempat saya coba. Padahal, kedua wahana ini seru banget. Kedua wahana ini termasuk wahana drypark. Sampai detik ini saya masih penasaran gimana rasanya ber Tangaloma ria, wahana dengan aksi meluncur diagonal dari ketinggian menggunakan ban ini menjadi wahana incaran saya sebelum ke Transera. Moga aja lain waktu bisa balik lagi kesini, dan mencoba kedua wahana ini.




Tidak disangka, 7 jam berada di arena Transera Waterpark, waktu berlalu begitu cepat. Saking serunya menikmati wahana yang ada, kami tidak sempat untuk menjajal semua wahana, karna hari sudah gelap. 60% waktu dihabiskan di wahana Turkana Pool, menemani Dede Fathan dan Kakak Risya meng-explore permainan air.


Meski Transera tutup hingga malam, dan anak anak kelihatan masih betah, saya juga tidak mau memaksakan kemampuan fisik mereka. Raut mereka memang masih riang, tapi mata mereka sudah terlihat lelah. Kamipun bersiap siap untuk pulang. Sebelum beranjak pulang. kami sempat menikmati aneka kuliner yang ada di arena Waterpark. 

Terimakasih Transera Waterpark, telah memberi pengalaman kepada Kakak Risya dan Dede Fathan untuk meng-explore permainan air yang mereka suka. Lain waktu, kami akan kembali lagi untuk mencoba wahana yang belum sempat kami explore karena keterbatasan waktu.

Terakhir, saya buat video lengkap keseruan liburan kami di Transera Waterpark ini.
Ayo ke Transera!:



Website        : http://transerawaterpark.co.id/en
Fanpage FB : Transera Waterpark
Twitter     : @Transera_Bekasi
Instagram : @Transerawaterpark.Bekasi


Posting Komentar