02 Juni 2016

Garda Mobile Membawa Asuransi Astra Menjadi Perusahaan Paling Digital di Indonesia

#GoingMobile Asuransi Astra


Gaya hidup masyarakat yang serba digital telah menuntut pelayanan yang serba mobile. Perubahan gaya hidup masyarakat ini membuat perusahaan jasa berlomba lomba memberikan pelayanan yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar, agar produk mereka mudiah diterima oleh masyarakat. Salah satu perusahaan  yang konsisten menggunakan aplikasi mobile sebagai basis pelayanan adalah Asuransi Astra Garda Oto.

Melalui aplikasi Garda Mobile nya, Asuransi Astra telah meluncurkan aplikasi bernama OtoCare sebagai basis pelayanan kepada pelanggannya. Uniknya, aplikasi ini diperuntukkan bukan hanya untuk para pelanggannya saja, tapi bisa diakses oleh seluruh masyarakat, meski mereka bukan nasabah atau member Garda Oto. Saya adalah salah satu non nasabah yang menggunakan aplikasi ini.

Meski bukan nasabah Garda Oto, saya suka menggunakan aplikasi ini pada beberapa fiturnya, ada fitur Near Me dan Fitur Reminder. Pada fitur Near Me, saya mendapat manfaat yang luar biasa saat sedang di perjalanan, karena fitur ini akan memberitahu lokasi atau tempat tempat penting, seperti SPBU, Rumah Sakit, Mini Market, dan tempat-tempat strategis lainnya, sehingga cocok buat saya yang suka melakukan kegiatan traveling.

Beberapa menu favorit saya di aplikasi OtoCare

Fitur yang tak kalah membantu saya adalah fitur Reminder. melalui fitur ini, pengguna aplikasi OtoCare bisa memantau masa berlaku SIM, STNK, dan monitoring BBM kendaraannya. Sebenarnya ada satu lagi fitur favorit saya, yaitu fitur inbox. Fitur ini sering digunakan oleh Garda Oto untuk memberikan informasi penting dan kadang memberi gift kepada para pemakai setia aplikasi OtoCare, seperti saya. Malahan, jika dalam setahun menjadi pemakai setia aplikasi ini, total benefit yang saya peroleh dari program yang ada pada aplikasi OtoCare mencapai 1,2 juta an loh.. Kebayang kan, waktu lagi hening heningnya pengen liburan tapi nungguin uang gajihan yang nggak kunjung datang, tiba-tiba ada inbox dari OtoCare yang memberikan tiket gratis naik gondola di Ancol... :D :D :D

Tahun 2016 ini adalah tahun ketiga Asuransi Astra menggunakan aplikasi mobile OtoCare sebagai basis pelayanannya, dan bahkan mengukuhkan dirinyas ebagai satu satunya perusahaan yang seluruh pelayanannya bisa diakses secara mobile, dari mulai registrasi, claim, survey, dan standar prosedur pelayanan lainnya, semuanya menggunakan sistem aplikasi mobile sehingga mereka menyebut tahun 2016 sebagai tahuan nya #GoingMobile.

Dalam sambutannya di acara peluncuran #GoingMobile tanggal 25 Mei, Santosa (@snt4online) selaku CEO Asuransi Astra mengukuhkan cita cita Asuransi Astra sebagai perusahaan paling digital di Indonesia. Untuk menggapai cita-cita tersebut, perusahaan telah melakukan langkah-langkah strategis, diantaranya dengan melakukan inovasi-inovasi digital mobile pada pelayanannya.

Setidaknya setiap tahun manajemen melakukan inovasi baru. Contohnya tahun ini saja, sederet layanan yang tadinya on office, sekarang sudah bisa mobile, seperti layanan Garda Mobile  OtoSales dan Garda Mobile OtoSurvey, yang diluncurkan guna memudahkan petugas front liners melakukan tugas pelayanan kepada pelanggan. Selain itu, berbagai aplikasi yang bisa digunakan secara internal dan eksternal juga berhasil release di tahun ini. Semuanya ada 4 aplikasi, dimana dua aplikasi merupakan pengembangan dari sistem sebelumnya, yaitu Garda Mobile OtoCare v2.0 dan Garda Mobile HRakses. Sementara dua aplikasi lainnya merupakan aplikasi baru, yaitu Garda Mobile CRakses untuk pelanggan komersial dan Garda Mobile MedCare yang bisa digunakan oleh seluruh masyarakat, baik pelanggan atau bukan pelanggan Garda Oto.

Keempat aplikasi bisa diunduh via Google Play dan Apple  Store. Nah, khusus aplikasi Garda Mobile MedCare, Asuransi Astra menggelar lomba blog. Para Blogger diminta untuk menceritakan pengalamannya menggunakan aplikasi ini, dan tentunya sedikit review mengenai produk layanan MedCare.

MedCare Blog Competition

Selain deklarasi #GoingMobile dan peluncuran empat layanan aplikasi mobile, pada momen penting tersebut juga dimanfaatkan oleh manajemen Asuransi Astra untuk memberikan sederet penghargaan kepada 11 orang terpilih yang mewakili 11 macam profesi, dimana aktifitasnya dinilai sejalan dengan prinsip Peace of Mind nya #GoingMobile. Mereka  adalah :

1. Indra Suparta, Penjaga perlintasan kereta api
2. Anang Julianto, Air Traffic Controller
3. Andi Sudirman, Penjaga bendungan Katulampa
4. Ani Kusuma Dewi, Relwan
5. M. Dadang, Security cluster
6. Ennie, petugasn Day Care
7. Kol. Inf. Heri Prakosa, Kepala Penerangan Kodam Jaya
8. Heri Supartono, Pengawas Gunung Berapi
9. Sarono, SE, Komandan pleton Dinas Kebakaran
10. Hataris S. Alam, MM, Dokter
11. Wahdianti, Skm, Bidan

Kesebelas orang tersebut mewakili profil masyarakat yang telah berhasil menjadi Peace of Mind di tengah masyarakat. Selain diberi penghargaan, mereka juga di hire menjadi bintang iklan Asuransi Astra yang akan tayang sepanjang tahun 2016 ini. Sebagai warga masyaraat awam, saya merasa terharu dengan adanya pengharnaan tersebut.

Malam Penghargaan kepada 11 erwakilan profesi sesuai tema Peace of mind

Bagi saya, pemberian penghargaan kepada 11 profesi itu mencerminkan bahwa manajemen Asuransi Astra memberikan perhatian dan sekaligus menghargai dedikasi mereka pada bidang nya masing-masing, dimana keberadaan mereka sangat berarti bagi masyarakat, ditengah kehidupan yang dinamis dengan tingkat mobilitas tinggi.

Saya merasa bangga bisa menjadi salah satu diantara ratusan hadirin pada acara launching #GardaMobile . Dari sana saya banyak belajar utuk mengerti arti sebuah dedikasi dan pengabdian untuk masyarakat, meski aktifitas dipenuhi dengan kesibukan dan mobilitas tinggi.

Selamat kepada Asuransi Astra Garda Oto yang telah berhasil meluncurkan layanan mobile dalam rangka menuju perusahaan paling digital di Indonesia. Saya masih menunggu kejutan-kejutan selanjutnya dari Asuransi Astra.

Selamat bekerja, salam sukses !!

Nantikan review saya tentang aplikasi MedCare, satu dari empat elemen puzzle pada aplikasi #GoingMobile yang di luncurkan oleh Asuransi Astra.

MedCare Apps, Satu dari Empat elemen Puzzle #GoingMobile Persembahan Asuransi Astra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan jejak anda dengan mengisi komentar dibawah ini, supaya saya tahu anda pernah mampir ke sini, lain waktu saya yang akan berkunjung balik. Matur suwun....