10 Juni 2016

Aplikasi MedCare dari Garda Mobile, Cara Cerdas Gaya Hidup Sehat di Era Digital


Bulan Mei lalu, Asuransi Astra melalui Garda Mobile nya meluncurkan sebuah aplikasi khusus untuk memantau kesehatan para pengguna aplikasinya, mereka menamakan aplikasi barunya dengan #MedCare. Sesuai dengan namanya, (mungkin) MedCare adalah akronim dari Medical Care. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa memantau kondisi kesehatan  melalui sejumlah menu yang disediakan dalam aplikasi. Uniknya, meskipun yang meluncurkan adalah sebuah perusahaan asuransi, tapi aplikasi ini bisa loh diunduh dan digunakan untuk umum, tidak melulu harus menjadi member asuransi dulu untuk menggunakan aplikasi ini. Asik kan...?!

Aplikasi MedCare merupakan satu diantara empat elemen puzzle yang melengkapi sistem digital mobile nya Garda Mobile Asuransi Astra. Ada dua aplikasi baru yang di-release oleh Garda Oto untuk melengkapi puzzle aplikasi Garda Mobile nya tahun ini, yaitu CRakses dan MedCare, setelah sebelumnya diluncurkan aplikasi OtoCare dan HRakses tahun lalu. Dengan hadirnya #MedCare, lengkap sudah rangkaian puzzle sistem #GoingMobile yang menjadi impian managemen Asuransi Astra, sebagai langkah kekinian untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan pada khsusunya, dan kebutuhan masyarakat pada umumnya.

Rangkaian 4 Puzzle #GoingMobile dari Garda Mobile Asuransi Astra

Jika CRakses dikhususkan bagi pelanggan komersil dan hanya bisa diakses oleh member Asuransi Astra lingkup perusahaan, maka khusus untuk aplikasi Medcare ini Asuransi Astra mempersembahkannya untuk masyarakat umum, sebagai bentuk CSR perusahaan. Seperti apa aplikasi MedCare itu?, Yuk kita kepo-in aplikasi ini, siapa tahu berguna buat kamu, terutama yang lagi program diet, biar tambah PeDe kalo ditanyain masalah berat badan :v

Download Aplikasi MedCare

Agar aplikasi ini bisa dioperasikan di smartphone,  kita musti  download dulu. Oiya, kalian bisa download via Google Play atau Apple Store, tergantung type smartphone, pastikan space memori HP kamu cukup yah bro/sist... Kemarin saya download via Google Play, gampang banget nyarinya. Pada menu pencarian, ketik saja salah satu kata kunci ini: Asuransi Astra, Garda Oto, #GardaMobile, atau MedCare. Nanti di layar smartphone kamu langsung terlihat beberapa aplikasi dari Garda Mobile, salah satunya adalah aplikasi MedCare ini. Langsung saja klik download.

Atau kalau kesulitan karena musti searching, KLIK ini aja.

Mencari aplikasi MedCare di Google Play

Beragam Manfaat dan Fasilitas Pada Aplikasi MedCare

Pada menu utama (Home), MedCare menampilkan 9 menu pilihan yang bisa dipakai sesuai kebutuhan. Oiya, tampilan menu secara garis besar terdiri dari dua kelompok, yaitu susunan menu horisontal yang ada pada header layar dan submenu dengan susunan tumbnails pada menu Home. Pada header layar sendiri ada 5 menu andalan yang ditampilkan, yaitu Home, Profile, Near Me, Knowladge, dan Setting.


Mengeksplore Menu Aplikasi MedCare dari Garda Mobile


Profile
Pertama kali membuka aplikasi MedCare, saya langsung mengisi biodata pada tab menu Profile. Begitu pengisian profile selesai, saya nggak nyangka, langsung mendapat kejutan hadiah dari #GardaMobile, berupa voucher diskon dari Optik Melawai sebesar 500 ribu dan voucher 10 days free trial di Celebrity Fitness. Kejutan ini saya tahu dari menu inbox yang ada pada aplikasi. Hwaa...! baru mendaftar saja saya sudah dikasih gift! KEREN!

Agar ter-record dengan baik, pada menu profile saya mengisi data diri dengan lengkap selengkap lengkapnya, dari mulai Nama, tanggal lahir, nomor HP, dan nomor yang bisa dihubungi dalam kondisi darurat. Semua saya isi dengan data yang akurat dan valid. Selain itu, saya juga melengkapi menu profile dengan foto, biar sedikit ciamik (a.k.a. Narsis) J


Near Me
Bergeser ke sebeah kanan dari menu profile, ada menu Near Me. Jika Near Me pada aplikasi OtoCare kita bisa mencari lokasi SPBU, minimarket dan tempat tempat strategis lainnya, maka pada menu NearMe nya MedCare yang merupakan aplikasi Medical ini, kita bisa  menemukan lokasi fasilitas kesehatan, seperti Rumah Sakit, Klinik Laboratorium, Apotik, Tempat Gym, dan Toko Optik. Setiap kategori jika di sentuh akan menampilkan list data yang dibutuhkan, misalnya pada pilihan sub menu Rumah sakit, akan muncul list data rumah sakit seluruh Indonesia yang menjadi rujukan Asuransi Astra. Selain Rumah Sakit, pencarian fasilitas kesehatan lain yang tak kalah penting adalah lokasi apotik, klinik laboratorium, Gym, dan toko optik.

Uniknya, ketika memilih salah satu data pada list, aplikasi akan otomatis menyambungkan nya ke sistem Google Map, sehingga pada layar smartphone akan langsung membentuk routing menuju lokasi fasilitas kesehatan yang dipilih.

Menu Near Me sangat membantu saya saat berada di jalan dan membutuhkan informasi lokasi fasilitas kesehatan, baik itu rumah sakit, klinik, Gym, atau optik. Saya suka memakai menu ini untuk mencari rumah sakit dan klinik terdekat, baik saat akan periksa kesehatan sendiri maupun saat mengantar keluarga dan sanak saudara melakukan medical checkup. Cukup buka menu NearMe, dan sentuh nama rumah sakit yang dimaksud, kemudian ikuti route yang di tampilkan di layar smartphone. Sangat mudah dan friendly.

Beruntung Rumah sakit RSIA Muhammadiyah Taman Puring yang merupakan rumah sakit langganan saya dan keluarga bisa saya temukan dengan cepat, karena kebetulan data rumah sakitnya berada di baris atas urutan ketiga, sehingga saya tidak perlu repot untuk scroll ke layar bawah dan membaca satu per satu data yang ada. Memang pada tampilan data rumah sakit, pengguna harus jeli membaca satu persatu data fasilitas kesehatan yang menjadi pilihannya, supaya pembacaan lokasi yang ditampilkan oleh smartphone tidak salah.

Dari Aplikasi MedCare langsung nyambung ke GoogleMap

Knowladge
Lokasi menu ini berada di samping kanan menu Near Me. Isi dari menu ini adalah informasi berupa artikel mengenai tips pola hidup sehat, sehingga sangat membantu pengguna untuk menerapkan pola hidup sehat.

Sebagai Blogger yang kurang piknik, ketika membuka menu Knowladge, koq saya jadi kepikiran, mungkin nggak sih saya atau blogger blogger lain bisa mengirim artikel tips hidup sehat supaya tulisan nya bisa tampil di menu knowladge?. Kan lumayan bisa narsis gituh! Hi hi hi,

Aah..., saya memang suka berkhayal yang enggak enggak *abaikan paragraf ini :p



Setting
Menu ini menampilkan tools yang bisa dipergunakan oleh pengguna dan pembuat aplikasi untuk men-setting penggunaan aplikasi MedCare, Yang saya suka dari menu ini adalah kita bisa share pengalaman menggunakan MedCare di media sosial *dasarbloggernarsis :v

Home
Nah, menu ini bisa dibilang jantungnya aplikasi MedCare, manfaat yang bisa digali dari aplikasi MedCare semua ada di menu ini. Menu Home terdiri dari 9 sub menu yang bisa di-explore oleh pengguna setia MedCare, diantaranya : Reminder, Wellnes, Daily Activity, Symptoms, Medical Control, Medication, Call Garda Akses, Inbox, dan Garda Medika.

9 sub menu pada menu Home


Reminder - Untuk seorang pelupa seperti saya, keberadaan submenu Reminder sangat berguna, sub menu ini bisa sebagai pengingat kapan jadwal kontrol dan periksa kesehatan, kapan waktu minum obat, dan juga sebagai pengingat kapan waktunya berolahraga, semua bisa disetting dan diintegrasikan di dalam sub menu Reminder. Buat saya, menu ini berfungsi layaknya punya sekeretaris pribadi, yang setiap waktu mengingatkan saya ketika ada jadwal meeting kantor. Menu ini akan ter-setting secara otomatis saat kita mengisi data pada sub menu Wellnes, Medical Control, dan Medication.

Tampilan sub menu Reminder dan bentuk notifikasi pada smartphone

Begitu selesai mengisi menu profil, saya langsung mengisi data kegiatan saya pada sub menu Wellnes dan Medication yang diintegrasikan ke sub menu Reminder. Keesokan harinya, saya mendapat notifikasi via smartphone, menandakan sub menu Remincer pada aplikasi MedCare sudah bekerja.

Wellnes - Nah, buat kamu yang punya segudang aktifitas, utamanya yang berkaitan dengan aktifitas olahraga dan kebugaran, supaya tidak terlewat, MedCare menyediakan fasilitas sub menu Wellnes untuk menunjang aktifitas tersebut. Kamu bisa memasukkan jadwal aktfitas kamu ke dalam sub menu Wellnes ini, supaya  ter-record dan mudah didokumentasikan. Dan jangan lupa isi kolom remindernya agar terintegrasi dengan sub menu Reminder. Saya sendiri menggunakan menu Wellnes untuk mengontrol aktifitas harian saya, seperti jogging, badminton, renang, dan perawatan diri. Nanti setiap jadwal nya tiba, sejam atau dua jam sebelum nya (tergantung data yang kita input), smartphone akan memberikan reminder mengenai jadwal aktifitas kita, bentuknya semacam notifikasi. Asik loh kalo semua bisa ter-record dalam satu aplikasi MedCare.

Add data aktifitas di sub menu Wellness, lalu tunggu MedCare Bekerja

Daily Activity – Menu ini saya gunakan untuk mengontrol target diet, baik itu untuk mengontrol berapa asupan makanan yang dimakan, berapa minum air putih, teh, dan kopi dalam sehari, atau berapa lama waktu istirahat (tidur), sehingga memperoleh berat badan ideal sesuai yang diharapkan. Yang saya suka dari sub menu ini adalah kalkulator berat badan ideal yang ada pada setting target. Dari situ saya bisa tahu berapa target penurunan berat badan yang musti saya kejar untuk mendapatkan berat badan ideal.
OMG..! ternyata saya overweight 10 kg.

"Ingat!! Jodoh, Rezeki, dan Maut ada di tangan Tuhan, tapi Berat Badan ada di tangan KITA"

Symptoms – Bagi yang sehat, sub menu ini sebenarnya tidak dibutuhkan, tapi buat kamu yang sedang merasakan gejala tubuh yang kurang fit, sub menu ini bakalan berguna, sebab jika diisi secara disiplin, lewat sub menu ini kita bisa setting riwayat penyakit, hasil analisa dokter, dan obat obatan yang perlu dikonsumsi. saat ada indikasi  sakit, menu ini bisa menampung data gejala yang kita rasakan, yang bisa dintegrasikan dengan sub menu lainnya. 

Medical Control – Sub menu ini bisa digunakan untuk meng update jadwal kontrol dokter. Mungkin saat ini saya belum begitu perlu, tapi jika suatu saat menderita sakit yang membutuhkan kontrol rutin, aplikasi ini akan sangat membantu. Untuk mengisi data pada sub menu ini sangat mudah, tinggal sentuh button “add” pada bagian atas kanan, nanti akan muncul isian data yang harus diisi dengan komplit, meliputi nama dokter, lokasi, tanggal, jam, dan setingan reminder. Agar data tersimpan, sentuh kembali bagian kanan atas layar, di tulisan “Save”.

Medication – Apa kamu pernah mengalami salah minum obat? Jika ya, maka sub menu medication pada aplikasi MedCare ini sungguh sangat membantu kamu supaya tidak salah minum obat. Kacau juga kan jika obat yang semestinya diminum  2 kali dalam sehari, emalah kamu minum 3 kali. Yang ada bisa over dosis. Nah, dengan ada nya menu Medication ini, obat apa dan jam berapa harus diminum, semua bisa di maintain oleh aplikasi MedCare melalui sub menu ini. Tentunya kita musti masukin data dulu obat-obatan yang akan dikonsumsi agar data bisa dibaca oleh mesin Reminder. Cara pengisiannya tidak jauh beda dengan menu Medical Control, ada “add” dan “save” nya. Cocok banget buat saya yang pelupa tapi hobi bawa smartphone kemana mana. Kalo lupa minum obat, bukan dicerewetin sama istri lagi, tapi MedCare yang akan mengingatkan. Seperti pengalaman saya kemarin saat terserang batuk dan demam, jadwal minum obat nya sudah diatur oleh smartphone melalui aplikasi MedCare ini.

Pengalaman sub menu Medication kemarin waktu terserang batuk dan demam

Selain 6 sub menu di atas, masih ada lagi 3 sub menu lainnya sebagai penunjang yang tak kalah penting, yaitu menu Call Garda Akses, Inbox, dan Garda Medika.

Sub menu Call Garda Akses digunakan untuk panggilan darurat kepada petugas representative Garda Oto, sub menu Inbox untuk pemberitahuan dan pengumuman penting dari Garda Oto, dan Garda Medika berisi aktifasi keanggotaan Asuransi Astra.

Setelah aplikasi MedCare dalam genggaman, dan merasakan manfaat yang ada dalam aplikasi MedCare, saya merasa beruntung bisa mengenal Asuransi Astra. Produk yang diluncurkan benar benar sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini yang menuntut aktifitas mobile. Dan saya masih menunggu kejutan kejutan lainnya dari Asuransi Astra melalui layanan digital dan kekinian nya, Garda Mobile.

Beberapa minggu lalu kedua anak saya terkena panas, demam dan batuk, dan sempat diperiksa ke rumah sakit. Istri saya yang masih aktif ngantor terlihat kewalahan mengurus anak anak yang sakit berjamaah, beberapa kali si kakak telat ngasih obat demam gegara lupa karena sibuk mengurus si dedek yang sakitnya lebih parah karena trombositnya turun. Oh, andai saja waktu itu sudah kenal dengan Medcare, tentunya jadwal minum obat si kakak bisa diinput ke aplikasi MedCare, sehingga si kakak tidak sampai telat minm obat. Lain kali, saya akan gunakan aplikasi MedCare ini untuk mengontrol si kakak juga ah....!

Buat kalian yang baru saja download aplikasi MedCare, saya ucapkan selamat menikmati gaya hidup sehat ala digital bersama MedCare.



Salam Inovasi,

Ki Demang
Posting Komentar