06 Oktober 2015

Peduli Kaum Wanita Dengan Mengikuti Parade Jakarta Goes Pink

Foto : Garda Medika

Sebuah parade berwarna serba merah muda (pink) hari minggu kemarin mendominasi arena Car Free Day sepanjang jalan Sudirman Jakarta. Parade #JakartaGoesPink merupakan sebuah parade kepedulian terhadap salah satu penyakit yang menyerang kaum wanita, yaitu kanker Payudara. 

Meski di negara berkembang seperti Indonesia jenis kasus penyakit Kanker Payudara masih tergolong kecil, namun jenis penyakit ini oleh badan kesehatan dunia (WHO) dimasukkan ke dalam International Classification of Dideases (ICD) dengan kode nomor 17 (Wikipedia). Dan meski namanya kanker payudara, tapi penyakit ini juga bisa menyerang kaum pria, tapi prosentase nya sangat kecil, yaitu 1 banding 1000 kasus. Pengobatan yang lazim digunakan adalah dengan pembedahan atau dengan sistem kemoterapi. 

Saya tertarik mengikuti kampanye tersebut karena saya punya istri dan ank perempuan, dimana mereka juga memiliki peluang terkena penyakit tersebut. beberapa kasus yang terjadi di kampung halaman saya, beberapa tetangga dan sanak saudara mengalami penyakit ini, namun karena minimnya pengetahuan, tindakan yang dilakukan pun terlambat, dan nyawanya tak tertolong.

Pastinya kejadian di kampung halaman tidak ingin terjadi pada istri dan anak saya, oleh karenanya saya merasa perlu mendapatkan informasi mengenai penyakit ini dan penyebarannya melalui acara tersebut.

Tabur Balon Sebagai Pembukaan Acara Parade
Parade Jakarta Goes Pink
Acara #JakartaGoesPink dimulai dari pkl. 05:30 wib, peserta mulai berdatangan di titik kumpul parkir timur senayan. Acara dimulai dengan pelepasan balon yang dihadri oleh para sponsor dan ambassador LovePink, yaitu Chelsea Islan. Dilanjutkan dengan longmarch ke Bundaran Semanggi dengan membentuk ribbon love pink sampai kembali ke titik kumpul awal di parkir timur senayan.

Diarena finish, berderet tenda tenda sponsor yang mendukung parade #JakartaGoesPink, diantaranya, Tokopedia, Garda Medika (produk Garda Oto), Sunpride, Bank Syariah, Bank Commonwealth  dan sebuah produk kecantikan alami Human Heart Nature.

Jika Sunpride mengkampanyekan konsumsi buah organik dengan membagi bagikan pisang gratis, dan bank syariah menawarkan program perbankan, maka Garda Medika menyediakan layanan kesehatan check up gratis untuk para peserta parade. Saya tertarik dengan layanan cek kesehatan gratis dari Garda Oto. Begitu booth dibuka, saya mendaftarkan diri untuk checkup Gula Darah, Kolesterol, dan Asam Urat. Untuk mendapatkan layanan gratis dari Garda Medika, peserta diwajibkan untuk berfoto di booth Garda Medika, kemudian foto tersebut diunggah ke sosial media. Wah wah,... kalo urusan di foto, saya mah tanpa disuruh juga langsung jeprat jepret. Keluar dari booth Garda Medika, saya diberi oleh oleh hasil foto saat pendaftaran.
                                               
Fasilitas Cek Up Gratis dari Garda Medika
Kampanye Bagi KOnsumsi Buah Organik dari Sunpride
Kampanye Tokopedia

Lain Garda Oto, lain lagi dengan produk kecantikan Human Heart Nature. Di booth ini menyediakan produk produk herbal untuk keperluan kecantikan, seperti sabun, deodorant, shampo, dan beragam produk herbal lainnya.

produk kecantikan Human Heart Nature

Karena tema nya adalah kampanye kanker payudara, pihak panitia menyediakan fasilitas pengecekan kanker payudar secara gratis, dengan menerjunkan Layanan Mobile USG untuk deteksidini kanker payudara. Acara kian meriah setelah selesai longmarch dan semua peserta berkumpul di panggung. Di akhir acara panitia membagi bagikan hadiah melalui doorprise untuk para peserta.

Fasilitas Deteksi Dini Kanker Payudara
Semoga acara tersebut bisa berlangsung secara konsisten dan tidak hanya diadakan di Jakarta saja, tapi bisa diadakan di seluruh pelosok tanah air, sebagai media untuk sosialisasi penyakit kanker payudara. sehingga kasus yang terjadi di kampung halaman saya tidak lagi terjadi. dna penderita mendapatkan penanganan yang tepat agar bisa terselamatkan.


Posting Komentar