04 Oktober 2015

Guciku, Hot Waterboom Pertama dan Terbesar di Jawa Tengah


Kolam Berendam Keluarga - Guciku Waterboom

Jika umumnya waterboom berada di pusat kota atau komplek perumahan elit, tapi tidak dengan waterboom Guciku. Lokasinya sedikit beda dengan waterboom kebanyakan, yaitu di pegunungan. Karena lokasinya di pegunungan yang dingin, maka waterboom ini airnya hangat dan menjadi satu satunya waterboom dengan air hangat alami yang ada di Indonesia.

Minggu lalu, saya dan keluarga menikmati liburan akhir pekan di Guciku waterboom, yang lokasinya di kawasan obyek wisata Guci, di kaki gunung slamet. Untuk sampai di lokasi waterboom Guciku, setelah 1 km pintu masuk obyek wisata Guci, ambil jalan ke kanan dan ikuti jalan tersebut  sejauh 1,5 km. 

Apa saja yang ada disana? Yuk, simak cerita perjalanan saya menghabiskan liburan di Guciku.

Kolam Anak anak

Kolam renang air hangat
Namanya juga waterboom, isi nya nggak jauh dari permainan wahana air. Yang unik di Guciku adalah, semua wahana air yang ada menggunakan air hangat yang langsung keluar dari kaki gunung slamet. Jadi sekalian berendam, sekalian terapi. Wahana kolam terbagi menjadi 4, yaitu kolam oval untuk anak anak, kolam untuk remaja dan dewasa, kolam rendam, dan kolam saung keluarga. Masing masing tipe kolam terhubung antara satu dengan lainnya, dengan media penghubungnya sebuah kolam arus jeram dengan lebar 3 meter dan panjang 200 meter. Uniknya, masing masing kolam memiliki tingkat kehangatan air yang berbeda beda.

#Kolam Oval
Kolam ini memiliki ukuran 25 x 12 meter. Dilengkapi dengan prosotan dan ember tumpah raksasa berbentuk guci. Kolam ini di desain untuk anak anak, dengan kedalaman maksimal hanya 50 cm saja. Kehangatan airnya juga rendah, sehingga nyaman dan pas untuk anak anak dan balita.

#Kolam Baddan Guci
Karenaa bentuknya mirip bentuk badan guci, maka kolam ini dikenal dengan sebutan kolam badan guci. Kolam ini memiliki kedalaman 60 sampai 90 cm, diperuntukkan bagi pengunjung remaja dan dewasa.
Kolam dengan ukuran 15 x 30 meter ini memiliki prosotan yang lebih panjang dan tinggi. Tingkat kehangatan air nya juga diatas kolam oval, sedikit lebih hangat.

Prosotan

#Kolam Utama
Kolam ini paling banyak diminati dan paling seru permainannya, dari mulai prosotan, jembatan tali, hingga flying fox mini. Kedalamannya juga variatif, dari 60 cm hingga diatas 100 cm. Lokasi kolam ini persis didepan pintu masuk utama, dengan lebar arena 30 x 40 meter. Meski lokasinya paling ujung (di hilir) tapi kolam ini kehangatan air nya diatas kolam oval. Mungkin karena volume airnya banyak, jadi hangat air nya lebih teras.

#Kolam Rendam dan Pancuran Delapan.
Meski kolam ini hanya berukuran kecil, dan letaknya paling buncit (paling atas). Karena letaknya di hulu, maka air yang ada di kolam ini adalah air pertama yang masuk ke arena waterboom, jadi tingkat kepanasan airnya paling tinggi. Kolam ini menjadi tempat favorit para pengunjung yang sedang terapi. Air belerang yang keluar dari pancuran yang berjumlah 8 itu  bisa langsung mengenai anggota tubuh, sehingga memperlancar aliran darah yang menimbulkan efek rileks.

#Kolam Rendam Keluarga
Kolam ini kecil dan berbentuk saung yang penuh dengan air untuk berendam. Pengunjung yang membawa balita dan bayi, kolam ini cocok dipilih. Selain bentuknya yang mini, didalam kolam juga ada tindakan undakan , sehingga sangat nyaman berendam sambil  duduk duduk santai sembari menggendong bayi. Khusus untuk kolam ini, sambil menikmati berendam air hangat, kita bisa sambil makan makan dan minum. 

Fasilitas Restoran
Setelah puas bermain air, pastinya perut akan terasa lapar. Di area Guciku tersedia restoran dengan menu khas pegunungan. Ada 2 restoran besar disana yang lokasinya di hulu dan hilir. Namun begitu, setiap pengunjung tidak diwajibkan makan di restoran, diperbolehkan membawa makanan dari luar. Untuk pengunjung yang membawa makanan sendiri, bisa memanfaatkan saung saung yang berada di sekitar lokasi untuk menikmati makanan sambil lesehan dan bercengkrama dengan keluarga.


Villa dan Penginapan
Di sekeliling arena Waterboom Guciku, berderet puluhan bangunan villa dan penginapan, yang disediakan khusus untuk pengunjung yang ingin bermalam di sana. Bangunan terdiri dari 2 sampai 3 kamar tidur, dapur, dan ruang keluarga. Sangat cocok untuk menginap satu keluarga. Karena lokasi nya berada di dalam arena waterboom, maka setiap pengunjung yang menginap disana di bebaskan bea masuk. Bisa puas bermain air waterboom.
Tarif menginap di villa Guciku antara 600 sd 700 ribu per malam, sayang nya pihak pengelola menerapkan aturan satu villa hanya boleh diisi maksimal untuk 6 orang, jika lebih dari 6 orang, kena extra charge per orang.

Fasilitas lain
Fasilitas penunjang lainnya yaitu ruang ganti, toilet, rental ban pelampung, rental tikar, taman bermain dan saung saung untuk makam bersama.

Untuk menikmati segala fasilitas yang ada di Guciku, setiap pengunjung di bebankan retribusi sebesar Rp. 25.000,- untnuk dewasa dan Rp. 15.000,- untuk anak anak.
Jika di hari libur atau weekend, tarif masuknya menjadi Rp. 30.000,- untuk dewasa dan Rp. 15.000,- untuk anak anak. Tiket masuk rombongan dan siswa siswi sekolah lebih murah dengan tarif rombongan.

Posting Komentar