06 Juni 2015

Tokyo Chicken Shoyu, Ramen Jepang Rasa Indonesia

IPPUDO - Jagonya Ramen

Percaya atau tidak, Jepang dan Indonesia adalah dua negara dengan satu moyang. Beberapa buktinya, antara lain aksen bahasa, budaya, dan makanan. Dari sisi budaya misalnya, kalo di Jepang ada budaya minum teh, di Indonesia juga sama. Contoh lainnya di ragam kuliner, Jika di Indonesia ada Mie Ayam, maka di Jepang ada Ramen. Meski Ramen asal muasalnya dari China, tapi berkat kepintaran dan kecanggihan teknologi pembuatan mie oleh penduduk Ramen di Jepang, masyarakat dunia menganggap Ramen berasal dari Jepang. 

Belakangan ini Ramen menjadi kuliner import yang nge hits di Indonesia, restoran Ramen menjamur di Indonesia, khususnya di Jakarta. Saking banyaknya, saya bingung memilih dimana Ramen yang paling enak.

Karena penasaran, atas rekomendasi teman Blogger, minggu lalu saya mencicipi Ramen di restoran IPPUDO, yang berada di Pacific Place lantai 5, kawasan SCBD Sudirman. Ini adalah pertama kalinya saya makan Ramen, dari dulu penasaran banget pengen ngerasain gimana sih rasanya makanan yang namanya Ramen itu.

Sepertinya teman saya pas banget ngasih referensi, karena IPPUDO adalah restoran yang konsisten menyajikan Ramen sebagai menu utamanya. Tentu dengan menu khas ini, hasil olahannya pun nggak mungkin sembarangan. Menikmati Ramen di IPPUDO bener bener serasa makan di Jepang, sebab Ramen ala IPPUDO di buat oleh koki asli Jepang. Yang bikin suasananya ‘Jepang Banget’ adalah ornamen dan interior restoran IPPUDO. Baru didepan restoran saja saya sudah disambut oleh patung atlet sumo, trus didepan pintu masuk, mbak mbak resepsionis menyambut saya dengan salam kehormatan ala Jepang. Waduuh! berasa jadi tamu istimewa nih *sambil benerin dasi* :D

Sambutan IPPUDO kepada pengunjung
Suasananya seperti di rumah
Interiornya khas banget
Dapur IPPUDO mirip dapur restoran di Film Oshin

Mbak Resepsionis nggak cuma ngasih salam Jepang doang, dia mengantar saya sampai ke meja makan restoran, dimana saya bebas memilih posisi yang bikin PeWe. Karena saya tipe cowok romantis *rokok makan gratis :p, maka saya milih tempat di pojokan dengan penerangan yang remang remang. Baru beberapa menit duduk dan melihat lihat daftar menu, Pramusaji dengan dandanan khas Jepang yang elegant datang sambil membawa seporsi makanan pembuka.

I Menu Pembuka  

#04 Minuman strowberry fiest
Dari warnanya yang merah, saya sudah menduga kalo minuman yang disuguhkan adalah sari strawberry. Karena haus, tanpa permisi saya sruput, dan benar itu minuman rasa strawberry. Rasa asam manis dan sedikit dingin sungguh membuat tenggorokan saya adem dan plong!, sayapun tak lupa mengucapkan terimakasih kepada mbak mbak resepsionis dan pramusaji yang sudah bikin tenggorokan saya adem.

#02 Salmon Roll
Sambil memesan Tokyo Chicken Shoyu Ramen, saya mencicipi makanan berbentuk seperti resoles, tapi didalamnya ada fillet ikan (katrok banget yak!). Setelah tanya (lagi) ke pramusaji, ternyata itu namanya salmon roll. Waah, kaya gizi nih..., gumam saya dalam hati. Tahu sendiri kan kandungan nutrisi pada ikan salmon


#03 Spicy Shrimp Mayo
Makanan pembuka lainnya adalah udang goreng yang dibentuk hiasan dengan posisi ekor diatas dan kepala dibawah, di sampingnya ada mayonise untuk cocolan. Ketika saya bertanya nama makanannya, Pramusaji dengan senyum menjawab kalo itu namanya Spicy Shrimp Mayo. Hmmm.., yummy, daging udang yang lembut dan gurih dicocol dengan mayonise yang  asin gurih, jadi beradu di mulut menjadi makanan super gurih, sesekali saya mencocol saus tomat atau saus cabe yang terhidang di meja, rasanya tak kalah gurih. 

#04 Chicken Bun
Saya sempat mengira kalo makanan pembuka terakhir ini adalah mini bakpao,  sebab bentuknya mirip banget, berselimut putih empuk. Bahkan sempat membatin, restoran Jepang koq pakai makanan China. Ternyata saya salah, bukanya bakpao, tapi Chicken Bun. Pas nyobain, rasanya lembut diluar (kulitnya), tapi kries kries didalam. Rupanya Chicken (bakpao) Bun ini didalamnya ada sayuran, dan selimut putihnya adalah kombinasi tepung dan daging ayam. Pantes aja rasanya gurih dan beraroma daging ayam.

Menu Pembuka
Belum habis saya menyantap makanan pembuka, mas mas Pramusaji kembali membawa mangkuk sedang berisi mie kuah,  di sampingnya terlihat alat makan berupa sumpit khas Jepang. Ternyata ini dia makanan yang saya tunggu tunggu, Tokyo Soyu Chicken Ramen. Asseeekk!, akhirnya kesampaian juga makan Ramen. Waah, saya merasa menjadi orang kekinian nih he he he.

I Tokyo Chicken Shoyu Ramen  dan Spicy Chicken Ramen

Tokyo Chicken Shoyu Ramen dibuat dari mie segar yang disajikan dalam kuah kaldu ayam jernih, dicampur dengan bumbu Shoyu spesial, ditambah Menma atau olahan rebung, bakso ikan (Nerutomaki), dan potongan ayam Chashu. Tokyo Shoyu Chicken Ramen rasanya pedas dengan level kepedasan yang sesuai dan cocok dengan lidah orang Indonesia. Kebetulan saya penyuka pedas, jadi cocok banget memilih menu Ramen ini.

Tokyo Chicken Shoyu Ramen, pedesnya nampol!
Kebetulan waktu saya menikmati Ramen, disana ada Hideki Miyazaki, Research and Quality Group Head IPPUDO. Beliau bercerita, untuk membuat kaldu ayamnya saja,  butuh waktu minimal 5 jam untuk memasaknya hingga menjadi kaldu berkualitas dan bercitarasa. Setelah diberi bumbu resep, kuah kaldu ini akan bercampur dengan mie ramen, membentuk sensasi rasa yang lezat dan siap memanjakan lidah orang Indonesia yang memakannya. Hmmm.... pantesan kuahnya saja rasanya gurih dan nendang banget, baik dilidah maupun di kerongkongan saya.

Buat kamu yang tidak suka pedas, masih bisa koq nyobain menu Ramen lainnya di IPPUDO, ada Spicy Chicken Ramen yang ramah di lidah. Tapi maaf yah, karena saya nggak sempat mencicipi menu ini, saya tidak bisa cerita rasanya gimana. Kalo secara tampilan sih sama saja kayak Tokyo Chicken Shoyu Ramen.

Masih ragu dan pengen tahu asal usul makanan khas Jepang ini?
Ini dia review saya : 

IPPUDO Indonesia

IPPUDO (baca : Ih-PU-doh) didirikan oleh Shigemi Kawahara pada tahun 1985 di ibukota Ramen Jepang, Hakata. IPPUDO dikenal oleh dunia sebagai rajanya Ramen, sebab selalu menyajikan Ramen khas dan berkualitas. Gerai Ramen IPPUDO terdapat 80 an di Jepang, dan 45 gerai lainnya menyebar di berbagai negara, termasuk salah satunya di Indonesia, tepatnya di Pacific Place lantai 5.

Nah, khusus untuk masyarakat Indonesia, IPPODO mempersembahkan 2 menu Ramen istimewa, yaitu ‘Tokyo Chicken Shoyu Ramen’ dan ‘Spicy Chicken Ramen’. Dua menu ini dibuat khusus dan disesuaikan dengan lidah orang Indonesia, karena diracik menggunakan bumbu dan rempah asli Indonesia, tanpa merubah orisinilitas dan sensasi rasa Ramen khas Jepang.

Karena sangat berbeda karakter untuk kedua menu Chicken Ramen, IPPUDO memisahkan mangkuk, sumpit, sendok garpu, dan bahkan dapurnya pun dirancang khusus, agar sensasi menyantap kedua menu tersebut bisa benar benar dirasakan. kedua resep Chicken Ramen IPPUDO sudah melalui serangkaian tes dan observasi oleh tim koki IPPUDO demi untuk menghasilkan resep Ramen khas Jepang dengan cita rasa lokal, diantaranya level kepedasan, level rasa kaldu ayam, dan campuran bahan bahan nya.

Selain itu, untuk memanjakan para pengunjung, IPPUDO Indonesia menyuguhkan kedua menu Chicken Ramen dengan pelayanan yang ramah dan elegant, dengan suasana yang khas dan homy, membuat pengunjung betah dan nyaman dalam menyantap Ramen.

Kehadiran restoran IPPUDO dengan dua menu Chicken Ramen nya telah memperkaya daftar menu makanan yang berciri khas Indonesia.

Selamat Datang IPPUDO Indonesia.

Facebook            : www.facebook.com/ippudoindonesia
Twitter                : @ippudoidn
Instagram           : www.instagram.com/ippudoindonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan jejak anda dengan mengisi komentar dibawah ini, supaya saya tahu anda pernah mampir ke sini, lain waktu saya yang akan berkunjung balik. Matur suwun....