01 Juni 2015

Soft Opening "Peace of Mind" Dari Garda Oto



Soft Launching "Peace of Mind" Garda Oto

Malam itu di Otel Lobby Epiwalk, Kuningan, terlihat ramai. Sejumlah pentolan asuransi Garda Oto berkumpul dan perform di antara kami para blogger. Mereka adalah pak Iwan Pranoto, Ibu Lusi Listyani, Pak Gunawan, Pak Bram, dan Pak Fitrah. Rupanya mereka akan memperkenalkan produk baru Garda Oto sebagai perusahaan asuransi khusus otomotif dibawah payung Astra International.
Setelah berdiri 59 tahun lalu, Garda Oto mengalami perubahan yang signifikan, produknya disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Ibu Lusi menceritakan sejarah perjalanan Garda Oto sebagai perusahaan asuransi hingga mendapat tempat di hati masyarakat.

Sejarah Garda Oto
Maskapai Asuransi Buana (MAB)adalah cikal bakal Garda Oto, yang didirikan tahun 1956. Pada awalnya, MAB hanyalah sebuah perusahaan asuransi kerugian yang bersifat umum (general insurance). 25 tahun kemudian saham MAB sebagian besar di beli oleh Astra International dan berhasil membuka cabang perdananya di Semarang. Karena sebagian saham adalah milik Astra, maka untuk memperkuat aroma Astra, pada tahun 1990 MAB berganti nama menjadi Asuransi Astra Buana (AAB), begitu juga dengan logo dan visi misi perusahaan, semuanya dipertajam dan dibuat lebih spesifik, sehingga lebih memperjelas arah bisnis nya.

Garda Oto sendiri disematkan setelah 39 tahun perusahaan AAB berdiri, tepatnya di tahun 1995, saat itu saham Astra Internasional sudah mendominasi AAB 95%. Garda Oto adalah salah satu produk dari AAB, yang dikhususkan untuk asuransi mobil. Garda berarti perisai atau pelindung, dan Oto berarti otomotif. Jadi Garda Oto diciptakan khusus oleh AAB untuk asuransi mobil.

Sukses membawa brand Garda Oto sebagai asuransi khusus kendaraan, membuat AAB semakin percaya diri membuka cabang di berbagai kota besar. Hingga tahun 1997, AAB telah memiliki 17 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia, bersamaan dengan perolehan sertifikat ISO9001 sebagai pengakuan atas kinerja dan komitmen yang mengacu kepada kualitas layanan. Di tahun berikutnya AAB kembali membuka 5 cabang untuk melayani pelanggan yang semakin pesat. Branding produk Garda Oto ternyata sukses membawa perusahaan AAB menjadi perusahaan spesialis asuransi untuk kendaraan hingga sekarang. Jika ditanya asuransi kendaraan, orang akan menjawab Garda Oto. 

Tahun 2001 hingga 2005 adalah tahun keemasan bagi Garda Oto. Berbagai penghargaan diterima oleh AAB sebagai perusahaan yang penuh komitmen dan visioner dalam hal pengelalolaan dana asuransi, khususnya asuransi kendaraan bermotor.

Penghargaan tersebut antara lain : ICSA, IBBA, Best General Insurance, Green Company – Attestation of Assessment Certification, E-Company Award, Call Center Service Excellent Award dan MAKE Award.

Sejumlah pernghargaan yang berhasil diraih oleh Garda Oto

Pelayanan Garda Oto Dari Tahun ke Tahun
Untuk memenuhi kebutuhan dan trend pasar, tahun 2005 Garda Oto membuka asuransi berbasis syari’ah dan pada tahun 2014 membuka layanan Garda Medika sebagai unit usaha baru nya. Untuk lebih mendekatkan diri dengan para pelanggannya, Garda Oto mendirikan pos penanganan dan pelayanan claim asuransi lewat Garda Siaga, yang tersebar di kota kota besar dimana cabang Garda Oto berada. Garda Siaga didirikan di lokasi strategis seprti mall dan pusat perbelanjaan. Garda Siaga memberikan dua layanan bagi pelanggan yang mengalami kondisi darurat, yaitu Emergency Roadside Assistance (ERA) dan Emergency Roadside Assistance (ERA) dan Emergency Medical Assistance (EMA). 
 
Layanan ERA untuk pelanggan Garda Oto didukung tiga jenis armada yaitu mobil derek (towing), mobil gendong (car carrier), dan sepeda motor dengan teknologi terbaru seperti penggunaan mesin hidrolik dan keamanan yang lebih terjamin. Sementara Layanan EMA berupa penyediaan mobil ambulans dan sepeda motor dengan petugas paramedis untuk menangani kondisi darurat pelanggan Garda Medika dan Garda Oto. Evakuasi EMA siap melayani pelanggan selama 24 jam.

Layanan Garda Medika didukung dengan aplikasi Garda Mobile HR Akses, yang berbentuk aplikasi android yang dapat diakses oleh HRD bagi perusahaan yang menjadi nasabah Garda Medika, sehingga mempermudah HRD dalam claim akses.

Gebrakan Layanan Garda Oto Tahun 2015
Setiap tahun, Garda Oto selalu memberikan kejutan dan inovasi untuk meningkatkan pelayanan bagi para nasabahnya, sehingga antar keduanya terjalin hubungan yang lebih intim. Di tahun 2015 ini, Garda Oto akan mengeluarkan suatu produk aplikasi bagi pelanggannya, yang dapat diakses online, kapanpun dan dimanapun, produk layanan ini ditujukan semata mata untuk mempermudah akses pelanggan. 

Dengan produk barunya ini, Garda Oto akan senantiasa berinteraksi dimanapun dan kapanppun dengan pelanggannya, dengan jargon produk layanan "Peace of Mind"

Lalu apa produk layanan tersebut?? Tunggu launchingnya di tanggal 3 Juni nanti yaa...
Ini dokumentasi bincang bincang team Garda Oto dengan para Blogger di Otel Lobby Epiwalk, Kuningan :

Pembukaan acara Soft Opening produk layanan Garda Oto

Dari kiri : Pak Iwan Pranoto, Pak Gunawan, Ibu Lusi, dan Pak Bram




 
Sesi Tanya Jawab dengan bagian teknis
 
Salah satu souvenir dari Garda Oto untuk para penanya





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan jejak anda dengan mengisi komentar dibawah ini, supaya saya tahu anda pernah mampir ke sini, lain waktu saya yang akan berkunjung balik. Matur suwun....