28 April 2015

Belanja Di Instagram Pakai Kode Hastag Itu #Membingungkan




Pertengahan tahun kemarin, pakar sosial media meramalkan ditahun 2015 trend sosial media bakal sedikit beralih dari sosial media berbasis tulisan menuju ke sosial media berbasis foto. Waah, bakal seru nih, penduduk facebook akan terpecah dan bermigrasi ke beberapa sosial media seperti instagram dan path, termasuk saya  he he .

Begitu mendengar kabar itu, saya penasaran dengan socmed berbasis foto yang lagi nge-hits, yaitu instagram. Karena penasaran, saya download saja instagram ke handphone android saya. Seru juga bisa share foto foto keren ke kerabat dan teman teman di instagram, karena biarpun fotonya kelas amatiran, di menu instagram disediakan software edit foto yang instant tapi eye catch dan kayak foto professional.

Seiring berkembang instagram, membuat sosial media ini menjadi tongkrongan banyak orang, sehingga menarik minat para pemilik online shop untuk membuka lapak dagangannya di instagram. Tadinya saya nggak kepikir, gimana caranya jualan di instagram, wong isinya cuma foto doang. Tapi ya namanya juga orang kreatif, ada saja  cara mereka buka lapak di socmed yang satu ini. Ternyata mereka memakai kode kodean hastag mirip twitter. 

Buat kalian yang mau nyari barang, pada aplikasi instagram disediakan menu  find, tinggal mengetik tanda pagar dan keyword barang yang dicari, lalu tekan enter. Akan tampil foto foto barang sesuai keyword yang kita cari, karena kebetulan keyword yang kita ketik sama dengan keyword yang dibuat oleh penyedia barang.

Suatu waktu saya pernah mencoba aplikasi instagram untuk mencari barang, waktu itu kebetulan saya pengen nyari baju couple buat istri dan anak, lalu saya nyoba mengetik barang dengan keyword #bajucouple. Pada  layar instagram saya muncul keyword yang berhubungan dengan #bajucouple. Kayak gini :


Sayapun tinggal pilih keyword yang mendekati kemauan saya, setelah dipilih, kemudian layar handphone saya menampilkan gambar gambar dengan keyword pilihan saya. Tampilannya seperti ini:


Ups! Tapi koq aneh ya?! Saya maunya baju couple, tapi lihat deh, awalnya sih iya bener muncul gambar gambar baju couple, tapi ketika saya scroll kebawah, koq malah muncul gambar tas?

Nah ini nih, ternyata si penjual tas ingin “merebut” pangsa pasar nya  penjual baju couple, sehingga dia memasukkan keyword #bajucouple. Jadi deh imbasnya saya yang bingung.

Karena via instagram saya nilai membingungkan, akhirnya saya coba googling bagaimana cara mencari barang via instagram. Dan ternyata ada juga loh website agregator untuk menjembatani permasalahan saya tadi, namanya Shopious.com. Sayapun penasaran gimana cara shopious ini memberikan solusi untuk online shoper seperti saya  ini.



Setelah dilihat lihat, ternyata shopious tidak hanya dibuat untuk Instagram mania saja, tapi untuk semua penyuka gaya hidup online. Baik pedagang maupun pembeli bisa mengaksesnya via web browser.  Saya mencoba mengakses shopious via smartphone dan via notebook. Tampilan nya nggak jauh berbeda, nyaris sama. 



Agar bisa berbelanja via shopious, kita bisa langsung registrasi untuk mendapatkan username dan password. Setiap kali masuk, user dan password harus dimasukkan. Selain karna alasan keamanan, juga untuk menjaga privasi para pengunjungnya.

Sedangkan untuk pedagang yang akan membuka apak di shopious, kalian bisa menyewa lapak dagarngannya di shopious. Tarifnya variatif, sesuai dengan paket yang diambil.


Dari tampilan tarifnya sih, online shop ini cocok buat para pedagang dengan produk musiman, karena sayang banget kan kalo sudah bayar berlangganan tapi barangnya lagi kurang ngehits. Dan satu lagi, kamu jangan heran ya jika pas registrasi dan daftar menjadi penjual, shopious akan sedikit cerewet tanya tanya ini itu. Tujuannya cuma satu, agar pedagang “nakal” tidak bisa bebas masuk dan mejeng di etalasenya shopious. Dengan begitu, pembeli akan merasa diberi jaminan keamanan dan bebas dari penipuan jika membeli barang via shopious ini. Ujung ujungnya kan kalo dipercaya pengunjung kalian juga yang untung, barangnya banyak dibeli, ya nggak sih?!.

Buat kamu online shoper yang masih bingung berselancar di website ini, jangan sungkan sungkan buat minta bantuan guidance yang ada di pojok kanan bawah via chating.

Selamat Berbelanja  ^___^

16 komentar:

  1. Balasan
    1. uhuyy bingiits.
      masuk ke shopious kayak masuk ke mall.
      tinggal pilih outletnya, seleksi barang barangnya, trus bawa deh tu barang.

      Hapus
  2. Aku suka tampilan shopius yg modis, hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. pinky, cewek banget tuh, desain kartun nya juga unyu unyu :)

      Hapus
  3. wah semakin mudah saja ya sekarang ini kalau mau belanja online

    BalasHapus
  4. Waw sangat keren toko online shopius (y) luar biasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayak blog sampeyan juga luar biasa gan :)

      Hapus
  5. Shopius ini emang mantap dah, udah kayak mall dunia maya aja. Apa aja ada, mana gampang lagi. Terus, olshop yang didalamnya dijamin aman :)

    BalasHapus
  6. jadi begitu ceritanya ya ki, saya ada liat di facebook pada asik posting situs itu, akhirnya membaca disini... terimakasih ki...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ho'oh...
      terimakasih ya sudah mampir kesini. lain kali kopdaran ah..

      Hapus
  7. baru nih kayaknya sopius yah kang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih om, kemana aja nih lama nggak nongol.
      kopdaran yuuk :)

      Hapus

Tinggalkan jejak anda dengan mengisi komentar dibawah ini, supaya saya tahu anda pernah mampir ke sini, lain waktu saya yang akan berkunjung balik. Matur suwun....