16 Agustus 2012

5 Alasan Jatuh CInta Dengan Pantai Ancol


Pantai Ancol (Resort)
Lebih dari 60% penduduk Indonesia bergantung hidup dari sumber daya alam laut. Selain sebagai sumber penghasilan dan ekonomi, laut juga menjadi tempat untuk berwisata. Sebagian spot wisata di Indonesia bertemakan laut atau pantai.

Bicara Pantai, saya sangat suka dengan pantai Ancol. Saya kagum dengan keberadaan pantai ini. Kekaguman saya dilatar belakangi oleh beberapa sebab :
  1. Pantai Ancol menjadi andalan tempat liburan keluarga yang murah meriah bagi penduduk ibukota Jakarta.
  2. Meskipun laut Jakarta sudah tercemar, tapi perairan di pantai ini bisa dijaga kebersihannya.
  3. Pantai Ancol sangat tenar di Indonesia, orang belum dikatakan pergi ke Jakarta jika belum mengunjungi Ancol.
  4. Pantai Ancol menjadi pelarian terdekat bagi orang yang butuh suasana baru dan fresh dikarenakan stress pekerjaan atau stress kemacetan.
  5. Ancol menjadi icon Jakarta, ibukota negara Indonesia.

Akses menuju tempat wisata ini sangat mudah, bisa menggunakan moda transportasi berikut ini :

1. Kereta wisata
Kereta ini beroperasi hanya di akhir pekan saja. Kita bisa naik dari stasiun  Bogor, Depok, atau Bekasi, turun di stasiun wisata Ancol. Jika berkunjung di hari biasa, pakai saja kereta KRL Jabodetabek tujuan stasiun kota, dari sana kita lanjut menggunakan mikrolet atau mobil angkot dengan tarif Rp. 3.000,-

2. Bus Trans Jakarta (Busway)
Moda transportasi yang murah meriah ini bisa kita manfaatkan, hanya dengan sekali bayar menggunakan uang receh Rp. 3.500,- kita bisa tiba di Ancol. Naiknya bisa dari mana saja, asalkan kita sudah berada di Jakarta. Bilang saja kepada petugas Transjakarta bahwa kita mau ke Ancol, dengan senang hati petugas akan memberikan arahan rute bus nya.

3. Angkutan kota (kendaraan umum).
Banyak sekali kendaraan umum yang berseliweran melewati spot wisata Ancol. Kita bisa naik dari terminal Tj. Priuk atau stasiun Kota.

Ancaman buat pantai Ancol :
  1. Sebuah hasil survey menyebutkan, setiap satu orang penduduk dunia memproduksi sampah sebanyak 0.5 kg/hari. Bayangkan jika pantai Ancol di kunjungi oleh 2000 org/hari, sampah yang akan menumpuk disana bisa mencapai 1 ton. Bisakah kita atasi?
  2. Masih banyak limbah industri yang dibuang ke sungai, dimana sungai itu bermuara di Jakarta (sekitar Ancol).

Dukungan buat Ancol :
  1. Undang undang no. 18 tahun 2008 tentang pengelolaan sampah, khususnya sampah wisata. Paling tidak bisa menjadi sebuah peraturan tegas yang bisa diterapkan di kawasan Ancol, sehingga kebersihan kawasan wisata pantai Ancol terjaga.
  2. Banyaknya program-program komunitas untuk menyelamatkan lingkungan sekitar pantai dengan beragam kegiatan, antara lain : aksi bersih-bersih pantai, penanaman pohon mangroove, dll.

Salah satu restoran ternama di Ancol


Semoga pantai Ancol masih bisa dijaga dan tetap menjadi primadona di kalangan masyarakat Indonesia pada umumnya, dan bagi masyarakat Jakarta pada khususnya.
Posting Komentar