16 Agustus 2012

5 Alasan Jatuh CInta Dengan Pantai Ancol


Pantai Ancol (Resort)
Lebih dari 60% penduduk Indonesia bergantung hidup dari sumber daya alam laut. Selain sebagai sumber penghasilan dan ekonomi, laut juga menjadi tempat untuk berwisata. Sebagian spot wisata di Indonesia bertemakan laut atau pantai.

Bicara Pantai, saya sangat suka dengan pantai Ancol. Saya kagum dengan keberadaan pantai ini. Kekaguman saya dilatar belakangi oleh beberapa sebab :
  1. Pantai Ancol menjadi andalan tempat liburan keluarga yang murah meriah bagi penduduk ibukota Jakarta.
  2. Meskipun laut Jakarta sudah tercemar, tapi perairan di pantai ini bisa dijaga kebersihannya.
  3. Pantai Ancol sangat tenar di Indonesia, orang belum dikatakan pergi ke Jakarta jika belum mengunjungi Ancol.
  4. Pantai Ancol menjadi pelarian terdekat bagi orang yang butuh suasana baru dan fresh dikarenakan stress pekerjaan atau stress kemacetan.
  5. Ancol menjadi icon Jakarta, ibukota negara Indonesia.

Akses menuju tempat wisata ini sangat mudah, bisa menggunakan moda transportasi berikut ini :

1. Kereta wisata
Kereta ini beroperasi hanya di akhir pekan saja. Kita bisa naik dari stasiun  Bogor, Depok, atau Bekasi, turun di stasiun wisata Ancol. Jika berkunjung di hari biasa, pakai saja kereta KRL Jabodetabek tujuan stasiun kota, dari sana kita lanjut menggunakan mikrolet atau mobil angkot dengan tarif Rp. 3.000,-

2. Bus Trans Jakarta (Busway)
Moda transportasi yang murah meriah ini bisa kita manfaatkan, hanya dengan sekali bayar menggunakan uang receh Rp. 3.500,- kita bisa tiba di Ancol. Naiknya bisa dari mana saja, asalkan kita sudah berada di Jakarta. Bilang saja kepada petugas Transjakarta bahwa kita mau ke Ancol, dengan senang hati petugas akan memberikan arahan rute bus nya.

3. Angkutan kota (kendaraan umum).
Banyak sekali kendaraan umum yang berseliweran melewati spot wisata Ancol. Kita bisa naik dari terminal Tj. Priuk atau stasiun Kota.

Ancaman buat pantai Ancol :
  1. Sebuah hasil survey menyebutkan, setiap satu orang penduduk dunia memproduksi sampah sebanyak 0.5 kg/hari. Bayangkan jika pantai Ancol di kunjungi oleh 2000 org/hari, sampah yang akan menumpuk disana bisa mencapai 1 ton. Bisakah kita atasi?
  2. Masih banyak limbah industri yang dibuang ke sungai, dimana sungai itu bermuara di Jakarta (sekitar Ancol).

Dukungan buat Ancol :
  1. Undang undang no. 18 tahun 2008 tentang pengelolaan sampah, khususnya sampah wisata. Paling tidak bisa menjadi sebuah peraturan tegas yang bisa diterapkan di kawasan Ancol, sehingga kebersihan kawasan wisata pantai Ancol terjaga.
  2. Banyaknya program-program komunitas untuk menyelamatkan lingkungan sekitar pantai dengan beragam kegiatan, antara lain : aksi bersih-bersih pantai, penanaman pohon mangroove, dll.

Salah satu restoran ternama di Ancol


Semoga pantai Ancol masih bisa dijaga dan tetap menjadi primadona di kalangan masyarakat Indonesia pada umumnya, dan bagi masyarakat Jakarta pada khususnya.

13 Agustus 2012

Media & Community Gathering - Museum Transportasi Taman Mini Indonesia Indah

Media & Community Gathering
Pada awal Ramadhan, tersiar kabar di beberapa media bahwa stok darah PMI pada bulan ramadhan terjadi kekurangan, sehingga dikawatirkan akan mengganggu suplay darah ke rumah sakit, bagaimana nasib pasien rumah sakit di disana yang sedang membutuhkan darah, jika supplay darah dari PMI sampai terlambat, pastilah mereka merasa resah akan keselamatan jiwanya.

Untuk membantu pemulihan stok darah di PMI, pada tanggal 11 Agustus 2012, sebuah perusahaan taksi ternama, PT. Blue Bird mengadakan acara buka puasa bersama bertajuk Media & Commmunity Gathering. Acara ini berlangsung di museum transportasi Taman Mini Indonesia Indah - Jakarta, 
Saya pun berminat untuk mengikuti acara tersebut, kebetulan komunitas motor yang saya ikuti (Honda Mega Pro Lovers) dan komuitas Blogger akan ikut mensukseskan acara tersebut, sayapun menyatakan bergabung dan membaur dengan mereka. 

Ini dia rangkaian acara nya :

# 1. Buka Puasa Bersama
Sebelum bedug maghrib berkumandang, acara buka pusa bersama yang diikuti oleh karyawan PT. Blue Bird, komunitas blogger, komunitas motor Honda Megapro Lovers, anak yatim piatu dari beberapa yayasan dan beberapa wartawan media lokal, diisi dengan sambutan, taushiah dan do'a bersama.
Meskipun saya datang agak terlambat, tapi saya masih beruntung bisa mengikuti acara taushiah nya.
Buka puasa bersama

# 2. Santunan anak yatim piatu
Santunan diberikan kepada ratusan anak yatim piatu dan kaum dluafa yang berada di sekitar Taman Mini Indonesia Indah, diberikan oleh perwakilan managemen PT. Blue Bird Indonesia setelah santap buka puasa dan sholat maghrib berjama'ah.
# 3. Aksi donor darah ramadhan
Donor darah di bulan Ramadhan terasa asing  buat saya,  namun terbukti acara ini bisa terwujud. meskipun kondisi sedang berpuasa, namun para pendonor yang kebanyakan dari anggota komunitas pecinta motor Honda Megapro dan karyawan PT. Blue Bird ini mendapat sambutan positif dari para pendonor. Mereka sangat bersenmangat mendonorkan darahnya. Media televisi dan media cetak pun tak kalah ikut andil dalam acara tersebut.
Sayang sekali, pada saat saya mendaftar dan melakukan pengecekan darah, HB saya sedang rendah, sehingga saya tidak diperkenankan untuk mendonorkan darah saya.
Dua Biker Melover sedang mendonorkan darahnya

# 4. Pengumuman lomba Writing Blog Competition dan lomba Fotogafi
Acara ini adalah ajang pemberian penghargaan kepada pemenang lomba menulis blog, lomba fotografi, dan perlombaan lainnya. Kebetulan pemenang lomba blog semuanya adalah teman teman saya di komunitas Dblogger, dia adalah mas Rosid, Mas Adi, dan Mbak Reni.
Selamat buat mas Mbak Reni, Mas Rosyid, dan Mas Adi

Acara ditutup dengan do'a bersama

07 Agustus 2012

Tanpa Sahur, Puasa Harus Tetap Jalan Dong!


Gaya tidur gue yang rawan "ngiler" he he he
Namanya juga masih bujangan dan hidup dirantau, wajar saja kan bangun kesiangan (buset dah! JANGAN DITIRU!). Apalagi di bulan Ramadhan ini, kesiangan dan bablas nggak sahur itu lumrah, tapi jangan salah, meskipun gue sering banget kesiangan, gue tetap menjalani puasa hingga menjelang berbuka. Karena menurut gue puasa ramadhan itu wajib hukumnya (tsaah!!, berasa ikut pengajian Ust. Maulana he he).

Gue memang orang yang susah untuk dibangunin saat tidur. Bagi gue, tidur adalah suatu kegiatan yang  paling nikmat. Karena pada saat tidur, gue merasa menjadi orang paling kalem dan paling pendiam (gubrax!! *abaikan).

Selama Ramadhan tahun ini, sudah dua kali gue kesiangan dan bablas makan sahur :

# Pertama
Di hari ke 8 berpuasa, gue kesiangan dan harus menjalani puasa tanpa makan sahur, apa lagi malam hari sebelumnya saat berbuka gue tidak makan nasi, hanya makan Gorontalo (gorengan tahu lontong, red.) dan mie ayam saja. Bisa dibayangkan gimana lemesnya puasa gue hari itu (penyakit lebay nya kambuh :p).

Padahal sudah pasang  alarm dengan dua handphone plus pasang volume maksimal, udah gitu ditambah di telpon in sama pacar sampai misscall list nya mencapai 145 kali (aduuh.., maafkan aku ya sayang..., kamu pasti capek misscall in  aku saat itu *modus merayu :p ).

Hari itu adalah hari terjelek buat gue, karena mulai hari itu dan seterusnya, pacar gue KAPOK bangunin gue makan sahur (rasain loe! amit amit jabang bayi deh, untung aja nggak minta putus).

Hadooh, ini gara gara gue terlalu bersemangat untuk begadang maen pingpong sampe pkl. 01:00 wib.

# Kedua
Setelah gue divonis oleh pacar gue untuk tidak mau mambangunkan gue saat makan sahur, gue pun memutar otak, gue minta bantuan sama kakak perempuan gue di Semarang untuk membanagunkan gue saat sahur, dengan menelpon gue. Tapi emang dasar gue orangnya susah di bangunin kalo lagi tidur, kejadian bangun kesiangan pun terulang. Kali ini bukan pacar gue saja ayang ngomel ngomel, kakak gue yang berada jauh diluar kota pun ikut menyanyikan lagu berjudul "kapok" *hufft!.  

Setting alarm

Hadeeeuh!!, kalo sudah begini mulai deh gue sadar dengan penyakit aneh gue itu, dan pelan pelan gue mulai perbaiki diri gue. Setiap kali mau tidur gue niatin untuk bisa bangun jam 3 atau jam 4 pagi buat makan sahur.
Dan nggak nyangka gue bisa lho pemirsah... horeee... (*sambil jingkrak jingkrak).

Ramadhan kali ini gue mendapat pelajaran berharga, kurang lebih begini ungkapan bijaknya:  ”segala amal perbuatan itu memang harus di awali dengan niat yang kuat”.

Selamat berpuasa kawan...
Seperti kesimpulan saya, kuat engak nya berpuasa juga harus diawali dengan tekad dan niat yang kuat.