31 Juli 2012

VIVA.co.id - Muka Lama dan Wajah Baru Yang Menawan


Nurulhoedabanget - Review

Ada yang aneh saat saya mau browsing ke situs intrenet www [dot] vivanews [dot] com, begitu selesai ketik URL dan saya tekan ENTER, secara otomasis link yang saya ketik tadi akan berubah menjadi www [dot] viva [dot] co [dot] id. Hmm... sepertinya ada yang janggal nih...
======================================= >> #curiga tingkat RT :-/ (abaikan)

Daan ternyata, alias nyatater (aliran tukulisme, red.), salah satu portal digital media besar di Indonesia itu telah ber metamorfosis menjadi viva.co.id. Saya  juga tidak tahu pasti penyebabnya apa dan kenapa berubah jadi agak berbau ke Idonesia –indonesia’an begitu. Sepanjang saya tahu, vivanews itu adalah media besar milik pengusaha besar yang menantunya adalah mantan saya, sudah pada tahu kah pemirsah, kalo Nia Ramadhani itu mantan saya?? (ngook!! *Mantan apa nih??).

Sebagai blogger yang cinta tanah air (tsaah!!), saya sih bangga aja dia berubah nama menjadi ”ko-aidi”, daripada menyandang domain ”dot-kom”, nggak ada bau Indonesia sama sekali, padahal kan memang yang punya orang Indonesia, yang kerja juga orang Indonesia, dan alasan paling kuat adalah mereka kantornya juga di Indonesia, menggunakan domain ”ko-aidi’ itu hukumnya WAJIB (cateet tuh!, pake huruf besar). Selain mempopulerkan Indonesia di mata dunia, juga sebagai bentuk apresiasi cinta IT Indonesia *halah!!


Ada beberapa catatan penting  yang saya perhatikan perihal perubahan nama dari vivanews.com menjadi viva.co.id (bahasa saya koq jadi resmi banget yaks?).

Pertama # Embel embel atau Domain
Itu sudah saya bahas di paragraf dua. Dulu waktu mereka masih menggunakan domain dot-kom, seolah memberi kesan kalo portal berita nya bersumber dari jaringan berita dunia. Tapi dengan berubah menjadi dot-co-dot-aidi, seolah memberi kesan bahwa portal berita yang disuguhkan aseli made in Indonesia (horeee...! *tepuk tangan)
............................................................................................................. point (+)


Kedua # Tampilan atau tema
Dulu waktu masih memakai dot-com, tema yang diusung sepertinya mengacu pada juklak perusahaan alias terlalu resmi (formal) dan agak sedikit dipaksa untuk sama dengan induknya *loh, maksudnya?!

”Begini maksudnya..., setahu saya, vivanews itu adalah anak perusahaan dari perusahaan tv swasta, yang berlogo dominan warna merah seperti ANTV dan TV one (loh! Koq disebut?? *hi hi hi lupa :D  )”
============================================= #kompersi pers (abaikan)

Nah, setelah berubah domain menjadi viva.co.id, entah kenapa saya merasa semakin dekat dengan portal berita  yang satu ini, walaupun kontennya masih banyak mengadopsi dari yang lama, tapi sudah terdapat beberapa perubahan yang signifikan,  yang paling mencolok adalah tampilannya yang dinamis dan memancing mata untuk memperhatikannya, sehingga saya berkesimpulan kalo secara tampilan, viva.co.id SANGAT BERKARAKTER -------------------------------------------------------------------  point (+)

Jujur saja.., dulu setiap kali berkunjung ke situs ini, saya merasa ”garing” dengan suguhan beritanya. Bukan masalah isi beritanya, tapi tampilannya yang kurang dinamis, sehingga saya mudah bosan jika mantengin website ini. .............................. point (+)

Kekurangannya cuman satu, pada kolom vivaLOG warna dominan yang di pakai mirip warna sebuah situs email terkenal, yaitu dominan UNGU, hanya saja yang ini agak ungu muda. .................................................................................................... point (-)

Ketiga # Hirarki dan portal berita
Nah, bagian ini yang  paling menarik, jika dibandingkan dengan yang dulu, tampilan vivanews yang sekarang lebih mudah di fahami. Susunan hirarki nya sangat rapih dan mudah untuk ditelusuri, bahkan untuk seorang newbie seperti saya, tidak merasa kuatir tersesat.

Saat saya masuk ke home, dan masuk ke bagian segmen menu (kanal), kemudian masuk ke sub menu, dan masuk lagi ke isi submenu, dengan mudahnya saya tahu posisi saya dimana, sehingga saya nggak tersesat dan mudah kembali lagi ke menu utama.
(kayaknya penjelasan saya terlalu ribed yah pemirsah...??)

Intinya menu (kanal) nya sangat easy & friendly deh..!! .................. point (+)

Ke empat #Aksesbilitas
Sebuah situs internet akan nyaman saya gunakan jika loading per halaman kurang dari lima detik, tapi pada viva.co.id saya tidak menemukan itu. Yang ada loadingnya sangat lama, mungkin conten nya kebanyakan foto kali yaah? Jadi memperlambat aksesbilitas nya, atau akses internet saya yang memang sedang ngedropp?? (naloh!),
Tapi yang jelas, saat saya bandingkan loading page antara viva.co.id dengan tetangga sebelah yang bermarkas di Buncit Raya, perbedaan delay time nya bisa lebih 1:5, "si buncit" sudah loading 5 kali, Viva.co.id baru loading sekali.
Agaknya masih banyak perlu pembenahan dan improvement disisi aksesbilitynya.
--------------------------------------------------------------------------------------------point (-)

Kayaknya empat hal penting itu deh perubahan signifikan yang saya amati.
Berikut penjelasan kanal-kanal berita yang disediakan oleh viva.co.id versi saya :
  1. Viva News
Terdiri dari beberapa segmen berita, meliputi  : Nasional, bisnis, Sains & Teknologi, Metro, Otomotif, dan Dunia. Pada portal News ini, warna merah yang dulu dominan kini mulai dikurangi, diganti dengan warna putih terang dan halaman yang di tampilkan lebih dinamis. Tampaknya bagian layout di kantor Viva mulai berani memadu padankan beragam warna. (mirip hasil desain tetangga sebelah yang berkantor di Jl. Buncit Raya, he he he...).

Untuk kanal ini saya memberi nilai : 9
Alasannya sederhana, kanal ini adalah kanal utama dan merupakan brand image dari viva.co.id.

  1. Viva Bola
Terdiri dari beberapa sub kanal berita, meliputi : News, Tim, Klasemen, Live Score, Statistik, Video, dan Foto).
Pada kanal berita ini, warna dominan nya hijau, yang terkesan asri dan sehat. Mungkin orang layout mau memberi pesan kepada pembaca kalo ini adalah portalnya olahraga dan kebugaran. Seperti namanya, berita yang disuguhkan di kanal ini berisi tentang permainan sepak bola.

Meski saya tidak suka bola, tapi saya akan tetap memberi nilai kepada kanal ini, yaitu 7.5, tau sebabnya? Menurut saya, kurang adil jika pembahasannya melulu bola, padahal olahraga yang lain juga perlu mendapat perhatian.

  1. Viva Life
Kanal ini menyediiakan berita mengenai Gaya Hidup dengan dominan warna hijau muda. Meski tidak menampilkan sub kanal berita model drop down saat di tag bagian menu, tapi pada saat kita memasuiki halaman menu ini,  kanal ini menyuguhkan beberapa sub kanal, antara lain : Style, Showbiz, food+living, travel, health&sex, Foto, Video, dan Index. Pembaca dimanjakan dengan berita tentang gaya hidup terkini.

Menurut saya kanal ini sangat informatif, makanya saya kasih nilai : 8.5

  1. Viva Log
    Naah, kanal yang satu ini adalah kanal favorit saya, karena saya termasuk golongan blogger (modus banget yaks?! He he ), di kanal ini para blogger bisa berpartisipasi untuk menjadi citizen jurnalizm, dengan mengirimkan tulisan mereka biar bisa tampil. Meski tidak ada reward, tapi paling tidak kehausan akan kenarsisan seorang blogger bisa terobati dikanal ini. Selain itu, kanal ini bisa menjadi tolak ukur sebuah eksistensi seorang blogger he he he...
Dalam kanal ini terdiri dari beberapa sub kanal, antara lain : entertaiment, life style, otomotif, sport, dunia, ekonomi, politik, wisata, sosial, budaya, teknologi, dan satu sub kanal untuk kategori informasi lain. Kanal ini saya rasa kanal yang memiliki sub kanal paling banyak.
     
Saya memberi kanal ini dengan angka 9, bukan lantaran saya blogger yaa, tapi melihat fungsi kanal ini sangat edukatif dan apresiatif terhadap jurnalis lepas seperti blogger.

  1. Viva Forum
Kanal bergradasi warna biru ini disediakan bagi para pembaca Viva.co.id untuk ajang diskusi. Dari mulai urusan hobi, karir, olahraga, otomotif, komunitsa, jual beli, dan lain-lain. Window social media seperti facebook dan twitter juga dipasang disini.

Meski saya pusing membaca isi tulisan di kanal ini, dan kadang saya bosen karena satu halaman bisa 4 kali scroll mouse, saya tetap memberi angka 8 kepada kanal ini, karena kanal ini sangat bermanfaat, terutama bagi pembaca yang sedang GALAU he he he...

  1. Viva Socio
Sepertinya kolom ini hanya sebagai pelengkap saja, dilihat dari konten nya yang tidak memiliki sub kanal, kanal berwarna dominan orange ini hanya berfungi sebagai ajang sosial dan pengikat pengunjung viva.co.id. Setiap orang bisa mendaftar menjadi member Vivanews. Dengan menjadi anggota, kita bisa menjadi bagian dari keluarga besar Vivanews.

Saya hanya bisa memberi nilai 7 untuk kanal ini, sebab kanal ini belum berfungsi maksimal
*Lirik Tim Kreatif Viva.co.id

  1. Viva Ramadhan
Sebenarnya kanal ini adalah additional saja, bersifat momentum atau temporer. Kanal ini dikhususkan hadir hanya di bulan Ramadhan saja, di mata saya kanal ini terkesan latah.
Konten berita pada kanal ini juga masih minim. Sepertinya masih membutuhkan gebrakan tim kreatif untuk lebih memeriahkan kanal ini.
Oleh karenanya saya memberi nilai 7 kepada kanal ini. 
(maaf yaa...karna bulan Ramadhan jadi saya harus jujur *modus :p

Nah pemirsah..., mungkin itu hasil review saya kepada pemilik wajah baru www.viva.co.id, dari nama lama www.vivanews.com  
Semoga dengan nama baru akan menjadi semangat baru dan bisa menjadi leader digital media di Indonesia, serta dapat memenuhi harapan masyarakat Indonesia. aamiiin...

5 komentar:

  1. calon juara telah ditemukan.. bagi bagi ya om kalau menang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. calon lurah belum tentu jadi lurah, yang penting tersampaikan saja deh unek uneknya he he
      terimakasih om, sudah mampir.

      Hapus

Tinggalkan jejak anda dengan mengisi komentar dibawah ini, supaya saya tahu anda pernah mampir ke sini, lain waktu saya yang akan berkunjung balik. Matur suwun....