26 Juli 2012

Mengintip Cara Kerja Penggalangan Dana Online Dengan Marimembantu.org


Nurul Huda - Gaya Hidup Online
Enak yah jadi kamu, sering banget pergi pergi ke tempat wisata, sepertinya kehidupan kamu penuh dengan kesenangan dan foya foya menghabiskan uang untuk jalan-jalan

Begitu komentar salah satu teman saat melihat album foto traveling saya di jejaring sosial Facebook.

Sangat wajar dia melontarkan komentar itu, karena yang dia lihat adalah album foto khusus traveling yang saya upload di Facebook setiap kali saya selesai melakukan kegiatan traveling bersama teman-teman traveller.
Padahal, dibalik kegiatan traveling yang diadakan, beberapa komunitas traveling dan backpacker juga acapkali melakukan kegiatan bakti sosial. Agenda bakti sosial minimal diadakan setahun dua kali, sekali di bulan Ramadhan dan sekali lagi di luar bulan Ramadhan.

Seperti bakti sosial yang saya ikuti bersama komunitas United Traveller di bulan April lalu. Kebetulan saat itu saya didaulat untuk mambawakan materi motivasi bagi anak-anak penghuni panti asuhan Amanatul Huda di daerah Tangerang, sebuah pondok pesantren yang akan menjadi target dan penerima bantuan.

Panitia Bakti Sosial dan Santunan Komunitas United Traveller
(Foto : Haty Wiartie)

Konsep acara dibuat, panitia dibentuk, dan proposal penggalangan dana pun telah siap. Maka, kamipun mulai berbagi tugas sesuai dengan kesepakatan. Tanggung jawab terberat adalah bagian tim pencari dana, mereka harus ekstra kerja keras untuk mendapatkan dukungan dana dari para donatur. Beragam cara di lakukan oleh tim ini, dari mulai menyebar proposal kepada sponsor, menyebar brosur di jejaring sosial, menghadiri acara kopdar komunitas dan menyebar kotak amal, hingga mengadakan acara nge trip/traveling untuk mengambil margin dari para peserta trip agar bisa di sumbangkan.

Akhirnya, Seminggu sebelum acara baksos, dana terkumpul lumayan banyak dan mencapai target. Kamipun semakin optimis acara baksos dapat berjalan sesuai dengan rencana. Rapat pemantapan dan gladi resik pun diadakan.

Pengalokasian dana di rencanakan oleh panitia sebagai berikut :

NO
BARANG
UNIT
HARGA
TOTAL
I
KEPERLUAN KEBERSIHAN
1
TEMPAT SAMPAH BESAR
4
80.000
320.000
2
TEMPAT SAMPAH KECIL
6
30.000
180.000
3
SAPU IJUK
12
15.000
180.000
4
SAPU LIDI GAGANG PANJANG
6
10.000
60.000
5
SAPU LIDI
6
10.000
60.000
6
PEL GAGANG
3
20.000
60.000
7
PEL BIASA
3
10.000
30.000
8
KEMOCENG
12
10.000
120.000
9
PENGKI
6
15.000
90.000




1.100.000
II
KEPERLUAN PENDIDIKAN
1
SET ALAT TULIS
100
15.000
1.500.000

- 2 BUKU TULIS




-PENSIL DAN PULPEN




- PENGGARIS




-PENGHAPUS



2
SERUTAN MEKANIK BESAR
8
40.000
320.000




1.820.000
III
PAKET MAKANAN UNTUK ANAK DIDIK DAN STAFF PONPES
1
DUS MAKANAN
100
20.000
2.000.000





IV
SUMBANGAN UNTUK PEMBANGUNAN PONPES
1.000.000






TOTAL SUMBANGAN


 5.920.000

*) Dana lebih dari sumbangan akan kami tambahkan buat paket alat tulis, dan sumbangan dana untuk pembangunan ponpes.

Santri Ponpes Amanatul Huda - Tangerang
(Foto : Haty Wiartie)
Kamipun bernafas lega karena dana bisa terkumpul dan acara bisa berjalan dengan lancar. Pihak pengasuh pondok pesantren sangat berterimakasih dengan aksi sosial yang kami lakukan, karena selain menyumbang peralatan dan sumbangan dana pembangunan pondok, kami juga memberikan pengarahan dan bimbingan kepada penghuni panti yang kebanyakan berusia remaja (12 – 20 tahun). Kami melakukan pembekalan mental dan materi wirausaha kepada mereka, tujuannya agar kelak mereka bisa menjadi manusia yang mandiri tanpa harus mengandalkan bantuan dari luar. Kami merasa senang karena apa yang kami sampaikan dapat diterima dengan antusias oleh mereka.

Kegiatan Baksos
(Foto : Haty Wiartie) 
Satu yang menjadi beban fikiran saya hingga kini, akankah setiap mau mengadakan aksi sosial serupa kami harus melewati tahap kesulitan untuk menggalang dana? Sedangkan komunitas kami beranggotakan orang-orang pekerja dan berkesibukan rutin, yang rasanya sangat sulit untuk melakukan penggalangan dana secara reguler.

Pertanyaan itu baru terjawab kemarin saat saya mendapat informasi dari seorang sahabat blogger di forum komunitas d’blogger. Salah satu organisasi penggalangan dana online bernama marimembantu.org bisa menjadi solusi. Lembaga ini berfungsi sebagai LembagaZakat Dompet Dhuafa yang mengusung tag line Mudah sedekah secara online denganmarimembantu.org . Begitu melihat website mereka, fikiran saya langsung memberi kesimpulan ”Sudah saatnya menggunakan media online untuk aksi sosial dan membantu sesama

[klik] Cara kerja organisasi marimembantu.org ini sangat unik, selain menggalang dana, organisasi ini juga menyalurkan dana yang telah mereka dapat untuk di bagikan ke pihak-pihak yang berhak menerima bantuan, mirip cara kerja Koperasi, bisa menyimpan atau mengambil uang. Ide konsep semacam ini menurut saya sangat brilian, karena masih jarang di usung oleh organisasi penggalangan dana lainnya. Konsep ini cocok dengan kegiatan sosial yang kami agendakan. Suatu saat saya dan komunitas saya bisa menyalurkan bantuan melalui marimembantu.org, dan pada kesempatan lain kami bisa mengajukan pencairan dana untuk aksi sosial yang akan kami adakan. Mekanisme nya sangat mudah, selengkapnya bisa dipelajari [klik]  disini.

Selain cara kerja yang unik, organisasi ini menurut saya bisa menjamin kenyamanan, baik kenyamanan bagi donatur maupun kenyamanan bagi penerima dana, karena setiap kegiatannya selalu terdokumentasi dengan baik. Laporan kegiatan dijelaskan dengan sangat transparan dan bisa diakses langsung, baik oleh pemberi dana maupun penerima dana. Jadi kedua belah pihak seolah telah ijab qobul secara online, sangat sesuai dengan tuntunan syar’i. Untuk melihat dokumentasi kegiatan penyaluran dana, bisa di lihat [klik] disini.

Meski begitu, motto ”Kesempurnaan hanya milik Allah swt.” agaknya masih berlaku juga untuk marimembantu.org, karena saya masih menemukan belum disediakannya form online, baik untuk donatur maupun draft standarisasi proposal untuk calon penerima bantuan. Mungkin point tersebut yang bisa saya sampaikan untuk saat ini. 
Oh.. iya, bagi anda yang penasaran dengan organisasi ini, bisa langsung melihat website mereka di www.marimembantu.org , atau langsung menghubungi mereka [klik] disini.


Semoga melalui tulisan ini, bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk semua pengunjung dan pembaca blog saya.

Jazakumullahi khairan katsiiran

15 komentar:

  1. Balasan
    1. judulnya disini senang disana senang he he he...

      Hapus
  2. sungguh mulia yah kawan kita satu ini, saya kira kerjaanya cuma jalan2 doang gitu baru tau saya.
    :D

    BalasHapus
  3. wah...thanks banget da udah dibuat tulisannya. jadi kaya report / LPJ nih hihihi. semoga ke depan bisa lebih banyak beramal lagi ya, baik materi, tenaga, waktu dll

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama...
      jangan bosan untuk selalu berbagi yaaa...
      ditunggu agenda baksos berikutnya ;)

      Hapus
  4. iihhh..ada wajahku di blog ini..hehehe..makasih ya atas tulisannya mengenai kegiatan baksos UT..sip2, mudah2an kegiatan ini memberikan banyak manfaat bagi semuanya...ditunggu baksos 2 nya, qt bukber bareng anak2 madrasah..yuukk join...:)

    BalasHapus
  5. Hai orang-orang yang beriman, belanjakanlah (di jalan Allah) sebagian dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari yang pada hari itu tidak ada lagi jual beli dan tidak ada lagi persahabatan yang akrab dan tidak ada lagi syafa`at. Dan orang-orang kafir itulah orang-orang yang dzalim.

    BalasHapus
  6. hay gays.......
    saya juga membuat suatu organisasi kepedulian, dalam hal ini kami mahasiswa peduli,, ingin menggalang dana secara online juga,,,,,,, bagaimana rincian cara2 nya.. mohon di bantu ya.......

    BalasHapus
    Balasan
    1. hay juga...
      seperti pembahasan diatas, marimembantu.org akan menjembatani kegiatan tersebut.
      silakan masuk ke tautan marimembantu.org

      Hapus
  7. menggalang dana via online.... gmn caranya? apa bisa dipercaya....

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Kerasnya hidup. Saya baru mengalami kebangkrutan, sampai menumpuk hutang 300 juta lebih, istri saya sampai depresi berat, dan ke-2 anak saya yg masih kecil terganggu psikisnya karena selalu melihat dan mendengar penagih utang datang dgn ancaman, suara kasar dlsbnya.barang-barang di rumah hampir terkuras habis hanya untuk menutupi bunga pinjaman.sy khawatir akan masa depan anak-anak sy. sy sudah tidak tau harus bagaimana lagi.satu-satunya jalan yaitu melanjutkan usaha yang terkendala karena ketiaadaan modal. untuk itu mungkin kiranya ada dari bapak/ibu, saudara-saudariku yang mempunyai rezeki lebih mau menghibahkan sedikit rezekinya berapapun/keikhlasan dari bapak/ibu sy akan sangat menghargainya.

    Rek BRI : 7805 01 002051 53 5

    a.n : ANDI ABDUL AZIS

    BalasHapus

Tinggalkan jejak anda dengan mengisi komentar dibawah ini, supaya saya tahu anda pernah mampir ke sini, lain waktu saya yang akan berkunjung balik. Matur suwun....