21 Februari 2012

Yuuk... Donorkan Darah Untuk Kemanusiaan


Kantor Palang Merah Indonesia Pusat - Jakarta


Saya nggak bisa donorin darah, saya takut jarum suntik”, demikian beberapa sahabat mengungkapkan alasan mereka tidak mau mendonorkan darahnya saat saya ajak untuk mengikuti kegiatan donor darah di kantor PMI (Palang Merah Indonesia) pusat Jakarta, Jl. Kramat Raya no. 47 Senen – Jakarta Pusat. Pada hari sabtu saat libur akhir pekan kemarin, saya mendapat undangan donor darah dalam ajang ”Blood Valentine Community”, yaitu sebuah gerakan komunitas Backpacker di forum Kaskus Backpacker Community dalam rangka menyambut hari valentine atau kasih sayang pertengahan Februari lalu, yang mana mereka wujudkan dalam aksi donor darah untuk kemanusiaan dan bencana alam.

Sebenarnya saya juga takut dengan jarum suntik (he he he, terpaksa ngaku :D ), seingat saya seumur hidup saya berhadapan dengan jarum suntik tidak lebih dari 10 kali. Pada saat masih balita (itu juga kata emak saya he he..) , pada saat di sunat, pada saat sakit parah dan harus disuntik, serta terakhir saat donor darah. Tapi ketakutan itu agak sedikit teratasi seiring dengan seringnya saya disuntik. Untuk menyiasati rasa takut dengan jarum suntik, saat mau disuntik, saya memalingkan pandangan dan fikiran saya dari tajamnya jarum suntik, dan saya sengaja mengajak ngobrol dengan orang yang akan menyuntik saya (padahal dalam hati sih ngeri juga he he...).

Karena sudah waktunya darah saya didonorkan, maka saya pun berangkat menuju TKP (kantor PMI). ini adalah kali kedua saya mendonorkan darah, pertama di Cibubur junction bersama sahabat-sahabat organisasi Puta Setia. Kedua adalah di kantor pusat PMI bersama kaskuser yang sekarang ini.
Ternyata tidak serumit yang saya bayangkan sebelumnya, kurang lebih proses nya sebagai berikut :
    1. Mengisi formulir pendaftaran
Formulir ini digunakan oleh administrasi kantor PMI untuk mendata para pendonor, berisi data diri pendonor dan riwayat penyakit pendonor, agar dapat dipastikan bahwa si calon pendonor layak untuk di ambil darahnya. Formulir di kumpulkan di ruang pengambilan sampel dan pemeriksaan golongan darah. 

    1. Periksa golongan darah (pengambilan sampel darah) dan pembuatan kartu donor.
Pada tahap ini, kita akan diambil sedikit sampel darahnya oleh petugas PMI untuk lebih memastikan bahwa golongan darah kita sesuai dengan data pada formulir. Setiap calon pendonor yang masuk kategori layak untuk diambil darahnya, pihak PMI akan membuatkan kartu donor sebagai bukti bahwa kita mendonorkan darah disana. Nama kita masuk database pendonor darah di kantor PMI.

    1. Periksa Tensi
Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengecek tensi darah kita untuk memastikan bahwa pada saat itu kondisi kita memang siap untuk diambil darahnya. Jika tensi darah kita rendah pada saat itu, maka pihak PMI tidak akan meneruskan proses donor, sebab bisa membahayakan si pendonor jika dipaksakan diambil darahnya. Karena bisa jadi kita memang sehat, namun karena kita kurang istirahat, maka tensi darah kita akan lemah dan tidak layak untuk diambil darahnya saat itu. Kebetulan tensi darah saya saat itu 120/80 dan kadar HB mencapai 170. Menurut dokter yang memeriksa saya, kadar HB saya tinggi dan disarankan agar rajin mendonorkan darah :)

    1. Pengambilan darah
Proses Donor (Nggak kerasa sakit he he)
Pada proses ini kita akan diambil darahnya sesuai dengan volume kantong yang dibutuhkan di PMI, idealnya pengambilan darah dalam kisaran 250-300 cc. Atau 1/13 dari total darah yang ada dalam tubuh kita. Lama proses pengambilan darah tergantung darah yang mengalir ke dalam kantong darah, kebetulan saat saya menjalaninya, Cuma dibutuhkan waktu 10-15 menit saja. 



Untuk melewati keempat proses tersebut diatas, kurang lebih memakan waktu 1-2 jam, lumayan cepet koq.... Dan ada tahap terakhir yang belum saya sebutkan diatas, setelah kita diambil darahnya, kita dipersilahkan untuk menikmati makanan sehat dari kantin PMI berupa segelas susu, telur, mie instan, dan suplemen penambah darah agar kondisi kita lekas stabil. Donor darah bisa dilakukan dalam periode 3 bulan sekali. Yuuk kita donorkan darah kita untuk menolong sesama :) 

Mie Instan, Susu, Telor, dan Suplement

Posting Komentar