29 Februari 2012

Satu Lagi Karya Siswa SMK YPT Tegal - Merakit LCD






SMK YPT TEGAL, Jl. Dr. Setiabudi No. 163 Tegal
Seolah tak mau kalah dengan kreatifitas SMK Negeri di Solo yang merakit mobil Esemka yang akhirnya siap untuk di produksi massal, siswa SMK Yayasan Perguruan Teknologi atau akrab disebut SMK YPT Kota Tegal khususnya jurusan Teknik Elektro merakit layar LCD. Perang kreatifitas anak bangsa menjadi semakin sengit akhir-akhir ini. Hal ini melahirkan tren dan fenomena baru di kalangan dunia pendidikan khususnya dunia pendidikan kejuruan. Jargon SMK Bisa yang di kampanyekan oleh pemerintah khususnya departemen pendidikan, kini dibuktikan nyata oleh siswa sekolah SMK YPT Tegal, yang beralamat di Jl. Setiabudi No. 163 Kodya Tegal, mengekor dari kesuksesan rakitan mobil Esemka karya siswa SMK Negeri Solo.

Para Guru dan Jajaran Staff SMK YPT Tegal (K-Val 163)
Seperti halnya walikota Solo, Joko Widodo yang mendukung 100% lahirnya mobil kiat Esemka, kelahiran LCD karya siswa SMK YPT juga mendapat dukungan penuh dari Wakil Walikota Tegal,  Habib Ali Zaenal Abidin. hal ini dikatakannya pada acara peluncuran perdana produk LCD rakitan siswa SMK YPT pada tanggal 25 Februari lalu. Bahkan beliau optimis anak didik SMK YPT pimpinan Bp. Solekhin tidak hanya bisa merakit, tapi kedepannya mampu memproduksi sendiri komponen pendukungnya. Pada kesempatan itu pula, pak Wakil Walikota langsung memesan produk LCD rakitan siswa SMK YPT Tegal.

Dan seperti halnya Mobil Esemka yang bekerjasama dengan bengkel mobil Kiat Motor, perakitan LCD karya anak SMK YPT bekerjasama dengan sebuah perusahaan Elektronik di Jakarta, PT. Venus Inti Jaya.

Siswa SMK YPT Dalam Kunjungan ke IPTN Bandung - 1999
Berbicara mengenai kualitas, PT. Venus Inti Jaya menjamin, LCD hasil rakitan siswa YPT mampu bersaing di pasaran, bahkan berani memberi garansi selama 5 tahun. Sebagai langkah awal, pembuatan LCD yang diberi merk Afiton itu baru sebanyak 20 unit, jika telah mendapat dukungan penuh dan fasilitas dari pemkot dan dinas pendidikan kota Tegal, nantinya akan dirakit secara massal.


Ayo anak SMK yang lain, tunjukkan kreatifitasmu!, berkarya menciptakan produk sendiri dengan brand lokal tapi berkualitas internasional. Agar negeri ini tidak hanya menjadi konsumen, namun mampu menjadi produsen dunia. SMK BISA!

4 komentar:

  1. Bener tu mas, Anak SMK memang harus menunjukkan perannya sebagai Sekolah Kejuruan. Perannya dalam hal produksi dan kretivitas seharusnya memang harus lebih dari SMU. Mudah2an aja akan muncul persaingan sehat di dunia SMK sehingga kedepannya memberi kontribusi yang besar bagi kemajuan teknologi di indonesia khususnya.

    BalasHapus
  2. SMK BISA!!
    saya juga dari SMK lho...

    terimakasih sudah berkunjung... :)

    BalasHapus

Tinggalkan jejak anda dengan mengisi komentar dibawah ini, supaya saya tahu anda pernah mampir ke sini, lain waktu saya yang akan berkunjung balik. Matur suwun....