11 Juli 2011

Training On Sharing (antaRa Rumput, goRengan, dan telepon seluleR)


Judulnya adalah Training On Sharing, disingkat jadi TOS. Acara ini merupakan ajang kopi darat rutin yang berisi sharing dan training bagi para penulis di Indonesia khususnya di wilayah Jabodetabek. Kali ini bertempat di markas Internet Sehat binaan Kang Onno W. Purbo di daerah Pasar Minggu Jakarta Selatan, tepatnya di Perumahan Rawa Bambu Blok B10. Ruangan yang penuh dengan komputer itu dipergunakan oleh panitia penyelenggara sebagai ajang Sharing dengan memanggil penulis sekaligus admin www.blogdetik.com bernama pena "Fanabis" atau dipanggil Mas KW (dibaca KaWe, nama panjangnya Karmin Winarta).


Mas KaWe alias Fanabis alias Karmin Winarta

Aku kebetulan baru pertama kalinya mengikuti acara ini, itu juga atas referensi dari mbak Ani Bertha, teman baruku di acara Blogilicious beberapa minggu yang lalu. Tak berapa lama setelah mbak Ani memberi informasi, aku langsung menghubungi ketua panitia ber nama mas Joel (nggak tau itu nama asli atau bukan, bagiku nggak penting.. he he, yang penting dia berwujud manusia ha ha ha...). Aku yang new bie dan awam menulis dengan mudahnya diterima oleh mas Joel. Sempat terpikir, betapa asiknya komunitas para penulis yang dalam mind set ku adalah orang-orang dengan pemikiran "aneh". Aku yang kebetulan type orang yang suka penasaran dengan sesuatu yang aneh langsung terbawa oleh konsep acaranya mas Joel yang friendly itu.

Hari minggu sengaja aku sisihkan waktu bebas ku untuk bertemu dengan "makhluk aneh" dengan acara yang menurutku "aneh" itu. Aku datang bersama Fitri, sahabat mbak Ani dan sekaligus kawan BPI yang jalan ke Sawarna beberapa minggu yang lalu. Bagiku bertemu dengan orang-orang baru adalah suatu kebanggaan dan kepuasan batin. Awalnya aku sempat berprasangka buruk bakal di "cuekin" oleh mereka. Tapi dugaanku meleset 180º (sholat berjama'ah aja sampe kalah lho jumlah derajatnya yang hanya 27º, gila nggak siih??!). Ternyata mereka makhluk-makhluk dengan karakter yang "menggelikan" dan mau menerima ku dengan tanpa beban sedikitpun (padahal beban berat badanku lumayan lho...hampir satu kwintal he he *apa hubungannya??!).  Mereka sangat wellcome dengan style ku yang cuek dan sedikit sok akrab ditambah sedikit ja'im. Ada beberapa wajah yang tak asing bagiku, mereka adalah teman blogilicious yang aku manfaatkan sebagai medium pengenalan ku dengan teman-teman baru ku yang jumlahnya lebih dari 10 orang itu (bisa-bisa nya gue aja siih..he he he..).

Acara dimulai pkl. 13:00 wib, langsung di isi dengan presentasi dari mas KaWe (ternyata nama panjagnya Karmin Winarta he he he), awalnya aku nggak tau tu orang siapa siih...?! pake kacamata hitam mirip clark si Superman dengan tahi lalat di atas bibir sebelah kiri dan berdandan sederhana serta bergaya bicara khas Jawa (aku kira Superman, eeh taunya gatot kaca ha ha ha...), usut punya usut ternyata mas KaWe itu salah satu orang penting yang tugas dan pekerjaannya dibelakang layar nya blog detik yang terkenal itu yaah...??! hmmm..., aku pun menyimak dengan seksama prosesi "transfer ilmu" dari pengelola "Fanabis" itu.

Transfer Ilmu nya mas KaWe

Sebagai pendatang baru, aku memilih nggak banyak omong (menurutku sih gitu..., tapi agak banyak juga siih ngomongnya dibandingin dengan mas berbaju hitam di seberang tempatku duduk *rasain loe gue banding-bandingin! Lagian loe ga kenalan sih sama gue Ha ha ha...).
Namanya juga kumpulan orang-orang ”aneh”, jadi kata-kata yang keluar dari bibir manis mereka juga bermerk ”aneh” semua. Aku mendapat beberapa kata yang mewakili uraian dan diskusi di forum itu, meskipun begitu, kata-kata itu sangat membekas dan terus terngiang sepanjang masa. Mungkin itulah hebatnya kata-kata yang keluar dari seorang penulis (selalu mengandung arti khusus dan luas meski kata-katanya simple).
Ada beberapa petikan kalimat yang terekam di benakku saat berku,pil dengan mereka. Aku yakin kata-kata tersebut sangat berguna bagi pemula sepertiku dan teman-teman pembaca tulisanku yang entah siapa aku nggak ngerti (soalnya mereka Cuma baca doang siih! Nggak mau komen atau daftar jadi follower di blog gua...*ekspresi manyun sambil berharap yang baca tulisan ini pada daftar jadi follower)
Berikut petikan kata-kata indah yang keluar dari bibir mereka para seniman tinta di sela diskusi dan sharing :

Orang kreatif tidak tergantung dan bergantung pada medium” (by : mas KaWe)

Menulis itu pekerjaan manusia, meng edit itu pekerjaannya Dewa” (by : Steven Hawking, dipopulerkan oleh mas Reza)

Lead/awal paragraf menggambarkan isi sebuah tulisan” (by : mas KaWe)

Jangan menentukan pola pikir pembaca” (by : mas KaWe)

Biarkan tulisan menemukan pembacanya” (by : temannya mas KaWe).

Ketika sebuah tulisan menggunakan kata-kata klise, akan sangat mudah diketahui siapa si penulis dan generasi ke berapa si penulis” (by : mas KaWe).

Ada seribu satu cara untuk mengungkapkan sesuatu agar lebih ekspresif” (by : mas KaWe).

Kita sebagai penulis harus terus men explore potensi diri dengan mengeluarkan cara-cara baru dalam seni menulis dan bahasa” (by : mas KaWe)

Anggapan menulis hanya diperuntukkan oleh orang-orang tertentu itu tidak masuk akal” (by : mas Reza).

Bebaskan diri dari aturan-aturan dalam menulis yang dibuat orang” (by : mas KaWe).

Orang Indonesia itu ”brengsek”, lebih suka berkomentar daripada menulis, buktinya jatah twitter yang hanya 140 karakter selalu dihabiskan bahkan kurang!!” (by : mas Karel).

Carilah orang terdekat kita yang dapat menghina dan berkomentar pedas mengenai tulisan kita sebelum kita memutuskan untuk mem publish nya” (by : mas Karel).

Menulislah dengan jujur dari diri sendiri” (by : mas Karel).

Biarkan merdeka, biarkan memakai style masing-masing” (by : mas Mulyanto).

Tulisan bagus menurutku adalah tulisan yang bisa berbicara” (by : mas Joel).

ciri-ciri tulisan yang simple dan berbobot adalah apabila sebuah kalimat bisa dibaca hanya dengan sekali tarikan nafas” (by : mas Karel, katanya sih dari bosnya yang ngomong gitu...).

Kita sepatutnya menyadari bahwa Pembaca kita adalah orang-orang pintar” (by : mas KaWe).

Pemikiran itu PRA, penilaian itu PASCA” (by : mas Karel, maksudnya : nulis aja dulu, baru review, jangan kebalik atau dicampur aduk, bisa pusing nanti...).

Kira-kira itu yang bisa aku bawa sebagai oleh-oleh kegiatan di hari Minggu kemarin yang syarat dengan ilmu dan pengalaman, mudah-mudahan dapat dijadikan bahan renungan dan motifasi bagi teman-teman semua.
O, ya ...! ada satu lagi ungkapan yang tak mungkin aku lupakan seumur hidup selama berkenalan dan berkumpul dengan mereka, yaitu :

antara Rumput, goRengan, dan telepon seluleR” ha ha ha ha....  *ekspresi ngakak sambil mikir dan nyesel sudah bikin orang speak less ditengah forum.

Melalui tulisan ini aku minta maaf kepada teman dan sahabat yang hadir disana jika ada tutur kata yang tak tertata, bahasa yang tidak biasa, dan ungkapan yang tak mengenakkan serta perilaku yang tak baku. Aku hanyalah manusia biasa.

Semoga kegiatan rutin ini terus berjalan dan mampu mempererat tali silaturrahmi diantara kita.


Salam,

3 komentar:

  1. wowww biseee hapal gini orang aneh...... tapi kutipannya keren lho... aku aja gak mencatat hahaha.....

    BalasHapus
  2. awas lain kali jgn jaim lg yeee atau sok2 kenal hahaha

    BalasHapus
  3. siap..., coba pas kenalan aku dikasih permen.. bakalan nggak ja'im deeh... he he

    BalasHapus

Tinggalkan jejak anda dengan mengisi komentar dibawah ini, supaya saya tahu anda pernah mampir ke sini, lain waktu saya yang akan berkunjung balik. Matur suwun....