08 Juli 2011

Dualisme Teknologi Lampu LED (Hemat Energi Dan Panjang Usia Pakai)

Pada malam hari kondisi pupil mata kita sangat peka terhadap cahaya, tidak seperti pada siang hari, kondisi mata kita di malam hari bekerja lebih ekstra dalam menangkap cahaya dan mengirimkan sinyal cahaya tersebut ke dalam otak untuk diterjemahkan. Hal ini sangat dipengaruhi oleh besar kecilnya cahaya yang masuk dan diterima oleh mata kita.

Dalam kondisi tersebut, diperlukan komposisi cahaya yang cocok dan proporsional agar tidak mengganggu kerja alami organ tubuh kita  terutama mata. Kelebihan cahaya akan menyebabkan pupil mengecil dan otot syaraf mata berkontraksi maksimal sedangkan kekurangan cahaya menyebabkan pupil mata kita membesar, dan urat syaraf pun berkontraksi karena perlunya cahaya.
Perubahan kontraksi urat syaraf yang terjadi secara spontan dapat berefek negatif pada mata kita, sehingga tak jarang banyak keluhan mata oleh kebanyakan orang disebabkan oleh seringnya kontraksi secara spontan yang dilakukan oleh mata pada kondisi seperti tersebut diatas.

Teknologi lampu pijar telah menjadi solusi pada abad terakhir, dan perkembangan teknologi lampu pijar semakin membuat kita merasa nyaman akan bahaya kontraksi otot mata.
Disain, model, dan teknologi hemat energi menjadi market brand  oleh sebagian produsen pembuat lampu, selain sekedar pencahayaan yang sifatnya teknis. Hadirnya teknologi LED telah menjadi solusi bagi konsumen yang membutuhkan kenyamanan, keamanan dengan pencahayaan yang proporsional, dan yang terpenting adalah hemat energi. Dari segi usia pemakaian, teknologi lampu LED mampu bertahan hingga 25.000 jam dengan 1100 lumens, lebih panjang jika dibanding teknologi sebelumnya. Meski produk lampu dengan teknologi LED tergolong mahal jika dibandingkan dengan CFL, namun secara manfaat dan usia pakai, teknologi LED dapat diandalkan dan bisa menjadi market leader untuk produk lampu di masa kini.

2 komentar:

Tinggalkan jejak anda dengan mengisi komentar dibawah ini, supaya saya tahu anda pernah mampir ke sini, lain waktu saya yang akan berkunjung balik. Matur suwun....