04 Juli 2011

Makna Kesuksesan


Kesuksesan awalku dimulai dari catatan kecil di sebuah buku agenda yang pertama kali aku beli dengan hasil jerih payah bekerja sambil bersekolah. Didalam buku kecil itu aku tuliskan daftar rencana jangka panjang untuk menggapai masa depan.

Usia ku saat itu menginjak 18 tahun, aku mulai menyusun daftar cita-cita dan harapan hingga aku berusia 28 tahun mendatang. Ku mulai dengan rencana bekerja di luar kota selepas kelulusan dari sekolah menengah kejuruan, kemudian dua tahun setelah bekerja aku rencanakan untuk meneruskan kuliah di kota dimana aku bekerja nanti. 

Beberapa tahun kemudian tercapailah segala yang aku tulis di buku harian itu. Dan itu adalah karunia terindah dari sang pencipta yang selalu mendengarkan do'a-do'a dan harapan hambaNya. Semenjak itu setiap ada keinginan dan harapan, aku selalu menuliskannya dalam buku yang selalu kubawa kemanapun aku pergi. Kini budaya membawa buku telah berubah semenjak usiaku menginjak 25 tahun, dimana setiap keinginan dan harapan selalu kutanamkan kuat dalam hati penuh dengan keyakinan dan berusaha mewujudkannya dengan mengerahkan segala kemampuan dan kelebihan yang telah Tuhan berikan kepadaku, Ternyata budaya itu telah berhasil membentuk karakter ku sekarang. 

Aku merasa bangga telah menjadi diriku sendiri dan aku merasa Tuhan selalu bersamaku dimanapun aku berada dan dalam kondisi apapun. Itulah yang menjadi muara definisi sukses menurutku, Sukses di dunia, dan sukses di akhirat. 
Seperti do'a yang diajarkan oleh para guru-guru ku, "Robbanaa aatinaa fid dun yaa hasanah wafil aakhiroti hasanatan waqinaa 'adzaaban naar", yang artinya : "Yaa Tuhan ku, berilah aku kebahagiaan di dunia dan kebahagiaan di akhirat, dan jauhkan aku dari siksa api neraka".
Menurutku jika do'a tersebut terealisasi, artinya kesuksesan hakiki telah ku dapatkan. Begitulah kira-kira makna sukses menurutku.

Bagaimana dengan definisi sukses menurut anda?
Posting Komentar