26 Juni 2011

Blog Roadshow - Idblognetwork


Acara bertajuk Blogilicious adalah serangakaian roadshow dan ajang para blogger untuk kopi darat sekaligus untuk menumbuhkan semangat para blogger dalam menyebar kan "virus"  blogging kepada para juniornya. Road show yang di selenggarakan oleh idblognetwork dan di sponsori oleh beberapa sponsor, salah satunya www.berniaga.com, telkom speedy, telkom fexy, dan sponsor-sponsor lainnya, telah berlangsung di beberapa kota besar si Indonesia antara lain di Medan, Surabaya, Makassar,  Palembang, Bandung, Jogjakarta dan ditutup dengan roadshow Jakarta. Acara Blogilicious dengan tema "Blogging has never tasted this good" diramaikan oleh blogger seluruh Indonesia yang saat ini populasinya mencapai angka 5 juta dari total peduduk Indonesia , dengan populasi bloger aktif sebanyak 30%. Acara Blogilicius juga bertujuan untuk menumbuhkan semangat para blogger non aktif untuk kembali aktif menulis dengan diadakannya workshop, sharing, dan kuis interaktif dengan hadiah-hadiah menarik. 

Pada roadshow Jakarta pada tanggal 25-26 Juni 2011 yang bertempat di gedung Telkom Jakarta Selatan lantai 8 dan sekaligus ulang tahun bagi komunitas blogger Depok yang terkenal dengan sebutan DEBLOGGER (DE yang berarti DEPOK), para peserta yang diikuti oleh kurang lebih 150 orang peserta disuguhi dengan materi-materi yang terdiri dari 8 segmen yang dibawakan dan disampaikan oleh para blogger senior berpengalaman dan telah melanglang buana di dunia blogging, broadcast, IT, dan jurnalis, baik itu kelas nasional maupun mancanegara. 

Sesi 1 : ETIKA NGEBLOG
Sesi pertama dalam workshop membahas ETIKA NGEBLOG, disampaikan oleh Mbak Rika Amrikasari yang membahas tentang Etika menulis sebuah artikel blog, ending dari sesi ini adalah dibuatnya komitmen bersama bagi para blogger Indonesia untuk bersama membangun etika menulis blog dengan tanpa melanggar norma dan kode etik jurnalistik. Butir-butir kesepakatan diambil dari inisiatif para peserta workshop yang 100% adalah para blogger. Dengan cara cerdas seperti itu, seolah mbak Risa telah mengkampanyekan kejujuran yang ditumbuhkan dari dalam hati nurani para blogger untuk mejadi blogger sejati yang menjunjung tinggi nilai-nilai etika. Selain itu, secara tidak langsung mba Risa telah menyelamatkan para blogger agar tidak terjebak dalam ancaman hukuman pidana yang diakibatkan oleh tulisan dan artikel yang di buat dan di publikasikan melalui blog pribadinya.

Sesi 2 - TIPS BLOGGING 
 
Sesi kedua dalam workshop kali ini membahas tentang TIPS BLOGGING yang disampakan oleh blogger senior mas Amril Taufik Gobel. Dalam sesi ini peserta di cekoki dengan tips dan trik ngeblog yang bermanfaat, baik bagi diri sendiri dan orang lain, baik manfaat logis maupun manfaat psikis. Setelah  menerima "vitamin" dari mas Amril, para peserta terlihat lebih antusias dan bersemangat dalam menuangkan ide dan kreatifitasnya melalui tulisan, karena menulis di blog serasa lebih mudah dari yang dibayangkan sebelumnya, terutama bagi para blogger junior.
 
Sesi 3 -Mobile Blogging 
 
Sesi ketiga para peserta di doktrin dengan cara menulis blog sesuai dengan tren tekologi masa kini, yaitu MOBILE BLOGGING yang disampaikan oleh mas Kuncoro, pakar blog dan IT yang sangat fasih dan melek teknologi. Tren internet mobile menjadikan efek positif juga bagi para blogger, mereka dengan mudahnya melakukan bogging secara mobile layaknya reportase broadcasting secara live, materi disampaikan dengan sangat detail sehingga diharapkan para peserta dapat mengaplikasikan dalam kegiatan ngeblog nya sehai-hari.

Sesi 4 - SOCIAL NETWORK 
 
Setelah acara istirahat yang diisi dengan makan siang bersama, kini giliran mas Lukman Nuthfie menyampaikan presentasi tentang SOCIAL NETWORK, membahas megenai peran media jejaring sosial yang menjanggkit di masyarakat dalam dekade terakhir, yaitu Facebook dan Tweeter. Keduanya dapat dimanfaatkan oleh para blogger dalam mengkampanyekan blog yang dimilikinya, dengan bahasa yang ringan dan didukung dengan data statistik terbarunya, materi yang diampaikan oleh mas lukman cukup mampu meghipnotis audiens (peserta dan panitia).

Setelah puas panitia mendoktrin para peserta workshop dalam lingkup domestik, kini giliran mas Sapohan mengenalkan ASEAN BLOGGER COMMUNITY, yaitu ajang komunitas para blogger dalam lingkup kawasan Asia Pasifik. 
Tujuan dibentuknya komnitas ini adalah :
1. Membantu integrasi ASEAN
2. Memberi masukan terhadap kebijakan pemeritah, khususnya pemerintah negara ASEAN.
3. Menjembatani antar komunitas blogger kawasan ASEAN
4. Mendukung rasa kepemilikan dan keinginan yang kuat dalam kejasama ASEAN.

Anggota komunitas Asean Blogger Community sudah mencapai 4 ribuan peserta dengan kegiatan membentuk kepengurusan, Asean Blogger Meeting, dan berpartisipasi aktif dalam Asean Fair. Mantan kedubes Polandia yang hobi menulis ini berwasiat kepada seluruh peserta dan audiens, agar dapat terus memotivasi diri untuk tetap aktif dalam menulis.
Para Peserta Workshop 

Setelah hampir harian peserta "dicekoki" dengan tema-tema studi, kini giliran mas Julian untuk menyampaikan pesan advertising nya dengan produknya yang populer bernama WWW.BERNIAGA.COM, yaitu situs layanan iklan gratis bagi masyarakat yang akan melakukan kegiatan transaksi jual beli online. Dalam kampanye nya mas Julian menyampaikan keunikan dan visi dibuatnya situs tersebut dibanding situs serupa yang sudah dahulu launching, salah satunya adalah kemudahan mendapatkan  efektifitas, efisiensi, dan keamanan bagi para pemasang iklan yang menggunakan layanan ini. Dan yang terpenting adalah layanan ini 100% gratis, tanpa dipungut biaya se peserpun. Setelah pembahasan memakan 6 sesi, sesi blog bisnis pun di perkenalkan oleh mas Masim "vavai" Sugiharto, yaitu bagaimana caranya sebuah blog mampu meraih rupiah dengan cara cerdik. Penjelasan secara detail disampaikan oleh Mas Vavai, membuahkan keinginan kuat bagi para blogger untuk bersemagat dalam menulis dan menuangkan ide nya melalui blog yang di kelola nya. 

Acara masih berlanjut pada hari miggunya (hari kedua) dengan materi SEO dan Security Blog.

Kami ucapkan selamat mendapatkan paradigma baru mengenai ngeblog bagi para peserta. Dan selamat ulang tahun yang kedua bagi komunitas blogger depok yang lebih familiar dengan nama DEBLOGGER....
Bravo Blogger Indonesia...!!.
Posting Komentar