Sabtu, 28 Maret 2015

Bebek Kaleyo Bandung, Tempat Makan Keluarga yang Enak dan Murah



Bebek Kaleyo Gerai ke 14, Jl. Pasir Kaliki - Bandung

Seperti keluarga lainnya, hari sabtu dan minggu adalah hari libur dimana waktunya banyak dihabiskan untuk berkumpul bersama keluarga. Bagi kami [saya dan istri] yang sama sama bekerja, hari sabtu dan minggu adalah “waktu emas” untuk menjalin komunikasi antar keluarga. Apalagi sekarang sudah ada anak, sisa waktu bekerja banyak kami curahkan ke anak. Jika ditanya kemana saya dan istri biasanya menghabiskan waktu, kami sering habiskan bersama untuk jalan jalan, belanja bulanan, atau menghadiri acara hajatan. Pokoknya sebisa mungkin waktu akan kami habiskan bersama demi untuk menjalin komunikasi.

Hari ini, kebetulan akhir pekan yang bertepatan dengan tanggal gajihan (pegawai negeri kalah!). Kali ini saya memilih untuk jalan jalan ke Bandung bersama anak dan istri, pengen aja sih ajak makan bareng diluar. Sekali kali boleh dong nyenengin istri  meski sebulan sekali, itu juga nungguin uang gajihan. Maklum lah, namanya juga karyawan biasa dengan status P7, alias Pergi Pagi Pulang Petang Penghasilan Pas Pasan :D

Karena awam dengan jalanan di Bandung, sayapun minta rekomendasi teman di Bandung untuk menunjukkan tempat makan yang enak, murah, dan cocok untuk keluarga. Saya sedikit kaget karena teman mereferensikan makan di restoran Bebek Kaleyo. Setahuku restoran Bebek Kaleyo hanya ada di Jabodetabek saja, ternyata Bebek Kaleyo sudah buka gerai ke 14 nya di Bandung, kabarnya sih baru buka awal Februari 2015 lalu. Waah, kebetulan banget nih acara makan bareng keluarga tidak begitu menguras kantong. Sebab saya tahu banget restoran ini harganya sangat terjangkau dan menunya macem macem, selain itu sudah bersertifikat Halal, jadi nggak ragu lagi ngajak ngajak anak istri. Kebetulan lokasinya juga dekat dengan pintu tol Pasteur. Hanya lurus satu kilometer dari pintu tol, adanya sebelah kanan jalan. Alamat lengkapnya di Jl. Pasir Kaliki No. 185-189, tepat di seberang Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung. Begitu ketemu lampu merah, tinggal tengok kanan langsung pintu masuk Bebek Kaleyo.

Ini dia penampakan dari depan :
 

Begitu tiba di depan pintu masuk, kami disambut oleh mbak mbak pramusaji yang super ramah. Dengan murah senyum si mbaknya menyambut kami. Wah saya merasa Ge’er deh dikasih senyuman si mbak yang kinyis kinyis ini (sambil ngelirik istri, siap siap disikut) :D

Saat memasuki ruangan Bebek KaleyoBandung, saya terkesan dengan tampilan interiornya. Konsep restorannya outdoor bernuansa Bali, tapi dihiasi ukiran jawa, tempat duduknya mirip aula yang didomuniasi oleh meja kursi khas kayu jawa, terdiri dua bagian ruangan besar yang dipisahkan oleh kolam ikan dengan aneka ikan ma. Untuk pengunjung yang ingin lebih rileks bisa memilih duduk di kursi tenda yang berjejer di tepi ruang utama. Yang menarik buat saya adalah interior di atap nya yang penuh dengan gelantungan lampu batok kelapa dengan lampu warna kuning yang bikin suasana jadi romantis. Pas banget buat makan bareng keluarga. Nih dia tampilan interior nya yang bikin betah pengunjung:

Kolam Ikan Untuk Hiburan Anak

Tempat Makan Pengunjung
Tempat Refreshing Anak
Tempat Antri yang Ynaman


Karena sudah pernah nyicipi menu khas nya Kaleyo di Jakarta, saya nggak canggung lagi sama menu yang ditawarkan, ada Bebek Bakar yang rasanya manis dan bakarnya pakai arang batok kelapa, ada Bebek sambal Ijo yang punya sensasi sambal cabe Ijo, Bebek Kremes yang digoreng kering, Bebek Rica, Bebek Cetar yang rasanya khas bumbu bebek Madura, Bebek tanpa kulit yang digoreng kering banget tanpa kulit ari, Sate bebek dengan rasa bumbu khas Kaleyo, dan ada juga bebek utuh yang digoreng lengkap dengan jerohan, kepala dan lehernya, dan yang tak kalah menarik adalah Bebek Muda.

Saya sebenarnya memfavoritkan Bebek Muda. Meski semua menu bebek disini dijamin empuk dan dagingnya tidak bikin nyelilit di gigi, tapi saya memesan bebek mudah untuk anak saya biar tidak begitu nyelilit di gigi.



Untuk istri saya, saya memilih Bebek Cetar dengan bumbu khas Madura. Meski (katanya) ramuan madura itu rahasia, tapi Bebek Kaleyo rupanya sudah tahu resep rahasianya bebek Madura. Alhamdulillah istri saya lahap memakan nya. Untuk minumannya, karena istri sedang hamil, saya memilih kelapa muda. Kebetulan anak saya juga suka banget dengan air kelapa muda. 

Setelah antri, ini dia manu makanan pilihan saya untuk anak dan istri saya :


Menu Bebek Sambal Ijo
Dagingnya Amoh, Bumbunya Mliket

Seneng Banget Liat Dia Doyan Makan

Untuk porsi satu keluarga, menu di Bebek Kaleyo tergolong murah, hanya mengeluarkan biaya 117.000,- SAJA. Menurut saya,tempat ini rekomended banget. selain mudah dijangkau, makanannya berkualitas dan harganya terjangkau. 
Terimakasih yah buat teman teman Bandung yang sudah merekomendasikan saya makan di Bebek Kaleyo, kuliner Bandung dna tempat makan enak dan murag di Bandung. Acara keluarga saya weekend ini jadi murah meriah euy....


Sampurasun ti Bandung ya buat Bebek Kaleyo, semoga laris manis dan tambah pelanggannya.